Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Teknik dasar permainan anggar | Zonapelatih.net - Anggar yaitu suatu kata yang berasal dari bahasa negara Perancis, yakni "en garde" yang bermakna "bersiap". Sebelum permainan olahraga anggar dimulai, kata "en garde" itulah yang biasa digunakan untuk pemberian perintah kepada pemain/atlet anggar. Kebanyakan orang melihat anggar adalah sebuah jenis olahraga atau sebuah permainan yang mengasikkan, seru serta menghibur?

Anggar bisa dijadikan sebagai sarana pendidikan olahraga ataupun senjata untuk membela diri. Pada tahun 1980an olahraga anggar telah diakui dan untuk pertama kalinya anggar diperlombakan dalam ajang Olimpiade pada tahun 1896. Bahkan saat ini anggar menjadi program olahraga tetap yang dapat kita jumpai pada ajang Olimpiade. Lalu bagaimana caranya untuk menjadi atlet anggar?

Teknik Dasar Anggar

Berikut ada beberapa teknik dasar anggar yang wajib Anda ketahui dan kuasai, jika Anda ingin menjadi atlet anggar profesional.

1. Hormat atau Salute

7 Teknik Dasar Anggar Lengkap Serta Gambarnya

Dalam teknik dasar anggar atau cara mudah bermain anggar, yang terpenting adalah untuk mengawalinya dengan sikap hormat (menghaormati lawan). Sebelum bertanding, baik ketika latihan ataupn dalam pertandingan resmi, sikap hormat adalah prosesi wajib dimana ada kaitannya dengan persahabatan dan pertemanan. Ketika melakukan salute/hormat harus ada kontak mata antar pemain anggar dan sikap hormat dapat dilakukan sesudah permain berdiri tegak pada loper atau landasan anggar.

Cara melakukan sikap hormat atau salute permainan anggar

Ketika melakukan sikap hormat, pastikan para pemain melakukannya dengan posisi ujung pedang berada dibagian depan di awal dimana harus menjunjung ujung kaki sebelah kanan bila menggunakan kaki kanan dan ujung kaki kiri apabila pemain kidal.
Angkat pedang dengan menekuk tangan hingga kling atau blade berada di muka wajah, tetapi ujung pedang tetap menghadap atas.
Pegang masker atau topeng anggar tepat di sisi tubuh.
Lakukan sikap hormat ke seluruh penjuru dan tujuan hormat kepada wasit, penonton dan juga antar pemain.

Makna sikap hormat/salute

Makna dari gerakan atau sikap hormat pada olahraga anggar ini, memang dianggap dalam karena dengan sikap hormat otomatis para pemain menunjukkan permainan yang adil. Hukum dari gerak hormat ini wajib serta perlu dilakukan oleh setiap pemain/atlet anggar pada setiap memulai pertandingan serta ketika mengakhiri permainan atau pertandingan anggar.

2. Kuda-Kuda atau On Guard atau The Guard

7 Teknik Dasar Anggar Lengkap Serta Gambarnya

Teknik kuda-kuda dalam permainan anggar sangat diperlukan untuk memperoleh keseimbangan tubuh.

Cara melakukan sikap kuda-kuda anggar

Ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan ketika akan melakukan sikap kuda-kuda anggar yaitu:
  • Posisi kuda-kuda di awal adalah kedua kaki berjarak 15 inci (antar kaki depan dan kaki belakang) dan membentuk sudat 90 derajat.
  • Bagian tumit kaki belakang serta depan pastikan ada di satu garis yang sama dan lurus.
  • Kaki depan wajib dalam kondisi lurus menghadap lawan, sementara itu kaki belakang sedikit memutar membentuk  dengan sudut 90 derajat (lihat gambar).
  • Naikkan lengan dan bawalah pada satu posisi dimana lengan ke satu posisi bagian atasnya sejajar atau lurus dengan bahu kiri serta lengah bawah dapat membentuk satu sudut 90 derajat.
  • Tekuklah pergelangan tangan dan jagalah posisi tangan sedikit dibuka sambil ujung tangan menunjuk ke lawan tanding.


3. Langkah

7 Teknik Dasar Anggar Lengkap Serta Gambarnya

Pada olahraga anggar terdapat teknik dasar langkah. Langkah atau step maju dan mundur penting untuk diperhatikan dan dikuasai. Karena ketika Anda telah menguasai teknik dasar langkah dengan baik, Anda tidak perlu khawatir tentang performa ketika bertanding, pasti akan bagus.

Cara melakukan step maju atau advance

  • Gerakan ini khusus untuk maju ke depan menggunakan kaki kanan di mana kaki depanlah yang mendarat ke lantai pertama kali serta langsung diikuti dengan kaki kiri yang ikut melangkah.
  • Kaki kakan ketika bergerak ke arah bawah menyentuh lantai, dan ini diperlukan koordinasi dengan langkah serta gerakan kaki kiri supaya keduanya dapat kompak.
  • Pastikan lutut ditekuk serta sudut siku-siku yang memposisikan kaki wajib terjaga dan kaki sebaiknya dihndarkan dari menyeret atau meluncur pada lantai.


