Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Ukuran bola sepak takraw | Zonapelatih.net - Olahraga permainan sepak takraw adalah salah satu jenis permainan yang berasal dari kasultanan melayu. Pola atau cara bermain sepak takraw ini hampir sama seperti bermain voli serta sepakbola, atau ada yang bilang bahwa sepak takraw ini adalah gabungan/kombinasi dari cabang olahraga voli dan sepakbola.

Pada permainan sepak takraw ini membutuhkan Net untuk batas antar tim, dan dalam memainkannya menggunakan seluruh anggota badan kecuali tangan. Dan siapa (tim mana) yang mampu menyeberangkan bola takraw melewati net dan lawan tidak dapat mengembalikannya, maka tim Anda mendapatkan poin.

Pada permainan sepak takraw ini, ukuran bola yang digunakan berbeda dengan ukuran bola voli. Selain itupun bola takraw mempunyai ciri khas tersendiri mengenai desain bolanya.

Bahan bola sepak takrawpun tidak seperti bahan yang digunakan pada olahraga lainnya. Dimana bola takraw berbahan dasar dari fiber atau berasal dari anyaman rotan. Dan ini sudah diatur oleh Asosiasi Sepak Takraw (ISTAW). Oleh karena itu Anda perlu mengetahui ukuran dan berat bola sepak takraw.
Bola sepak takraw dari bahan fiber dan rotan

Ukuran dan Berat Bola Sepak Takraw

Pada kesempatan ini Admin zona pelatih akan menjelaskan mengenai ukuran dan berat bola sepak takraw sesuai dengan standar Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI)

  • Bola sepak takraw terbuat dari bahan rotan yang berlapir sejumlah 9 atau 11 lilitan, kemudian dianyam berbentuk bulat dengan ukuran lingkaran 41-43 cm.
  • Jumlah lubang pada bola speak takraw berjumlah 12 buah lubang.
  • Berat bola sepak takraw adalah 160-180 gram.


Selain itu PSTI juga telah mengatur berat bola sepak takraw yang sesuai digunakan untuk anak SD, SMP, SMA maupun profesional. Dan biasanya bola yang digunakan untuk awal latihan atlet pemula takraw lebih ringan, menggunakan bola takraw dengan berat 90-100 gram.

Nah itulah pembahasan mengenai ukuran dan berat bola sepak takraw sesuai dengan standar nasional dan internasional. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Ukuran Bola Sepak Takraw Beserta Bahan yang Digunakan Sesuai Standar Nasional dan Internasional