Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Materi teknik dasar futsal beserta penjelasannya akan kita bahas pada artikel di bawah ini. Seperti yang kita lihat pada judul artikel tentang "Materi latihan futsal untuk anak SD dan atau usia dini". Jadi Admin zona pelatih hanya akan fokus mengenai program latihan futsal khusus anak sekolah dasar ya. Supaya tidak melebar kemana-mana.

Berbicara mengenai materi latihan futsal anak SD, maka kita akan mempelajari beberapa teknik dasar futsal. Dimana teknik dasar ini nantinya yang akan menentukan kelak pemain akan menjadi seperti apa.

Materi Latihan Futsal Untuk Anak SD atau Usia Dini
Materi latihan futsal usia dini

Andai kata pemain mampu menguasai teknik dasar dengan baik, tidak menutup kemungkinan permainannya akan lebih cepat berkembang dari pada pemain yang teknik dasarnya masih "asal bisa".

Nah tugas kita sebagai pelatih, harus mampu memastikan bahwa pemain usia dini kita benar-benar menguasi teknik dasar futsal dengan baik. Sehingga kita pun wajib update/belajar ilmu baru, supaya dapat melatih anak bermain futsal dengan baik.

Materi Latihan Futsal Untuk Usia Dini


Nah oleh karena itu mari kita mulai pembahasan mengenai teknik dasar futsal yang wajib dikuasai anak usia dini/sekolah dasar.

1. Passing (umpan)


Passing adalah salah teknik paling dasar dalam permainan futsal dan semua pemain wajib bisa melakukan umpan dengan baik.

Passing yang baik itu seperti apa? Passing atau umpan yang baik dan bagus itu adalah umpan yang tegas, dimana power dan kecepatan bola sesuai dengan jarak penerima umpan.

Tidak lucu kan jarak cuma 2 meter, umpannya kenceng banget? Lah bisa kasihan yang ngntrol lah, bisa bisa bola malah kerebut lawan. Dikarenakan teman kita kesusahan dalam mengontrol bola.

Apalagi kita sedang berbicara untuk progam latihan futsal anak SD, usia dini atau junior.

Jadi latihlah bagaimana cara melakukan passing dengan tegas, terukur (power dengan jaraknya). Tanamkan kepada pemain Anda, jika melakukan passing sebisa mungkin bola itu mudah untuk dikontrol oleh teman.

2. Kontrol Bola


Teknik yang tidak kalah penting dari teknik passing/umpan adalah teknik mengontrol bola. Buat saya kontrol bola itu tidak sekedar menahan bola untuk berhenti. Namun kontrol bola itu adalah menrima bola dari teman dan siap untuk melakukan action berikutnya.

Nah untuk futsal, kontrol bola yang terbaik dan efektif adalah menggunakan sol sepatu. Dikarenakan lapangan futsal itu rata sehingga bola akan bergulir cepat dan kita harus mampu mengontrol bola supaya tidak jauh dari jangkauan kita. Sehingga bola tidak direbut oleh lawan.

3. Moving (Bergerak)


Untuk usia dini ataupun anak SD, sudah bisa diajarkan latihan pergerakan. Anda bisa memulai dengan pergerakan yang sederhana terlebh dahulu. Seperti setelah melakukan passing harus bergerak ke sisi "sini" dan begitu sebaliknya.

Lakukan latihan moving ini dari hal yang sederhana. Karna masih anak-anak/junior, sehingga targetnya adalah memberikan teknik-teknik dasar permainan futsal.

4. Shooting / Menembak


Shooting atau menembak adalah teknik dasar yang juga harus dikuasi oleh pemain muda Anda. Anda cukup ajarkan dua jenis shooting. Menembak menggunakan punggung kaki dan juga menembak dengan ujung kaki saja.

Silahkan latihkan kedua jenis shooting tersebut, hingga benar-benar dikuasi oleh para pemain futsal usia dini.

5. Dribbling / Menggiring Bola


Menggiring bola atau dribbling juga wajib diiberikan dengan variasi-variasi latihan dribbling yang ada. Sehingga skill pemain akan mumpuni. Ini berguna supaya anak memiliki banyak opsi dalam melewati lawan.

Nah itulah beberapa materi latihan futsal untuk anak SD / usia dini yang bisa Anda jadikan acuan dalam membuat program latihan futsal.

Sehingga Anda bisa membuat variasi latihan futsal dengan lebih baik lagi. Supaya pemain Anda tidak mudah bosan. Selamat melatih futsal anak-anak. Semoga sukses.

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Materi Latihan Futsal Untuk Anak SD atau Usia Dini