Cara melakukan step mundur atau retreat

  • Pada langkah mundur ini, bawalah punggung kaki belakang dan angkat terlebih dahulu satu jarak kaki dan kemudian dilanjutkan dengan kaki depan supaya mendapat jarak yang sama.
  • Bergeraklah ke belakang dengan memijakkan kaki kiri terlebih dahulu, selanjutnya kaki kanan ikut mundur.
  • Pertahankan posisi sudut siku-siku dan hindari menyeret serta meluncur pada lantai.


4. Gerak Langkah atau Footwork

7 Teknik Dasar Anggar Lengkap Serta Gambarnya

Setiap olahraga pasti mempunyai teknik dasar footwork. Karena setiap olahraga membutuhkan langkah yang tepat. Bagi atlet anggar, mobilitas atau gerakan pemain terutama pada kombinasi gerak kaki harus sangat berhati-hati. Karena dapat menentukan hasil pertandingan kalah atau menang.

Cara melakukan gerakan langkah atau footwork anggar

  • Gerakan kaki yang dikombinasikan maju dan mundur mempunyai tujuan agar dapat memelihara serta menciptakan jarak antara pemain dengan lawan ataupun untuk mengukur jangkauan serangan.
  • Dengan memperhitungkan mobilitas dan fokus pergerakan anggar itu sendiri adalah cara kombinasi dari gerak kaki atlet anggar.
  • Ketika kaki pemain anggar dapat dikendalikan dengan baik, maka atlet akan mudah mengendalikan jarak serta mampu mencegah lawan mendapatkan angka.


5. Serang atau The Lunge

7 Teknik Dasar Anggar Lengkap Serta Gambarnya

Salah satu Teknik dasar anggar yang penting yaitu teknik serang atau menyerang di mana istilah lainnya adalah the lunge.

Cara melakukan teknik dasar serang atau the lunge

  • Posisikan tubuh mengarah ke depan dengan kaki yang stabil.
  • Lengan ketika itu diluruskan dan menjadi ancaman lurus tehadap lawan dengan menolakkan kaki belakang sampai saat gerakan maju dengan kekuatan.
  • Awali gerakan pada poin sebelumnya dengna meluruskan lengan yang memegang pedang serta ujugn pdang dapat menjangkau lawan.
  • dengan tangan memegang pedang, ketika saat yang sama lontarkan kaki lurus ke arah depan dan bergerak dimana tumit mendarat di lantai lebih dahulu.
  • Gerakan serang ini dianggap sempurna ketika menyerang jika mampu meninggalkan bagian bokong, lengan, pinggul, bahu serta paha kanan dengan tinggi sejajar dengan lantai.
  • Kepala harus dalam posisi tegak lurus sejajar dengna tulang belakang serta lutut sejajar diatas tumit dan kaki menghadap ke depan.


6. Tangkisan atau Parry

7 Teknik Dasar Anggar Lengkap Serta Gambarnya

Teknik dasar anggar berikutnya adalah tangkisan (parry). Teknik menangkis juga wajib dikuasi untuk calon atlet anggar. Karena teknik menangkis juga termasuk dalam gerakan bertahan dari serangan lawan dari area target lawan. Supaya tidak kalah dari serangan lawan, maka Anda membutuhkan teknik mengelak atau menangkis. Dalam teknik dasar menangkis ada dua cara utama yang dapat Anda lakukan, yaitu:

Cara melakukan teknik dasar tangkisan pada anggar

  • Menjaga posisi serta menjadikan senjata atau pedang sebagai alat bertahan.
  • Pemain anggar dapat melompat pada pangkal senjata/pedang sekuta tenaga dengan bertahan di daerah tengah saat melakukan atau berada pada proses seragan.


The Disengagement

7 Teknik Dasar Anggar Lengkap Serta Gambarnya

Suatu pengelakan dapat saja dilakukan dan ini merupakan salah satu teknik yang diperlukan ketika akan menghindari senjata atau pedang dari lawan tanding. Bagian lengan wajib lentur ketika melakuakn teknik satu ini dan lakukan perluasan gerakan lengan yang dikombinasikan dengan gerakan pedang.

Kebanyakan para pemain anggar dapat melakukan teknik mengelakan pedang lawan dari sisi pedang serta mengangkat ke sisi sebaliknya atau berlawanan, tetapi sambil mengimbangi daya dorongnya.

Nah itulah penjelasan mengenai teknik dasar anggar yang wajib diketahui dan dikuasi oleh seorang pemula. Dan dengan mempelajari teknik dasar anggar itulah cara mudah untuk menjadi atlet anggar yang bagus.

Related Posts

0 Komentar untuk 7 Teknik Dasar Anggar Lengkap Serta Gambarnya