4/08/2020

11 Variasi Latihan Pull Up


Apa itu pull up? Pull up adalah salah satu jenis olahraga bodyweight yang bagus dan simpel untuk membentuk otot. Bentuk gerakan pull up ini sering kita jumpai pada olahraga calisthnics, fleeletics, fitness dan juga di rumah dapat melakukan pull up ini.

Pull up biasanya dikenal dengan gerakannya yang hanya naik dan turun saja, sambil kedua tangan bergelantung pada bar / tiang. Dan olahraga pull up kebanyakan hanya digunakan untuk membentuk upper body saja.

Padahal Anda bisa mengembangkan gerakan-gerakan pull up untuk melatih otot tubuh lainnya. Caranya dengan melakukan variasi gerakan pull up.

Nah berikut Admin jelaskan beberapa jenis variasi pull up yang baik.

11 Variasi Latihan Pull Up zonapelatih

Variasi Latihan Gerakan Pull Up


1. Regular pull up

11 Variasi Latihan Pull Up
Regular pull up / pull up klasik / pull up normal adalah salah satu bentuk pull up dimana gerakan pull up hanya dilakukan dengan pegangan overhand atau genggaman telapak tangan menghadap ke depan. Dan lebar tangan sesuai dengan lebar bahu Anda. Pull up jenis digunakan untuk melatih otot lengan, punggung, sedikit otot dada dan otot lengan secara keseluruhan.

2.Chin up

11 Variasi Latihan Pull Up
Gerakan chin up yaitu bentuk gerakannnya berkebalikan dari pull up regular di atas. Karena chin up lebih fokus untuk melatih otot bicep serta punggung saja.

Gerakan chin up ini hasilnya lebih ringan daripada pull up. Sehingga cocok bagi Anda yang belum mampu melakukan pull up sebaiknya latihan dahulu dengan gerakan chin up. Dan ini cocok untuk seorang pemula.

3. One hand pull up

11 Variasi Latihan Pull Up
One hand atau one arm pull up adalah variasi pull up tersulit. Dimana Anda melakukan gerakan pull up hanya menggunakan salah satu tangan Anda, untuk mengangkat tubuh ke atas.

Supaya dapat melakukan jenis variasi pull up ini, Anda harus berlatih lebih ekstra keras lagi.

4. Side to side pull up

11 Variasi Latihan Pull Up
Gerakan side to side pull up merupakan salah satu variasi pull up yang fokus melatih otot bahu, terutama bagian otot bahu samping.

Baca juga: 8 Latihan untuk membentuk otot sayap

5. Wide grip pull up

11 Variasi Latihan Pull Up
Wide grip pull up, dimana gerakannya hampir sama dengan pull up biasa (regular). Yang membedakannya hanya sebatas jarak kedua lengan Anda lebih lebar dalam membentuk huruf V. Varisi pull up jenis wide grip ini sangat bagus digunakan untuk melebarkan otot bahu. Sehinga bahu Anda terleih lebar dan bidang.

6. Close grip pull up

11 Variasi Latihan Pull Up
Seperti namanya, close grip pull up dilakukan kebalikan dari bentuk wide gripp pul up. Dimana kedua tangan yang memegang bar jarangny sangat dekat dan dirapatkan. Bentuk variasi close grip pull up ini cocok untuk melatih kekuatan otot lengan dan menebalkan bahu.

7. Hanging leg raise pul up

11 Variasi Latihan Pull Up
Variasi pull up lainny adalah hanging leg raise pull up, dimana gerakan ini dapat juga digunakan untuk melatih otot perut Anda. Bentuk gerakan ini seperti membentuk huruf L.

8. Hanging knee pull up

11 Variasi Latihan Pull Up
Yang membedakan gerakan hanging leg raise yaitu ada pada cara menekuk kedua kaki dan kedua tangan berpegangan pada bar pull up. Dan asiknya gerakan ini dapat digunakan untuk pengganti latihan sit up lho.

9. Weighted pull up

11 Variasi Latihan Pull Up
Untuk mendapatkan masa otot yang besar dan cepat, maka cobalah variasi pull up ini (weight pull up). Gerakan weight pull up ini sangat membutuhkan beban tubuh dan beban lain dari tubuh. Misal dengan menambahkan alat barbell atau dumbell.

10. Behind the neck pull up

11 Variasi Latihan Pull Up
Pull ini dilakukan dengan posisi kepala anda menunduk di depan bar, sehingga punggung dan leher anda berada di belakang bar pull up. Tujuan pull up ini fokus untuk menonjolkan upper back anda supaya terlihat jauh lebih berotot. Pull ini juga sangat berat dilakukan jika anda belum terbiasa. Ada baiknya anda mencoba beberapa gerakan pull up baru mengembangkan pull up jenis ini.

11. Hanging oblique raise

11 Variasi Latihan Pull Up
Variasi gerakan pull up yang satu ini sebenarnya bukan merupakan gerakan pull up karena sobat tidak mengangkat kepala sobat melampaui tiang pull up. Hanging oblique raise adalah gerakan melatih otot perut terutama otot perut samping. Cara melakukannya yaitu dengan bergelantungan di tiang dan menekuk lutut sambil dibawa ke kiri dan ke kanan sambil merasakan kontraksi pada otot perut samping.

Nah itulah 11 variasi latihan pull up yang bisa Anda coba, supaya tidak bosan ketika melakukan pull up.

0 komentar

Post a Comment

Silahkan dibagikan bila ini bermanfaat dan bila ingin copas harap sertakan sumbernya. Bila berkenan hubungi admin kami melalui email. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.