Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Gambar dan ukuran lapangan mini - Permainan futsal adalah salah satu jenis olahraga yang menjadi primadona baru untuk masyarakat Indonesia. Dimana permainan futsal tidak hanya membuat badan menjadi lebih bugar, namun olahraga ini juga sangat mengasikkan ketika dimainkan.

Selain pemain dan bola, futsal mini juga membutuhkan lapangan, dan lapangannya pun tidak sembarangan. Begitu juga untuk ukuran lapangan futsal mini haruslah sesuai dengan standar yang terlah ditetapkan secara resmi oleh federasi.

Gambar lapangan futsal

Gambar dan Ukuran Lapangan Futsal Mini


Olahraga Futsal mini dimainkan di dalam ruangan/indoor, dimana permainan futsal dimainkan oleh kedua tim yang terdiri dari 5 pemain tiap timnya. Dan pastinya salah satu dari 5 pemain tersebut harus ada yang menjadi penjaga gawang (kiper).

Dan adapun ukuran lapangan futsal mini mempunyai panjang 25 meter atau 42 meter serta lebarnya 15 meter atau 22 meter. Lain lagi untuk ukuran lapangan futsal standar internasional yaitu panjang lapangan futsal 38 meter atau 42 meter dan lebar lapangan futsal 18 meter atau 25 meter.

Jadi jika Anda ingin membuat lapangan futsal yang minimalis, maka Anda mengambil ukuran panjang 22 meter dan lebarnya 15 meter saja. Sehingga akan membuat biaya pembuatan lapangan futsal tidak membengkak. Dan pastikan terlebih dahulu Anda mempunyai desain lapangan futsal yang ingin dibuat. Dan jika sudah jadi, Anda pun bisa menyewakan lapangan futsal tesebut.


Pada lapangan futsal mempunyai garis pembatas. Garis samping atau touch line yaitu garis yang memiliki ukuran lebih panjang dan garis yang lebih pendek adalah garis gawang atau goal line.

Untuk kita ketahui bersama bahwa di dalam lapangan futsal mini terdapat garis pembatas dengan lebar 8 cm. Lapangan terbagi menjadi 2 bagian yang sama luar serta diberi garis. Garis inilah yang dinamakan garis tengah lapangan. Terdapat titik tengah dengan tepat berada di tengah lapangan. Dan digunakan sebagai tempat kick off.

Selanjutnya terdapat garis melingkar dibuat dengan titik pusat di titik tengah tersebut dengan jari-jari lingkaran berukuran 3 meter. Lain lagi untuk daerah pinalti, daerah penalti adalah daerah depan gawang yang ditandai dengan garis setengah lingkaran.

Ukuran Gawang Futsal Mini


Selain ukuran lapangan futsal, kita juga membahas ukuran gawang futsal mini. Dan pastiya ukuran gawang futsal sangat berbeda jauh dengan ukuran gawang sepak bola.

Ukuran gawang futsal standar internasional dipengaruhi oleh ukuran lapangan futsal mini. Untuk ukruan jarak antara tiang gawang adalah 3 meter diukur dari bagian dalam tiang.

Sementara itu untuk ukuran jarak dari tiang palang ke lantai sebesar 2 meter di ukur dari tiang horizontal bagian dalam sampai permukaan lantai.

Ukuran untuk kedua tiang gawang dan tiang palang yaitu mempunyai ketebalan atau dimensi 8 cm. Lain lagi untuk ukuran ke dalam gawang adalah 100 cm pada bagian bawah serta 80 cm pada bagian atas.


Pada gawang dilengkapi juga jaring guna untuk menahan laju bola yang masuk ke gawang dan memudahkan wasit untuk melihat bola itu masuk atau keluar. Dan ada beberapa peraturan khusus berkaitan dengan gawang futsal meliputi bentuk, posisi, ukuran dan lainnya.

Dengan posisi vertikal (tiang gawang), gawang futsal terdiri dari 2 tiang sejajar yang berjarak sama dari sudut-sudutnya serta dihubungkan oleh tiang horizontal di bagian atas (tiang palang). Gawang ditempatkan di bagian tengah pada setiap garis gawang.

Jaring bisa dibuat dari nilon serta melekat pada bagian belakang dari tiang gawang dan tiang palang. Ketika pertandingan berlangsung, gawang futsal harus tetap kuat di permukaan lapangan meski dapat dipindah posisi. Penampang harus berbentuk persegi, lingkaran, elips, atau persegi panjang.

Penampang berbentuk lingkaran sangat disarankan sebab lebih aman jika terjadi benturan. Pantulan bola dengan tiang berpenampang lingkaran memberikan arah yang akurat.

Penjelasan Denah Lapangan Futsal Lengkap


Pada permukaan lapangan futsal pastinya terdapat beberapa garis atau penanda yang mempunyai makna sendiri-sendiri dan pastinya sangat erat berkaitan dengan peraturan permainan futsal itu sendiri. Sehingga bukan hanya ukuran panjang dan lebar lapangan saja, garis penanda tersebut juga mempunyai aturan penerapan sebagaimana yang telah FIFA tetapkan. Dan selengkapnya permukaan lapangan futsal itu terdiri dari:

Denah atau desai lapangan futsal
  • Garis tanda lapangan futsal
  • Daerah pinalti
  • Titik pinalti
  • Daerah tendangan sudut (corner)
  • Daerah bebas
  • Daerah pergantian pemain
  • Gawang
  • Permukaan lapangan futsal


Nah itulah penjelasan mengenai ukuran lapangan futsal mini yang bisa Admin sampaikan. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Gambar dan Ukuran Lapangan Futsal Mini Sesuai Standar Internasional