Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Latihan membentuk otot leher yang efektif- Mempunyai tubuh yang kekar dan otot leher yang kuat dan kokoh pasti menjadi dambaan setiap pria. Leher yang kuat dan kokoh bisa melindungi tulang belakang dan membuat penampilan Anda menjadi lebih proposional dan menawan. Alhasil Anda akan menjadi lebih percaya diri.

Oleh karena itu banyak sekali saat ini, baik pria ataupun wanita pergi ke tempat gym untuk membentuk tubuh meraka menjadi lebih ideal dan menawan. Mereka ke tempat fitnes untuk membentuk tubuh lebih kekar dan terlihat atletis. Dan otot leherpun tak lupa mereka latih, supaya mengimbangi badan mereka yang terbentuk. Dan tahukan Anda, bagaimana caranya membentuk otot leher lebih kuat dan kokoh?

Jika Anda belum tahu, pada kesempatan kali ini Admin zona pelatih akan memberikan contoh latihan membentuk otot leher untuk pemula maupun tingkat lanjut. Dan tentunya Anda dapatkan pada artikel di bawah ini.

Latihan Membentuk Otot Leher


Sebelum memulai latihan inti membentuk otot leher menjadi lebih kuat. Terlebih dahulu Anda harus melakukan pemanasan. Pemanasan ini dilakukan untuk menyiapkan tubuh (meregangkan otot dan meningkatkan peredaran darah) ketika latihan.

Nah di bawah ini ada 3 gerakan untuk pemanasan otot leher

1. Neck Flexion


Caranya yaitu dengan memposisikan kepala lurus ke depan dan letakkan tangan di belakang kepala. Kemudian gerakkan kepala sampai menatap langit-langit. Tahanlah selama 8-12 hitungan, lalu turunkan kembali. Ulangi gerakan tadi 5-8 kali setiap harinya.

2. Neck Extension


Caranya adalah dengan duduk di kursi dengan kedua kaki menginjak lantai. Posisikanlah tangan pada dahi, selanjutnya gerakkan angkat kepala secara perlahan dan turunkan sampai dagu menyentuh dada.

3. Lateral Flexion


Caranya yaitu, pertama Anda duduk di kursi dengan pandangan mata lurus ke depan. Lalu gerakkan kepala ke arah bahu kanan dan tahan selama 8-12 hitungan. Kemudian gerakan ke bahu kiri dan tahun lagi selama 8-12 hitungan.

Setelah Anda melakukan pemanasan, maka selanjutnya Anda masuk ke latihan inti membentuk otot leher. Dan inilah cara latihan membentuk otot leher yang baik untuk menguatkan leher Anda.

Latihan untuk membentuk otot leher


Pada jenis latihan untuk membentuk otot leher ini, kita bagi menjadi 2 jenis latihan.
  • Latihan otot leher tanpa alat / latihan di rumah.
  • Latihan otot leher dengan alat

Latihan membesarkan otot leher di rumah



1. Anda hanya perlu menyiapkan sebuah bantal dan kursi yang digunakan untuk meletakkan dahi Anda. Lihat gambar di bawah dan lakukan posisi seperti pada gambar selama 30-45 detik dan diulangi beberapa kali.

Latihan 1 membentuk otot leher

2. Masih menggunakan kursi dan bantal, dan Anda hanya perlu melakukan seperti gerakan kayang. Namun tidak menggunakan tangan untuk menyangga badan. Gunakan kepala ANda untuk menahan badan supaya tidak turun. Lihat gambar di bawah dan cobalah lakukan selama 30-45 detik dan diulangi beberapa kali.

Latihan 2 membentuk otot leher

3. Latihan otot leher di rumah terakhir ini hanya menggunakan bantal saja. Cukup letakkan bantal di lantai guna menaruh kepala. Nah pada latihan yang ini boleh Anda lakukan ketika sudah terbiasa latihan, sehingga otot leher sudah mulai kuat baru melakukan latihan yang ketiga. Ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya cidera otot atau terkilir karena otot leher belum kuat. Lihat gambar di bawah.

Latihan 3 membangun otot leher lebih kuat

Jika belum jelas Anda bisa melihat video cara membesarkan leher di bawah ini.


Sumber: Otan GJ

Bentuk latihan membangun otot leher menggunakan alat fitnes


Sebenarnya ada banyak sekali bentuk latihan otot leher menggunakan alat seperti kabel, harness atau mesin tertentu. Namun kali ini kita akan fokus latihan otot leher yang dapat disesuaikan dengan lempengan beban, barbell atau dumbell saja.

Untuk selengkapnya Anda bisa kunjungi artikel cara menguatkan otot leher menggunakan alat fitnes. Disana Anda akan mendapatkan tips cara latihan otot leher yang baik dan aman.

Nah itulah penjelasan mengenai Latihan Membentuk Otot Leher yang efektif, namun hasilnya kuat dan kokoh. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Latihan Membentuk Otot Leher yang Efektif