Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Cara mudah bermain gateball | Zonapelatih.net - Cara main gateball sangatlah mudah dan menyenangkan. Anda hanya perlu memasukkan bola ke 3 gawang yang ada dan terakhir Anda harus bisa mengenai goal-pole. Sangat sederahana bukan? Namun ini akan menjadi rumit ketika bertanding dengan lawan, karena lawan akan berusaha serta mencegah bola Anda masuk ke gawang (supaya tidak mendapatkan Angka).

Apa itu gateball? Gateball itu bisa dikatakan seperti perpaduan dari olahraga golf dan catur. Gateball ini termasuk katagori olahraga baru, sehingga wajar jika Anda belum familiar dengan olahraga gateball ini. Oleh karena itu Admin zona pelatih akan menjelaskan bagaimana cara bermain gateball yang benar serta sedikit sejarah gateball ini.

Olahraga rekreasi gateball

Cara Bermain Gateball yang Baik

Supaya Anda dapat bermain gateball dengan baik dan memenangkan pertandingan, maka Anda perlu memahami beberapa hal yang berkaitan dengan permainan gate ball, seperti permainannya bagaimana, susunan tim seperti apa dan beberapa istilah asing yang sering digunakan dalam permainan gate ball.

Maka dari itu Anda akan mempelajari tentang:
  1. Permainan gateball.
  2. Bola gate ball.
  3. Susunan team gateball.
  4. Pukulan pertama gate ball.
  5. Out ball.
  6. Touch serta Sparking.
  7. Keterampilan team.


Nah ada tujuh hal yang perlu Anda ketahui agar dapat bermain gate ball dengan baik. Okeh silahkan lanjut baca di bawah ini.

Permainan Gateball

Cara Terbaik Bermain Gateball
Bentuk dan area lapangan gate ball
Permainan gate ball dimainkan oleh dua tim yakni tim merah dan putih. Didalam gateball hanya ada dua tim dengan sebutan tim merah dan tim putih. Dimana setiap tim terdiri dari 5 orang anggota.

Bola gate dengan nomor ganjil (1-3-5-7-9) dipegang atau digunakan untuk tim merah. Sedangkan tim putih memegang bola dengan nomor genap yaitu nomor 2-4-6-8-10. 

Cara mainya adalah tim merah (nomor bola 1) memukul lebih dahulu. Kemudian tim putih dengan nomor bola dua, kemudia tim merah begitu seterusnya sesuai dengan urutan pada nomor bola.

Untuk menyelesaikan permainan gateball, Anda hanya perlu melewati/memasukkan bola ke 3 gawang dan terkahir menyentuh pin/patok (goal-pole).

Permainan berlangsung selama 30 menit dan tim pemenang ditentukan dari jumlah point yang didapt selama pertandingan itu berlangsung. Tim yang mempunyai poin paling banyak dialah pemenangnya.

Bola Gate Ball

Cara Terbaik Bermain Gateball
Jenis bola gateball
Bola gateball terdiri dari dari dua warna merah dan putih, masing-masing terdiri dari 5 buah bola. Dimana setiap bola ada nomornya. Jadi secara keseluruhan bola yang digunakan berjumlah 10 buah.

Bola untuk tim merah terdiri dari bola dengan nomor ganjil 1-3-5-7-9, sedangkan tim putih menggunakan bola dengan nomor genap 2-4-6-8-10.

Susunan Tim Gateball

Cara Terbaik Bermain Gateball
Contoh tim merah sesuai dengan nomor bola gateball
Setiap tim terdiri dari 5 pemain serta 3 orang cadangan. Salah satu pemain menjadi kapten tim. Dan setiap tiap harus mempunyai manager tim.

Pukulan Pertama Gateball

Cara Terbaik Bermain Gateball
Pukulan pertama permainan olahraga gate ball
Pukulan pertama permainan gate ball dimulai dari garis start. Dimana bola diletakkan pada area garis start, kemudian dipukul hingga melewati gate (gawang) pertama.

Bila bola gagal melewati gawang (gate) maka bola dikembalikan ke pemain dan pemain tidak mendapatkan kesempatan memukul lagi, dan harus kembali beris berdiri di belakang. Namun bila bola berhasil melewati gate, maka pemain mendapat kesempatan satu kali pukulan lagi.

