4/11/2020

Manfaat Pull Up yang Jarang Orang Sadari


Apa itu gerakan pull up? Pull up adalah salah satu jenis olahraga yang termasuk kedalam kategori calisthenic, yaitu jenis olahraga yang memanfaatkan berat badan sendiri sebagai beban latihan.

Bagaimana cara melakukan pull up yang benar? Salah satu cara melakukan pull up yaitu Anda cukup membutuhkan pull up bar atau alat pull up. Dan kalaupun Anda tidak memiliki bar, Anad masih bisa memanfaatkan ventilasi pintu untuk melakukan gerakan pull up.

Untuk cara melakukan pull up yang benar bisa di artikel ini.

Pada dasarnya gerakan pull up untuk melatih otot apa? Gerakan latihan pull up biasanya digunakan untuk membentuk otot  tubuh bagian atas. Dan gerakan latihan pull up lebih banyak dilakukan oleh pria.

Manfaat Pull Up untuk kesehatan

Adapun Manfaat Pull Up


Sebelum Anda mencari manfaat pull up di brainly, pada artikel ini pun sebenarnya sudah komplit lho! Jadi silahkan simak penjelasan manfaat latihan pull di bawah ini.

1. Manfaat pull untuk membentuk upper body

Latihan pull up secara rutin dapat membentuk upper body (tubuh bagian atas). Dimana gerakan pull up yang kontinu dapat melatih otot punggung, otot pundak (trapeziuz), otot bahu (shoulder), otot biceps dan juga otot sayap.

2. Menambah tinggi badan

Manfaat latihan pull up setaip hari mampu menambah tinggi badan Anda. Karena pull up merupakan salah satu olahraga efektif untuk merangsang pertumbuhan badan, karena gerakannya dapat mereganggkan otot sehingga mampu merangsang pertumbuhan tinggi badan.

3. Manfaat pull up untuk menambah kekuatan genggaman tangan

Ada manfaat lain selain dapat membentuk tubuh bagian atas, yaitu latihan pull up ternyata juga mampu meningkatkan kekuatan cengkraman tangan. Itu karena pada saat melakukan pull, jari-jari tangan berfungsi untuk menahan berat badan tubuh supaya tidak jatuh, alhasil otomatis genggaman tangan menjadi lebih kuat.

4. Membuat otot lebih awet

Persis seperti gerakan push up, pull up yang dilakukan secara rutin dapat membuat otot menjadi lebih awet. Ingat, bahwa pull up termasuk olahraga bodyweight training, sehingga gerakan-gerakan yang dilakuan secara teratur bisa membuat otot lebih awet.

5. Menjaga kesehatan jantung

Dengan latihan gerakan pull yang benar, ternyata dapat meningkatkan detak jantung, berfungsi lebih optimal. Dan tentunya hal ini sangat baik untuk kesehatan Anda. Karena jika tubuh kurang gerak, maka detak jantung pun akan menjadi menurun. Jika detak jantung rendah, maka akan memberikan efek kurang baik bagi kesehatan badan Anda.

6. Menghilangkan lemak tubuh

Nah salah satu manfaat dari pull up yang disukai kaum hawa yaitu dapat mengurangi lemak dalam tubuh. Karena ketika latihan pull up tubuh akan membakar lebih banyak kalori dalam tubuh. Sehingga pull up juga cocok dimasukkan ke dalam program diet Anda.

7. Menambah keseimbangan tubuh

Gerakan pull up selain membutuhkan kekuatan otot tangan, sebenarnya juga membutuhkan keseimbangan tubuh. Dan keseimbangan tubuh ini terjadi ketika Anda sedang menggantung di bar. Sehingga jiak Anda rutin latihan pull up, maka keseimbangan tubuh juga semakin meningkat.

8. Cepat memanaskan tubuh

Apakah Anda sudah tahu, bahwa pull up sering digunakan untuk pemanasan sebelum masuk ke latihan inti? Jika belum tahu, ini ada alasan kenapa pull up bisa digunakan sebagai bagian dari pemanasan.

Ternyata gerakan pull up dapat dengan mudah mengaktifkan otot tubuh bagian atas dan itu menandakan bahwa bagaimana tubuh juga dapat mudah panas lewat latihan pull up.

Jika Anda masih belum percaya, cobalah lakukan beberapa kali pull up, maka keringat akan segera bercucuan keluar.

9. Meningkatkan kemampuan paru-paru

Gerakan pull up ternyata membutuhkakn energi yang banyak, secara otomatis Anda membutuhkan pasokakn okisgen ke paru-paru lebih banyak. Hal ini dapat digunakan untuk melatih kemampuan paru-paru. Dengan rajin melakukan pull up, maka paru-paru akan semakin kuat.

10. Meningkatkan mood

Percaya tidak percaya, pull-up juga membuat mood-mu lebih stabil, bahkan mungkin lebih bahagia. Sebenarnya tidak cuma pull-up tetapi juga olahraga yang lain. Melatih tubuh membuat otak memproduksi lebih banyak hormon bernama serotonin dan hormon ini mempengaruhi perasaanmu.

Nah itulah manfaat melakukan gerakan pull up dengan benar dan Andapun bisa berlatih dengan variasi pull up lainnya. Selamat mencoba dan rasakan manfaatnya. 

0 komentar

Post a Comment

Silahkan dibagikan bila ini bermanfaat dan bila ingin copas harap sertakan sumbernya. Bila berkenan hubungi admin kami melalui email. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.