Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Panduan teknik tinju unutk pemula yang bisa Anda lakukan di rumah - Cara latihan tinju sendiri di rumah. Cabang olahraga tinju adalah salah satu cabang olahraga yang paling menuntut fisik yang prima. Para petinju profesional selalu berlatih untuk menyempurnakan keterampilan serta teknik pukulan tinju mereka agar dapat naik peringkat (memenangkan pertandingan tinju).

Oleh karena itu banyak para petinju, yang menambah latihan di rumah. Mereka latihan tinju sendiri di rumah masing-masing.

Nah apalagi buat Anda yang baru terjun ke cabang olahraga tinju, sebaiknya Anda juga wajib melakukan latihan tambahan sendiri di rumah.

Cara Latihan Tinju Di Rumah

Bagimana cara atau bentuk latihan tinju sendiri di rumah? Anda tidak usah pusing tentang cara latihan tinju di rumah.

Karena pada artikel ini, Admin zona pelatih akan memberikan panduan berlatih teknik tinju untuk pemula, yang bisa Anda lakukan di rumah sendiri.

Latihan Teknik Tinju Sendiri Di Rumah


Berikut ini ada beberapa bentuk latihan teknik tinju yang bisa Anda lakukan di rumah seorang diri. Sehingga Anda dapat mengasah ketrampilan teknik tinju Anda secara mandiri.

Teknik Tinju Untuk Pemula


Para petinju akan sukses, jika mereka selalu berlatih dengan keras. Meraka selalu melatih teknik pukulan dan cara bertahan dari pukulan lawan ketika berada di atas ring tinju.

Mereka akan mengasah teknik tinju seperti teknik Shadow boxing dan menggunakan samsak yang berat.

Mereka lakukan untuk mendapatkan ketrampilan yang baik dan supaya dapat memenangkan pertandingan tinju.


Nah inilah beberapa teknik pukulan tinju yang bisa Anda lakukan di rumah

1. Pukulan Jab


Pukulan jab pada tinju adalah berupa pukulan pendek, yang berguna untuk membantu menjauhkan lawan dari diri Anda.

2. Pukulan Silang


Pukulan silang dilakukan menggunakan tangan terkuat dan diarahkan lurus ke tubuh lawan.

3. Pukulan Hook


Pukulan hook, adalah pukulan yang bisa dikombinasikan dengan jenis pukulan lainnya. Pukulan hook bisa diarahkan ke kepala lawan ataupun ke badan yang tidak terlindungi.

Selain berlatih teknik pukulan, Anda juga bisa berlatih teknik bertahan dari pukulan lawan.

Karena pada cabang olahraga tinju, kita tidak hanya berfikir tentang bagaimana cara melakukan atau melontarkan pukulan ke lawan. Namun kita juga harus berlatih teknik menangkis ataupun hindaran dari pukulan lawan. Karena kita tidak mungkin bisa terus melakukan serangan ke lawan.


Teknik Bertahan Tinju


Nah adapun teknik bertahan pada tinju yang bisa Anda coba

1. Menangkis


Anda bisa melakukan tangkisan dengan mengangkat keuda sarung tangan Anda ke atas depan kepala dan dagu sedikit diturunkan.

2. Menghindar


Anda bisa memutar pinggang dan bahu Anda dengan cepat, guna melakukan hindaran dari pukulan lawan.

3. Memblokir pukulan


Anda bisa memblokir pukulan lawan dnegan menggunakan kedua sarugn tangan Anda. Jangan memblokir pukulan dengan tubuh Anda.

4. Gerakan Naik Turun dan Berkelit


Selalu lakukan gerakan aktif ketika pertandingan. Anda bisa dengan gerakan naik turun dengan cara menekuk kaki, untuk menghindari pukulan tinggi, seperti pukulan hook yang mengarah ke kepala. Atau berkelit dengan membungkukkan badan.

Nah itulah beberapa bentuk latihan tinju sendiri yang bisa Anda lakukan di rumah.

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Cara Latihan Tinju Di Rumah