Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Cara memegang bet tenis meja - Sudah pahamkah Anda, jika para atlet/pemain tenis meja dunia mempunyai cara memegang bet tenis meja yang berbeda-beda. Dan pastinya dengan alasan atau gaya permainan masing-masing.

Perbedaan tersebut pastinya mempunyai alasan serta kelebihan dan kekurangannya, jika dilihat dari berbagai aspek. Bisa kita lihat dari aspek cara permainannya atau kenyaman pemain dalam memegang bet tenis meja itu sendiri.

Nah pernahkan Anda bertanya, ada berapa macam cara memegang bet tenis meja? Ada 4 macam cara memegang bet tenis meja tersebut.

Meski pada dasarnya cara memegang bet tenis meja itu hanya ada 2 kategori saja. Cara memegang bet tenis meja umum (yang biasa digunakan oleh atlet tenis meja) dan cara memegang bet tenis meja khusus (yang tidak umum dilakukan oleh banyak pemain pingpong).

4 Teknik Cara Memegang Bet Tenis Meja

Supaya Anda lebih paham, maka Admin zonapelatih akan menjelasakan dengan detail bagaimana cara memegang bet tenis meja yang baik dan benar.

Sehingg Anda akan mengetahui yang dimaksud dengan cara memegang bet dengan jabat tangan, cara memegang bet yang populer di asia, atau yang dimanakan teknik shakehand grip.

Latihan Cara Memegang Bet Tenis Meja


Berikut macam-macam cara memegang bet dalam permainan tenis meja, seperti shakehand grip, Penhold grip dan seemiller grip atau teknik V-grip.

Cara memegang bet tenis meja dengan genggaman umum


Teknik memegang bet tenis meja secara umum adalah cara memegang bet tenis meja yang banyak digunakan oleh para atlet/pemain tenis meja.

Kebanyakan cara mereka memegang bet tenis meja hanya menggunakan shakehand grip dan penhold grip.

Nah inilah penjelasakan teknik atau cara memegang bet tenis meja tersebut. Silahkan simak penjelasan di bawah ini, supaya Anda dapat menjawab pertanyaan apa itu teknik shakehand dan penhold grip?


A. Cara memegang bet tenis meja dengan teknik shakehand grip


Shakehand grip terdiri dari dua kata, yakni "shakehand" yang berarti berjabat tangan atau bersalaman, dan "grip" berarti pegangan.

Jika diartikan maka shankehand grip adalah salah satu jenis teknik dasar memegang bet yang sangat umum digunakan oleh pemain tenis meja dengan cara memegang betnya terlihat seperti orang sedang bersalaman.

Cara melakukan teknik Shakehand Grip

  • Bidang bet bersandar pada lekuk antara ibu jari dan jari telunjuk.
  • Kuku ibu jari tegak lurus dengan permukaan bet.
  • Jari telunjuk berada dibawah permukaan bet.
  • Untuk memperkuat pukulan forehand putar bagian atas bet ke arah pemain.
  • Untuk memperkuat pukulan backhand, putar bagian atas bet menjauh dari anda, seperti cara berjabat tangan.


Untuk memberikan gambaran lebih rinci, zonapelatih lovers dapat perhatikan gambar cara memegang bet tenis meja dengan teknik shakehand grip dibawah ini :

4 Teknik Cara Memegang Bet Tenis Meja

B. Cara memegang bet tenis meja dengan teknik penhold grip


Penhold grip berasal dari 2 kata yaitu, “penhold” yang berarti memegang pena dan grip pegangan. Jadi dapat disimpulkan bahwa penhold grip itu berarti teknik memegang bet seperti memegang pena.

Kelebihan dari teknik ini antara lain sangat baik untuk pukulan forehand, pukulan backhand yang cepat, mudah menggunakan pergelangan tangan pada setiap pukulan khususnya saat melakukan servis. Kekurangan dari teknik ini adalah hanya bisa digunakan untuk satu sisi bet saja saat bermain.


Cara memegang bet dengan gaya Penhold grip

  • Pegang bet mengarah kebawah dengan pegangan mengarah ke atas, pegang bet tepat dimana pegangan menyatu dengan bidang bet dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk (cara ini sama dengan cara memegang pena).
  • Tekuk tiga jari yang lainnya pada sisi bet yang lain (penhold grip gaya Cina) atau meluruskannya mengarah ke bagian bawah bet dengan jari yang dirapatkan (penhold grip gaya Korea).


Untuk menggambarkan bagaimana memegang bet tenis meja dengan teknik penhold grip ini, zonapelatih lovers juga bisa melihat ilustrasi gambar dibawah ini :

4 Teknik Cara Memegang Bet Tenis Meja


2. Cara Memegang Bet Tenis Meja dengan Genggaman Tidak Umum


Ada dua teknik cara memegang bet tenis yang tidak banyak digunakan oleh para pemain tenis meja, oleh karena itulah teknik tersebut disebut teknik cara memegang bet tenis tidak umum.

Dua teknik cara memegang bet tennis meja dengan genggaman yang tidak umum atau tidak begitu populer digunakan oleh para pemain yaitu teknnik pegangan bet V-Grip dan Seemiller Grip.

A. Cara memegang bet dengan teknik V-Grip

4 Teknik Cara Memegang Bet Tenis Meja

Adapun teknik cara pegangan bet tenis meja dengan teknik V-Grip

  • Gunakan bet yang telah dimodifikasi.
  • Cukup genggam tangkai bet dengan jari telunjuk dan jempol pada sisi forehand.
  • Jari-jari lainnya menggenggam tangkai bet pada sisi backhand.


Biasanya bet dengan jenis pegangan V-Grip ini, bet juga berbeda, seperti ada tonjolon sendiri pada gagangnya.


B. Cara memegang bet tenis meja dengan teknik seemiller grip


Seemiller Grip berasal dari 2 kata, yaitu “seemiller” yang berartikan nama dari pencipta teknik ini dan “grip” yang berarti pegangang. Seemiller Grip yang juga dikenal dengan nama Amerikan grip karena merupakan pengembangan dari pegangan atau variasi shakehand grip.
4 Teknik Cara Memegang Bet Tenis Meja


Teknik memegang bet dengan Seemiller Grip :

  • Pegang bet dengan pegangan shakehand grip
  • Putar bagian atas bet dari 90 derajad ke arah tubuh (semakin diputar,pukulan backhand akan semaikin kuat tapi pukulan forehand akan menjadi lemah dan begitu pula sebaliknya)
  • Lekukkan jari telunjuk disepanjang sisi bet.


Nah itulah sobat zonapelatih lovers, tentang penjelasan bagaimana teknik memegang bet tenis meja yang baik dengan 4 cara yang telah dijelaskan di atas. Semoga artikel mengenai teknik dasar memegang bet khusus olahraga tenis meja ini dapat bermanfaat buat sobat zonapelatih lovers semua.

Artikel Terkait

0 Komentar untuk 4 Teknik Cara Memegang Bet Tenis Meja