Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Cara Menjaga Kesehatan Mata dan Mengobati Mata Minus - Mata adalah organ penglihatan yang sangat penting bagi manusia. Mata dapat mendeteksi cahaya dan mampu mengubahnya menjadi sebuah impuls elektrokimia pada saraf.

Namun jika mata Anda bermasalah seperti mata kering, mata memerah, mata mulai kurang awas (penglihat kabur), mata mengalami glaukoma atau bengkak, maka pengihatan mata Anda akan terganggu bukan? Dan bagaimana Anda bisa menikmati keindahan dunia ini?

Cara Menjaga Kesehatan Mata dan Mengobati Mata Minus Terbaru

Mengingat pentingnya indra mata yang mempunyai peran penting, maka kita wajib selalu menjaga kesehatan mata dengan benar. Agar kita dapat menikmati keindahan dunia ini.

Sebelum zonapelatih membahas cara menjaga dan mengobati mata minus dengan benar, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa faktor yang menyebabkan mata terlihat lelah dan sakit. Sehingga mata akan mulai kurang awas (fakus dalam melihat tulisan ). Inilah beberapa faktor penyebab fungsi mata terganggu dan udah sakit minus.

  • Membaca sambil tiduran.
  • Membaca di atas kendaraan yang berjalan.
  • Menonton TV dengan jarak cukup dekat.
  • Sering maenan smartphone atau bekreja telalu lama di depan leptop.
  • Paparan cahaya matahari.
  • Sering menyetir pada waktu malam hari.
  • Melihat fokus yang lebih kecil, sebagai contoh memasukkan benang ke jarum.


Nah setelah Anda mengetahui faktor penyebab mata mudah lelah atau sakit minus, maka saatnya Anda mulai belajar cara menjaga kesehatan mata dan cara mengobati mata minus dengan benar. Karena pada umumnya ketika kita menginjak usia diatas 20an tahun sampai 30an tahun, kemampuan mata kita akan mulai berkurang (kurang awas penglihatannya). Oleh karena itu kita wajib menjaga kesehatan mata sejak dini.

Cara Menjaga Kesehatan Mata dan Cara Mengobati Mata Minus

Banyak cara untuk dapat menjaga kesehatan mata Anda. Selain pada artikel ini juga dibahas mengenai cara menyembuhkan mata minus dengan cepat hanya dalam kurun waktu 1 minggu. Meski tidak mutlak sembuh total namun tidak ada salahkan untuk kita coba selalu menjaga kesehatan mata kita.

A. Tips Menjaga Kesehatan Mata

Untuk generasi milenial kesehatan mata harus benar-benar diperhatikan, karena pada umumnya mereka sering bermain gadget dimana efek cahaya samrtphone tersebut tidak baik untuk kesehatan mata. Sehingga saatnya kita mulai menjaga indra mata kita dengan baik. Berikut tips cara menjaga kesehatan mata.

1. Makan-makanan yang sehat untuk mata

Cara termudah mejaga kesehatan mata bisa dimulai dengan mengkonsumsi makan-makanan yang mempunyai kandungan zat yang dibutuhkan oleh mata. Seperti makanan tinggi asam lemak omega-3, seng, vitamin C, vitamin A, vitamin E dan juga karotenoid.

Zat karotenoid adalah zat yang termasuk kedalam keluarga zat antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu karotenoid juga mampu meningkatkan sistem kekebalan serta melindungi tubuh dari serangan penyakit lain.

Jenis makanan yang baik untuk kesehatan mata antara lain: wortel, jeruk, tomat sayuran yang berdaun hijau (sawi, bayam, brokoli dan lobak hijau), kacang-kacangan, telur, ikan salmon, ikan sarden, ikan tuna, coklat hitam dan lain-lain.

2. Pakailah sunglass ketika beraktivitas di luar ruangan

Biasanya orang akan menggunakan sunblock untuk menjaga kulit mereka dari paparan sinar matahari (ketika beraktifitas di luar rungan). Dan melupakan kesehatan mata nya sendiri. Padahal matapun juga perlu dijaga kesehatannya ketika beraktivitas di ruang terbuka, hanya caranya yang berbeda (tidak menggunakan sunblock)

Bayangkan ketika cuaca terik/silau/mendung, sebaiknya pakailah kacamata hitam/gelap (suglass) dimana berguna untuk menjaga kesehatan mata dari paparan sinar UV matahari.

