Cari Distributor Alat Olahraga Murah

Artikel Keren

Cara Latihan Gerakan Meroda | Zonapelatih

Ketemu lagi dengan saya zonapelatih tentunya. Kali ini zonapelatih akan membahas tentang MERODA. Meliputi apa itu meroda, Cara melakukan meroda dan bentuk latihan/step-step meroda. Pastinya Anda sudah paham kan? bila meroda termasuk dalam senam lantai hhehe. Oleh karena itu saya tidak akan membahas lebih panjang lagi apa itu meroda.
Cara Latihan Gerakan Meroda | Zonapelatih

Pengertian Meroda

Pengertian Meroda yaitu suatu gerakan kesamping, pada saat bertumpu menggunakan kedua tangan dengan kaki dibuka selebar mungkin. Gerakan meroda dapat dilakukan dengan gerakan ke arah kiri-kekanan, tergantung Anda nyaman yang mana. Yang jelas gerakan meroda membutuhkan koordinasi tubuh yang bagus, agar menghasilkan gerakan yang baik.

Cara Melakukan Gerakan Meroda

1. Berdiri tegak, dengan kedua kaki dibuka selebar bahu serta kedua tangan lurus keatas membentuk huruf V. Pandangan lurus kedepan

2. Jatuhkan kesamping kiri/kanan dengan ditandai salah satu tangan menyentuh matras dan diikuti tangan satunya. Sehingga kedua tangan sebagai tumpuan. Pada tahap ini kaki juga mengikuti gerakan diangkat keatas dan dibuka lebar

3. Letakakn kaki kanan di saming kaki kiri serta tangan mulai diangkat lurus keatas

4. Hingga badan akhirnya tegak lurus seperti gerakan pertama tadi.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video dibawah ini  

Cara Memberikan Pertolongan Pada Gerakan Meroda

1. Salah satu orang memberikan pertalongan dengan cara berdiri di belakang orang yang melakukan gerakan meroda

2. Peganglah pinggung orang yang melakukan gerakan meroda ketika badan dan kedua kaki melakukan gerakan meroda

3. Peganglah pinggul sampai gerakan meroda selesai dilakukan

Beberapa Kesalahan Gerakan Meroda

1. Lemparan/lejutan kaki kurang kuat (sering ditahan)
2. Lemparan kaki seharusnya ke atas, bukan malah ke depan
3. Tangan pertama sebagai tumpuan letaknya terlalu dekat dengan kaki tolak
4. Tangan tidak lurus (kedua siku bengkok)
5. Badan kurang melenting

Manfaat Meroda

Gerakan senam yang tampak sederhana ini ternyata juga menyimpan manfaat yang baik untuk tubuh. Manfaat gerakan meroda ini lebih banyak ada pada bagaimana meningkatkan tingkat refleksi tubuh Anda terhadap gerakan tertentu. Selain itu, senam ini juga membantu Anda menyeimbangkan tubuh Anda secara sempurna. Gerakan ini juga bisa membantu memperlancar peredaran darah dalam tubuh dan otak Anda. Ternyata gerakan meroda, meski terlihat sederhana serta mudah dilakukan dan terkesan seperti sebuah permainan, olahraga senam lantai meroda ini bisa memberikan pengaruh yang baik untuk tubuh Anda. Itu bisa Anda dapatkan hanya jika dilakukan secara benar dan teratur.

Senam lantai meroda merupakan salah satu teknik senam yang dilakukan dengan cara menggerakkan tubuh dengan memutarkan badan melalui handstand secara hati-hati.

Nah seperti itulah Cara Latihan Gerakan Meroda serta bagaimana cara latihannya. Semoga dengan yang sedikit ini bisa membantu Anda dalam melakukan gerakan meroda senam lantai.
Cara Latihan Gerakan Meroda | Zonapelatih

You Might Also Like: