Pencarian Khusus

Program Latihan Teknik Dasar Lempar Cakram

Teknik dasar lempar cakram - Berbicara tentang olahraga cabang atletik pastinya sangat banyak sekali jenisnya, mulai dari nomor lari, nomor lempar, nomor lompat, dan lain sebagainya. Salah satu olahraga yang dilombakan dalam cabang atletik yaitu Lempar Cakram.

Lempar cakram adalah salah satu dari sekian nomor lempar dalam cabang olahraga atletik. Semenjak Olimpiade tahun 708 Masehi, olahraga lempar cakram menjadi bagian dalam panca lomba (pentatlon). Pada awal mulanya olahraga lempar  cakram dilombakan menggunakan alat yang terbuat dari batu terupam halus dan kemudian diganti dengan perunggu yang dicor dan ditempa.
Program Latihan Teknik Dasar Lempar Cakram zona pelatih
Cara melakukan lemparan cakram pada mulanya menirukan gerakan seorang nelayan yang sedang melempar jaringnya ke laut majupun sungai untuk mencari ikan. Kemudian, tanpa sengaja ditemukan teknik lemparan dengan sikap badan menyiku secara khusus dengan badan agak bersandar ke depan. Untuk video lengkapnya bisa di lihat pada akhir artikel.

Latihan Teknik Dasar Lempar Cakram

Cara latihan adalah hal dasar dan yang sangat penting dilakukan dalam setiap olahraga, tentu saja kita ingat bagaimana sewaktu kita berada di bangku sekolah kita pernah diajarkan bagaiamana teori mempelajari cara latihan olahraga lempar cakram ini dan kita harus mempraktekn, walaupun untuk sekarang hal itu sudah kita lupakan, marilah kita akan mengingat kembali apa-apa saja yang kita latihankan dalam olahraga lempar cakram ini.

A. Cara Memegang Cakram

Program Latihan Teknik Dasar Lempar Cakram
Cara memegang cakram yang nyaman adalah sesuaikan dengan lebar serta panjang jari-jari Anda. Namun pada umumnya cara memegang cakram yang sering dipakai orang adalah sebagai berikut:

1. Bagi Anda yang memiliki tangan cukup lebar, cara memegang cakram yang baik adalah dengan meletakkan tepi cakram pada lekuk-lekukan pertama jari Anda.

2. Bagi Anda yang memiliki tangan lebar, cara memegang cakramnya yaitu dengan  jari telunjuk dan jari tengah saling berhimpit dan jari lainnya agak renggang.

3. Bagi ANda yang jari-jarinya pendek maka cara memegang cakram yaitu posisi jari sama seperti cara pertama, hanya saja letak telpi cakram lebih di ujung jari-jari.

Baca juga tips lari maraton sebelum pertandingan.

B. Latihan Awal Melempar Cakram

Agar Anda dapat melempar cakram dengan baik dan benar serta jarak lemparanya jauh, maka Anda harus belajar dengan serius tentang teknik dasr melempar cakram ini.

Untuk awalan melempar cakram menggunakan gerakan berputar. Maka gerakan putaran badan sendiri dibagi ke dalam beberapa proses berputar yaitu, 1 ¼, 1 ½ , dan 1 ¾. Untuk mendapatkan hasil lemparan yang jauh dan bagus Anda harus berlatih serius ya!

Cara melakukan latihan awalan melempar cakram.

  1. Ambilah posisi berdiri menyamping ke arah lemparan.
  2. Kaki dibuka selebar bahu dan sedikit ditekuk. Dan berat badan dibagi pada kedua kaki.
  3. Pusatkan perhatian dan persiapan hanya untuk melakukan awalan agar semakin mantap.
  4. Lakukan gerakan ayunan cakram, diikuti ayunan cakram ke samping  kanan belakang lalu ke arah kiri. Cakram diayun-ayunkan sebanyak 2-3 kali agar mendapatkan momentum awalan berputar.

C. Teknik Dasar Latihan Ayunan Lengan Saat Melempar

Dalam melempar cakram kita akan menggunakan gaya memutar. Dimana gerakan tanpa berhenti sedikitpun dari posisi siap lempar dilanjutkan dengan gerakan melempar cakram.

Cara melakukannnya adalah sebagai berikut:

  1. Kaki kanan ditolakkan untuk mengangkat panggul dari posisi rendah di atas kaki di dorong ke depan atas. 
  2. Berat tubuh dipindahkan dari kaki kanan ke kaki kiri. Setelah badan menghadap kea rah lemparan. Bersiaplah melempar cakram ke  arah depan atas.
  3. Lemparkan cakram dengan sudut lemparan kira-kira 30-45 derajat. Cakram berputar berlawanan arah dengan putaran jarum jam. Putaran cakram terjadi karena tekanan dari jari telunjuk. Cakram dilemparkan/dilepaskan ketika cakram berada sedikit di depan bahu.
  4. Ketika cakram sudah lepas, diikuti juga dengan badan yang condong ke depan. Pandangan mengikuti jalannya cakram.

D. Gerakan Akhir Setelah Melempar Cakram

Sesaat setelah cakram dilemparkan, maka kaki kanan segera bergerak ke depan dengan sedikit ditekuk agar  badan yang condongnya ke depan tidak terlanjur terdorong ke luar lingkaran. Kaki kiri melangkah ke belakang serta pandangan mata mengikuti jatuhnya cakram.

Video berasal dari akun youtube : Fitri Sukma Ayu Lestari

HAL-HAL YANG HARUS DIHINDARI DALAM LEMPAR CAKRAM

  1. Jatuh ke belakang pada awal putaran
  2. Berputar di tempat seperti gasing
  3. Membungkukkan ke depan (dibengkokkan pada pinggang)
  4. Melompat tinggi di udara
  5. Kaki terlalu tegang
  6. Penempatan posisi kaki yang tidak sesuai dengan sudut lemparan
  7. Memindah pusat berat badan pada kaki ke depan dan membiarkan jatuh
  8. Mencondongkan badan ke depan atau terlalu ke kiri, saat melempar cakram

HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM LEMPAR CAKRAM

  1. Berputar dengan baik
  2. Dorong cakram melewati lingkaran
  3. Perhatikan antara badan bagian atas dan abwah untuk mendapatkan putaran yang besar
  4. Ambillah jarak yang cukup untuk melintasi lingkakran
  5. Bertumpulah pada jari-jari kaki kanan dan putar secara aktif di atas jari-jari tersebut
  6. Mendaratlah dengan kaki bagian kanan dari titik pusat lingkaran dan kaki kiri sedikit ke kiri dari garis lemparan.
Nah itulah caranya bagaimana latihan melempar cakram agar bisa jauh dan benar. Sehigga Anda bisa menjadi atlet lempar cakram dikemudia hari. Tentu saja Anda harus giat dalam belatih.
Program Latihan Teknik Dasar Lempar Cakram

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: