Rabu, 04 November 2015

Pengertian Pelatih

Pengertian Pelatih

Kalian semua pasti sudah terbiasa mendengn kata pelatih (coach), namun apakah sodara sudah beneran paham apa itu pelatih (coach)? Mungkin dengan adanya pertanyaa ini, sodara menjadi timbul pada pertanyan apa itu pelatih (coach)? Pada diri sodara sekalian. Yuks daripada bingung kita simak penjelasan dibawah ini.


Arti Pelatih adalah seseorang yang bertugas untuk melatih dan membina sebuah tim/atlet yang dipersiapkan untuk sesuatu penampilan yang menghasilkan sebuah pencapaian/target.

Pelatih adalah seseorang yang bertugas untuk mempersiapkan fisik dan mental olahragawan maupun kelompok olahragawan, untuk mencapai sesuatu yang ditargetkan. Sebagian besar pelatih merupakan bekas atlet, namun ada juga yang tidak. Tugas pelatih mengatur taktik, strategi, pelatihan fisik dan menyediakan dukungan moral kepada atlet.

Pelatih adalah seorang yang professional dalam bidangnya yang tugasnya membantu atlet atau team dalam mencapai prestasi yang tinggi (baca yang ingin dicapai/ditargetkan). Pelatih selain bertugas dalam membantu atlet juga memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk watak atau tingkah laku atletnya dalam kehidupan bermasyarakat (baca pelatih sebagai panutan).

Seorang pelatih adalah sosok panutan bagi atletnya/masyarakat sehingga tingkah lakunya akan diperhatikan oleh atletnya/masyarakat, oleh karena itu pelatih harus bisa berperan sebagai mode (baca contoh)l bagi atletnya/masyarakat. Untuk mengoptimalkan penampilan, menjamin keselamatan, dan menaikan kesejahteraan olahragawan, para pelatih harus secara teratur menyesuaikan diri dengan perkembangan terbaru dan mengubah praktek latihannya. Pelatih harus selalu belajar dan belajar untuk mendapatkan ilmu yang baru dan mampu menerapkan dalam program latihannya. Perubahan seperti itu hanya dapat terjadi apabila :

Memiliki pemahaman atas perinsip-prinsip yang penting mengenai masing-masing bidang ilmu yang relevan

Harus rajin mencari pengetahuan baru dalam ilmu olahraga. Agar pealtih tidak ketinggalan ilmu-ilmu terbaru dalam bidangnya.

Pelatih seacara khusus melatih elemen teknik maupun taktik, disamping memperhatikan faktor pengembangan psikologis maupun fisik. Tugasnya dapat diperluas sesuai dengan kemampuan pribadi pelatih tersebut.

Singgung sedikit saja ya heheh
Pelatih kepala ialah seorang profesional yang melatih dan mengembangkan atletnya. Ia biasanya dibayar lebih daripada pelatih lainnya. Pelatih kepala sering dibantu oleh orang lain, seperti staf asisten pelatih.

Baca juga artikel terkait Tugas dan Sikap Pelatih

NB: Bila sodara merasa terbantu oleh coretan-coretan ini, silahkan dishare, siapa tau ada orang lain yang juga membutuhkanna. INGAT BERBAGI DALAM KEBAIKAN ITU BAIK!!!

0 komentar

Posting Komentar

Silahkan dibagikan bila ini bermanfaat dan bila ingin copas harap sertakan sumbernya. Bila berkenan hubungi admin kami melalui email. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.