Out Ball

Cara Terbaik Bermain Gateball
Out ball atau bola keluar dari area lapangan
Out ball pada permain gateball yaitu apabila bola yang kita pukul/spark keluar dari garis lapangan. Jika itu terjadi pemain hanya boleh memukul bola untuk masuk kembali ke lapangan pada kesempatan memukul berikutnya.

Pada bola yang out ball tadi ketika masuk ke lapangan tidak boleh mengenai bola yang ada di dalam lapangan, jika itu terjadi maka pelanggaran. Dan bola yang dari luar tadi juga tidak boleh langsung dipukul masuk/melewati gate, jika itu terjadi pemain tetap tidak mendapatkan poin.

Touch dan Sparking

Teknik touch dan sparking dalam gateball ini sangatlah penting untuk Anda kuasai.

Apa itu Touch? Disebut touch adalah ketika bola yang Anda/pemain pukul mengenai (menyentuh/menabrak) bola lain (bola lawan atau tim), maka itu disebut dengan Touch.
Cara Terbaik Bermain Gateball
Touch atau pukulan mengenai bola lawan
Dan bila kedua bola tadi masih dalam garis permainan. maka pemai mendapatkan kesempatan untuk melakukan sparking.

Apa itu Sparking? Sparking dalam gateball adalah apabila bola yang tersentuh, maka bola Anda boleh diinjak tepat pada tempat bola Anda berhenti. Kemudia letakkan bola yang tersentuh tadi, dan tempelkan pada bola Anda, untuk arahnya terserah Anda mau diarahkan keluar lapangan sebelah mana. Usahakan yang jauh dari gate.
Cara Terbaik Bermain Gateball
Cara Terbaik Bermain Gateball
Cara Terbaik Bermain Gateball
Urutan melakukan sparking yang benar

Kemudian pukulah bola Anda sehingga bola yang bersentuhan tadi bergerak, lalau angkat kaki Anda dari bola.

Jika teknik sparking berhasil, maka Anda akan mendapatkan kesempatan memukul bola satu kali lagi.

Keterampilan Team Gateball

Berbicara keterampilan tim gate ball sama artinya kita berbicara mengenai teknik cabang olahraga gateball itu sendiri. Dimana masing-masing pemain harus menguasi teknik dasar bermain gateball. Seperti cara memegang pemukul, teknik mengumpan, dan teknik sparking.

Mengumpan adalah menempatan atau memposisikan bola pada posisi yang relevan atau bermanfaat untuk pemain tim berikutnya. Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar di bawah ini. Dimana harapannya adalah bola nomor 1 dapat berhenti diantara kedua bola nomor 3 dan 5. Sehingga bola 3 dapat mengenai bola 1 dan dapat melakukan sparking ke arah yang lebih menguntungkan (ke arah gate) atau arah bola 5. Sehingga jarak bola akan semakin pendek dan lebih menguntungkan untuk tim kita.

Cara Terbaik Bermain Gateball

Dengan melakukan sparking yang bagus, maka kita dapat mengirimkan bola teman satu tim ke posisi yang bagus (menguntungkan). Lihat gambar di bawah.

Cara Terbaik Bermain Gateball

Sparking juga bisa digunakan untuk mengirim boal teman lebih dekat ke bola lawan, dimana tujuannya aagr lebih mudah mematikan bola lawan. Mengeluarkan bola lawan dari area/garis lapangan gateball.

Cara Terbaik Bermain Gateball

Jika bola yang dipukul dapat melewati gawang (gate tsuka) dan sekaligus menyentuh bola lawan, setelah melewati gate, maka bola/pemain tersebut mempunyai dua kali kesempatan untuk memukul setelah melakukan sparking dengan benar. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah.

Cara Terbaik Bermain Gateball

Dan jika bola yang Anda pukul mempu mengenai dua bola sekaligus, maka Anda masih mendapatkan dua kali kesempatan memukul setelah melakukan dua kali sparking dan ini biasa disebut dengan double touch. Lihat gambar di bawah.

Cara Terbaik Bermain Gateball

Nah itulah penjelasan mengenai cara bermain gateball dengan baik. Semoga artikel tentang olahrga gate ball ini bermanfaat buat kita semua. Jangan lupa share ya.


Sumber: gateball wordpress

Related Posts

0 Komentar untuk Cara Terbaik Bermain Gateball