Memang dalam jangka pendek Anda tidak merasakan gangguan pada mata ANda. Namun dalam jangka panjang, radiasi UV matahari yang berlebih mempu berisiko mengakibatkan timbulnya katarak mata, penebalan jaringan pinguecula (lapisan luar mata) dan juga masalah lain yang dialami mata Anda.

3. Jauhi rokok/jangan merokok

Merokok/perokok kebanyakan dikaitkan dengan penyakit jantung dan paru-paru, padahal rokok juga dapat berdampak tidak baik untuk indra penglihatan kita.

Dimana perokok aktif lebih besar risikonya untuk mengalami terjadinya degenerasi makula, uvesitis, katarak dan bahkan kebutaan mata. Oleh karena itu segera hentikan kebiasan merokok Anda, untuk menjaga kesehatan mata dan juga kesehatan adan Anda sendiri.

4. Teratur melakukan cek kesehatan mata ke dokter mata

Rutinlah melakukan cek mata ke dokter mata Anda. Sehingga jika terdapat masalah dengan mata Anda bisa diketahui sejak dini. Dan pastinya dokter akan mampu mengatasi permasalahan tersebut sejak dini.

Dokter Anda akan melakukan serangkaian test untuk memeriksa kesehatan mata, guna mengetahui kemampuanpenglihatan Anda. Dan juga berguna untuk mendeteksi jika ada masalah mata sejak dini. Semisal Anda mulai minus maka dokter akan menyarankan memakai kacamata minus yang sesuai atau harus merubah pola hidup yang lebih sehat untuk Anda.

5. Jika sudah minus atau mata plus, ikuti saran dokter (pakailah kacamata)

Jika mata Anda sudah bermasalah mengalami sakit mata minus atau sakit mata plus, sebaiknya ikuti saran dokter mata Anda dengan baik. Agar memudahkan dalam proses pengobatan atau menjaga kesehatan mata ANda. Intinya ikuti saran atau petunjuk dokter mata Anda.

B. Cara Menyembuhkan Mata Minus

Ada 4 cara dalam menyembuhkan mat minus yang bisa Anda coba lakukan. Beberapa cara tersebut sangat bagus untuk dicoba, guna menyembuhkan mata yang minus. Berikut beberapa cara menyembuhkan mata minus yang bisa Anda lakukan:

Cara menyembuhkan mata minus tanpa operasi

1. Cara menyembuhkan mata minus dengan jus lidah buaya

Jus lidah buanya ternyata dapat menyembuhkan sakit mata minus. Caranya cukup mudah Anda hanya perlu mengkonsumsi jus lidah buaya selama 1 minggu penuh, maka dapat mengurangi minus mata ANda.

2. Cara menyembuhkan mata minus dengan jus buah bit

Buah-buahan dapat membantu proses penyembuhan mata minus, egitu juga dengan buah bit. Buah bit dapat menyembuhkan sakit mata minus parah dan tinggi. Mulailah minum jus bit secara rutin selama seminggu berturut-turut. Untuk variasi rasa berbeda bisa Anda campurkan denga jus belimbing ataupun jus wortel.

3. Cara menyembuhkan mata minus dengan wortel

Cara menyembuhkan minus dengan jus wortel. Wortel merupakan salah satu bahan untuk pengobatan alami mata minus. Kita semua sudah tahu jika kandungan dari buah wortel sangat baik untuk kesehatan mata. Kandungan buah wortel antara lain beta-karoten dimana dibutuhkan oleh tubuh guna memproduksi vitamin A. Dan pastinya vitamin A adalah vitamin yang baik untuk mata kita.

4. Cara menyembuhkan mata minus dengan daun sirih

Kandungan yang terdapat pada daun sirih seperti minyak esensial yaitu berupa sineol, eugenol, karvakol, kavikol berfungsi membasmi bakteri, jamur dan sebagai antioksidan.

Nah itulah pembahasan tentang cara menjaga kesehatan mata dan cara menyembuhkan mata minus yang bisa Anda coba. Smeoga bermanfaat buat kita semua. jangan lupa share ya!

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Cara Menjaga Kesehatan Mata dan Mengobati Mata Minus Terbaru