Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Program latihan atlet badminton usia dini atau pemula - Para atlet top bulutangkis dunia pastinya pernah merasakan latihan bulutangkis di usia dini. Tidak mungkin para pemain top dunia tersebut tiba-tiba langsung jago dan pandai bermain bulutangkis. Pastinya mereka sudah mulai latihan sejak lama.

Program latihan bulutangkis yang mereka lakukan biasanya dimulai sejak usia dini (pemula).

Ada yang mulai latihan dari usia 3 tahun, 4 tahun, 5 tahun dan mereka berlatih dengan menu latihan teknik dasar untuk pemula (usia dini).

Dan program latihan bulutangkis pada usia dini itu sangat penting. Krena dapat menentukan tingkat ketrampilan dan permainan pemain itu kedepannya.

Program Latihan Bulutangkis Untuk Usia Dini


Model latihan bulutangkis bagi usia dini, pastinya tidak sama dengan yang sudah profesional.

Untuk metode latihan bulu tangkis usia dini dimulai dari teknik dasar.

Teknik dasar bulutangkis untuk pemain usia dini, seperti mulai cara memegang raket, langkah kaki, dan posisi badan ketika memukul shuttlecock.

Dan untuk proses latihan bulutangkis untuk usia dini, wajib dimulai dari porsi latihan yang ringan, jangan diberikan porsi yang berat. Supaya anak senang dan pastinya tidak kapok untuk terus berlatih badminton.

Bentuk Program Latihan Bulutangkis Usia Dini


Pada permainan badminton ada banyak teknik dasar atau teknik tingkat lanjut yang wajib dikuasi pemain.

Baca juga: Program latihan badminton jangka pendek

Sebelum kita dapat melakukan smash yang keras, footwork yang lincah atau pukulan yang mengecoh, alangkah baiknya Anda memulai dari yang paling mudah dan sederhana dahulu. Apakah itu? Silahkan simak di bawah ini.

1. Teknik Cara Memegang Raket Bulutangkis


Teknik dasar yang wajib dikuasi oleh para pemula atau usia dini, jika ingin menjadi atlet badminton yang baik dan profesional adalah cara memegang raket.

Cara memegang raket tidak boleh asal asalan atau asal pegang saja. Karena cara memegang raket ini berpengaruh terhadap cara memukul dan power pukulan Anda.

Andai pegangan raket tidak benar, maka power pukulan akan lemah (kurang bertenaga), baik itu ketika melakukan pukulan forehand ataupun ketika melakukan pukulan bachand.

Perlu Anda ketahui, bahwa teknik memegang raket ada dua.

Contoh Program Latihan Bulutangkis Usia Dini
Teknik memegang raket forehand


Contoh Program Latihan Bulutangkis Usia Dini
Teknik memegang raket backhand

Kedua teknik memegang raket di atas wajib Anda kuasi dengan benar.

Baca juga: Ukuran lapangan bulutangkis

Setelah Anda dapat memegang raket dengan benar dan baik serta nyaman. Selanjutnya Anda bisa mencoba untuk mulai memukul shuttlecock.

Nah dalam permainan bulutangkis ada beberapa jenis pukulan shuttlecock, seperti pukulan servis lob, drophot, netting, pukulan drive serta pukulan smash.

Dimana masing-masing jenis pukulan tersebut mempunyai cara dan kegunaan sendiri-sendiri. Dimana akan Admin bahas di artikel "jenis-jenis pukulan pada permainan bulutangkis".

2. Sikap serta Posisi Badan


Contoh Program Latihan Bulutangkis Usia Dini
Sikap dan posisi pemain terhadap arah sthuttlecock

Dalam permainan badminton, sikap dan posisi badan ketika pemainan berlangsung juga sangat menentukan hasil pertandingan.

Ada beberapa sikap dan posisi badan dalam permainan bulu tangkis yang wajib dikuasi ketika bermain badminton, yaitu:


  • Posisi badan ketika bertumpu pada kedua kaki kanan dan kiri. Hal tersebut berlakuk ketika melakukan penyerangan ataupun pertahanan.
  • Tekuklah atau bengkokkan kedua lutut, selanjutnya berdiri menggunakan ujung kaki sampai pinggang berada pada posisi tegak.
  • Kedua kaki dibuka selebar bahu dengan posisi sejajar atau salah satu kaki berada di depan.
  • Salah satu lengan siku yang tidak memegang raket berada di samping tubuh, supaya tangan  yang memegang raket bisa bebas bergerak.


3. Footwork pada Bulutangkis


Contoh Program Latihan Bulutangkis Usia Dini
Posisi langkah kaki
Teknik dasar langkah kaki atau footwork pada permainan bulutangkis wajib dikuasi. Teknik footwork badminton ini juga tidak boleh sembarangan, karena berpengaruh besar terhadap kualitas pukulan yang akan dihasilakan oleh atlet bulutangkis.

Jika posisi kaki atau langkah kaki salah, maka juga akan mempengarahui kecepatan bergerak si atlet.

Sebagai contoh salah satu posisi kaki yang benar ketika bermain badminton yaitu apabila pemain memegang raket dengan tangan kanan, maka ketika akan memukul shuttlecock kaki kananlah yang berada di depan. Begitupun sebaliknya, jika kita memegang raket menggunakan tangan kiri, maka kaki kirilah yang maju ke depan untuk mengambil sthuttlecock.

Program Latihan Dasar Bulutangkis


Beberapa teknik yang telah Admin bahas di atas merupakan teknik dasar dalam bermain bulutangkis. Dan jika Anda telah menguasi teknik dasar tersebut, Anda bisa lanjut berlatih ke level selanjutnya.

Namun apabila pada teknik dasar ini, Anda belum mahir. Maka tugas Anda tetap melanjutkan berlatih dan menguasi teknik dasar ini dahulu. Supaya ke depannya Anda bisa dengan mudah mengikuti program tingkat lanjut teknik bulutangkis.

Nah itulah penjelasan dan contoh program latihan bulutangkis untuk usia dini dan pemula. Semoga bermanfaat.

Dan jika ada yang mau ditanyakan, silahkan tulis pada kolom komentar.

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Contoh Program Latihan Bulutangkis Usia Dini