3 Jenis Pedang Anggar Foil, Epee dan Sabre

Artikel Unggulan

Kombinasi Latihan Otot yang Benar | Zona Pelatih

Zonapelatih.net - Bagi Anda yang ingin menjalankan program fitnes, lebih baik Anda belajar dan memahami kombinasi latihan otot yang benar ...

3 Jenis Pedang Anggar Foil, Epee dan Sabre
Penulis WW

3 Jenis Pedang Anggar Foil, Epee dan Sabre

Olahraga anggar adalah jenis olahraga beladiri yang menggunakan senjata untuk bermain/bertanding. Dan ada 3 jenis senjata atau pedang resmi yang digunakan untuk jenis olahraga anggar ini. 3 jenis pedang anggar tersebut yaitu Foil, Epee dan Sabre. Dan pedang ini juga termasuk ke dalam perlengkapan wajib atlet anggar

Mungkin kalian semua masih bingung dengan ketiga nama jenis pedang anggar tersebut, oleh karena itu admin zona pelatih akan memberikan penjelasan beserta gambar pedang anggarnya. Supaya Anda semakin paham tentang 3 jenis pedang resmi anggar, yang dapat digunakan dalam pertandingan atau olimpiade.

3 Jenis Pedang Resmi Anggar

Ada tiga jenis pedang anggar yang resmi digunakan dalam suatu pertandingan atau pekan olimpiade, yaitu:

1. Foil
2. Epee
3. Sabre


Foil

3 Jenis Pedang Anggar Foil, Epee dan Sabre
Jenis pedang foil
Pedang foil adalah pedang terkecil serta paling ringan diantara ketiga jenis pedang yang digunakan untuk olahraga anggar. Pedang foil juga dikenal dengan sebutan pedang FLORET. Pedang ini biasa digunakan oleh para pemula anggar.

Jenis pedang foil ini telah diakui oleh Federasi Anggar Internasional (FAI) dimana terbuat dari stainless stell bernama Maragine. Bahan besi ini lebih berat, lebih mahal serta lebih tahan banting dari pedang anggar yang tidak resmi. Foil atau Floret  wajib digunakan untuk semua jenis pertandingan atau turnamen internasional.

Target pemain anggar jika menggunakan pedang jenis foil ini adalah tubuh bagian atas, kecuali lengan dan leher.

Pada ujung pedang foil itu terdapat tombol berpegas yang berguna memberikan sinyal kepada mesin pencatat skor, melalui kabel yang terpasang pada badan/baju pemain anggar.

Dan pemain atau atlet anggar yang menggunakan jenis pedang foil ini wajib menggunakan vest (lame) sebagai target sasaran. Meski pemakaian lame menutupi dada, namun lame tidak berfungsi sebagai pelindung dada.

Epee

3 Jenis Pedang Anggar Foil, Epee dan Sabre
Jenis pedang epee
Pedang Epee adalah jenis pedang anggar yang lebih berat serta lebih lebar dibandingkan dengan jenis pedang foil. Jenis pedang Epee ini biasa disebut juga dengan pedang Degen.

Pelindung tangan dari jenis pedang Epee ukurannya juga lebih besar dari pedang foil.

Sasaran dari pemain anggar yang menggunakan jenis pedang Epee ini adalah seluruh tubuh, dari kepala sampai ujung kaki serta seluruh lengan juga menjadi sasaran atlet anggar.

Harga pedang Epee juga lebih mahal dari jenis pedang anggar Foil.

Sabre

3 Jenis Pedang Anggar Foil, Epee dan Sabre
Jenis pedang sabre
Pedang Sabre merupakan pedang anggar jenis ke tiga, dimana bentuknya pipih dan tidak runcing, pelindung tangannya menutupi seluruh tangan hinggal pangkal tangkai.

Bilah pada pedang sabre ini lentur karena gerakan ketika menggunakan pedang Sabre berbeda dari gerakan jenis pedang Epee dan Foil.

Jenis pedang Epee dan Foil hanya dipergunakan untuk menusuk lawan tanding, sedangkan jenis pedang Sabre juga digunakan untuk gerakan mengayun dan juga menangkis serangan lawan.

Sasaran atau target dari atlet yang menggunakan jenis pedang Sabre ini adalah dari panggul hingga kepala serta seluruh lengan pemain.

Kesimpulan

Dengan mengetahui 3 jenis pedang anggar yang resmi, berarti Anda semakin memahami apa itu anggar? Dan pastinya akan lebih tepat dalam memilih dan menentukan jenis pedang anggar yang cocok untuk Anda. Dan akan semakin baik cara belajar bermain anggar.

Nah itulah yang bisa admin jelaskan mengenai 3 jenis pedang anggar yang wajib digunakan dalam pertandingan anggar resmi maupun internasional. Semoga bermanfaat dan jangna lupa share ya :)
Advertisement

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang yang menyukai tentang dunia olahraga dan lebih condong ke cabang sepakbola dan futsal.

0 Response to "3 Jenis Pedang Anggar Foil, Epee dan Sabre"