Perbedaan Jalan, Lari, Lompat dan Loncat

Perbedaan Jalan, Lari, Lompat dan Loncat

Tahukan Anda bahwa jalan, lari, lompat dan loncat itu berbeda? Bagi sebagian orang mungkin tidak menghiraukan perbedaan tersebut, namun bagi seorang pelajar pasti kadang mencari jawaban tentang pertanyaan sederhana tersebut. Dimana perbedaan ataupun persamaan aktivitas tersebut muncul pada soal-soal kenaikan kelas heheh. Oleh karena hal tersebut zonapelatih akan sedikit memberikan gambaran tentang apa itu ajaln, lari, lompat dan loncat.

Sebelum pada tahap perbedaan jalan dan loncat. Alangkah baiknya Anda paham dahulu pengertian dari jalan dan lari. Sehingga dengan begitu Anda kan lebih mudah memahami perbedaan kedua aktivitas manusia tersebut.

Pengertian Jalan

Jalan ialah gerak berpindah tempat atau memindahkan badan dari titik awal ketitik akhir (dari tempat A ke tempat B) dengan cara melangkahkan kaku secara bergantian. Jalan juga bisa jalan di tempat, bila jalan ditempat tetap saja melangkahkan kaki secara bergantian.

Pengertian Lari

Pada dasarnya pengertian lari juga sama seperti pada pengertian jalan. Dimana juga melangkah menggunakan kaki secara bergantian.

Loh inni pengertian jalann dan lari sama kok ada perbedaannya? Lalu dimana perbedaan jalan dan lari?

Okey sekarang saya jawab ya Perbedaan Jalan dan Lari

Jalan, Pasti ada salah satu kaki yang bertumpu pada tanah/lantai

Lari, Pada gerakan langkah kaki ada saat melayang di udara.

Nah itulah perbedaan antara jalan dengan lari. Lalu bagimana perbedaan lomapt dan loncat?

Perbedaan Jalan, Lari, Lompat dan Loncat
Pada dasarnya gerakan lompat dan loncat itu sama, dimana fungsinya sama sama mendorong tubuh ke atas. Padahal bisa kita mengidentifikasi gerakan tersebut akan kelihatan perbedaanya. Perbedaan paling mencolok dari lompat dan loncat yaitu pada penggunaan tumpuan atau awalannya. Dimana lompat menggunakan satu kaki sedangkan loncat menggunakan dua kaki.

Untuk contoh sederhananya yaitu lompat tinggi, lompat jauh dan sebagainya. Sedangkan olah raga dengan loncat adalah loncat harimau, loncat galah, loncat indah, dsb. Melompat berarti melakukan titik tolakan dari kaki dengan menghentakkan salah satu kaki sebagai tumpuan, dan efeknya adalah gerakan ke depan seperti melangkah cepat. Sedangkan meloncat adalah melakukan titik tolakan dari kaki dengan menghentakkan semua kaki sebagai tumpuan, dan efeknya adalah gerakan ke atas. Hal ini menyebabkan gerakan melompat akan membutuhkan tenaga yang lebih sedikit karena gerakannya ke depan dan hanya menggunakan satu kaki, sedangkan untuk loncat membutuhkan tenaga yang lebih besar karena melawan gaya gravitasi bumi.

Nah itulah sedikit gambaran mengenai Perbedaan Jalan, Lari, Lompat dan Loncat untuk menjawab soal Anda heheh. Semoga artikel yang sedikit ini bermanfaat buat kita semua.
Perbedaan Jalan, Lari, Lompat dan Loncat

You Might Also Like: