Macam-Macam Senam Beserta Penjelasannya Dengan Gambar

Artikel Unggulan

Kombinasi Latihan Otot yang Benar | Zona Pelatih

Zonapelatih.net - Bagi Anda yang ingin menjalankan program fitnes, lebih baik Anda belajar dan memahami kombinasi latihan otot yang benar ...

Macam-Macam Senam Beserta Penjelasannya Dengan Gambar
Penulis WW

Macam-Macam Senam Beserta Penjelasannya Dengan Gambar

Jenis-Jenis senam dan penjelasannya - Senam merupakan salah satu olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Olahraga senam banyak digemari dikarenakan beberapa nomor senam dapat dilakukan dengan cara yang sederhana dan tanpa membutuhkan alat bantu khusus maupun tempat khusus. Aktivitas senam dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja (di darat maupun di air).

Atau jika Anda ngin sekali mendapatkan manfaat yang baik dari olahraga senam, Anda bisa melakukan rutinitas senam dalam 3 kali seminggu. Dan Anda juga bisa mendapatkan latihan senam dengan gratis, jika ikut acara senam yang diadakan oleh beberapa instansi atau perusahaan di daerah sekitar lingkungan Anda.
Macam-Macam Senam Beserta Penjelasannya Dengan Gambar - zonapelatih


Pengertian senam atau gymnastik adalah suatu aktivitas yang sangat baik yang berguna untuk mengoptimalkan pertumbuhan tubuh dan juga mengembangkan gerak motorik pada anak-anak. Gerakan di dalam olahraga gymnastik dapat merangsang perkembangan otot, kekuatan serta daya tahan otot dalam seluruh bagian badan kita.

Kata senam berasal dari bahasa Yunani Gymnos yang mempunyai arti tel*nj*ng. Ini berkaitan dari segi teori dimana gerakan senam membutuhkan baju yang ringan (pakai khusus senam) agar gerakan dapat dilakuka dengna leluasa. Selain itu manfaat lain dari olahraga senam adalah berpengaruh besar pada perkembangan gerak yang kompleks untuk aktifitas fisik cabang olahraga yang lain, khususnya dalam hal bagaimana seseorang dapat mengatur tubuh bergerak secara efektif dan efisien.

Dalam melakukan gerakan aktivitas senam/gymnastik ada yang menggunakan alat khusus dan juga ada yang tidak mengguanakan alat satupun. Dan bagi senam yang menggunakan alat, alat tersebut harus memenuhi kualitas standar internasional. Dimana ketenetuan tersebut sudah diatur pada technical "regulation federation internationale de gymnastique dan anggaran dasar dan rumah tangga Persani".

Persani adalah induk organisasi cabang olahraga senam di Indonesia. Dan untuk induk organisasi senam internasional adalah FIG (Federation Internationale de Gymnastique).

Macam-Macam Senam dan Pengertiannya

Banyak sekali jenis senam yang ada di dunia ini. Namun yang paling umum dan dipelajari adalah senam lantai dan senam aerobik. Ini dikarenakan kedua jenis senam tersebut masuk pada mapel PJOK dapa jenjang sekolah. Padahal masih banyak macam senam/gymnastik lainnya, seperti senam akrobatik, senam artistik, senam trampolin dan lainnya.

Dalam melakukan senam hal yang paling berpengaruh dan menentukan adalah kualitas kelentukan, keseimabngan tubuh serta kelincahan yang dimiliki seseorang. Karena gerakan senam sangat membutuhkan keserasian gerakan fisik yang teratur dan seirama.

FIG merupakan induk organisasi senam dunia telah mengelompokkan senam menjadi 6 kelompok yaitu:

  • Senam Artistik (artistic gymnastic)
  • Senam Ritmik Sportif (sportive rhytmic gymnastics)
  • Senam Aerobic Sport (sport aerobics)
  • Senam Akrobatik (acrobatic gymnasic)
  • Senam Trampoline (trampolining)
  • Senam Umum (general gymnastic)


Nah penjelasan tiap tiap item tersebut akan dipaparkan oleh zonapelatih di bawah ini. Sehingga silahkan disimak dengan seksama ya!

Pengetian Jenis-Jenis Senam Beserta Contohnya


1. Senam Artistik (artistic gymnastic)

Pengetian senam artistik merupakan salah satu senam paling populer pada olimpiade olahraga. Seperti pada Sea Games, Asian games maupun Olimpiade. Padahal pada awalnya olaharaga senam artistik ini dilakukan hanya untuk menjadikan tubuh menjadi lebih baik dan sehat. Namun semakin kesini senam artistik ini menjadi populer dan diperlombakan.

Senam artistik adalah sanam yang memadukan aspek tumbling serta akrobatik dari beberapa gerakan yang dilakukan dengan menggunakan alat bantu. Dan pada perlombaaan senam artistik putra memperebutkan 8 nomor perlombaan yang terdiri dari beregu artistik putra, perseorangan seluruh alat dan seorangan peralat.

Jenis senam artistik ini terdiri dari beberapa cabang yaitu:

1.1 Senam Lantai (Floor Exercise)

Senam lantai atau biasa disebut dengan floor exercise adalah senam yang gerakannya dilakukan di atas lantai yang beralaskan matras. Gerakan senam lantai dilakukan pada zona berukuran 12 meter persegi. Aktivitas senam lantai ini ada yang dilakukan dengan alat khusus dan juga tanpa alat.

Senam lantai sendiri terdiri dari beberapa macam gerakan, diantaranya yaitu:

a. Rol depan - Rol depan dapat dilakukan dengan dua sikap awal. Guling ke depan dengan sikap awal jongkok dan guling ke depan dengan sifat awal berdiri.

Berikut adalah langkah-langkah rol depan yang benar :

  • Berdiri tegak, kedua tangan lurus disamping.
  • Bungkukkan badan lalu letakkan telapak tangan di atas matras.
  • Letakkan siku mengarah ke samping dan masukkan kepala di antara dua tangan.
  • Tempelkan bahu di matras.
  • Berguling lah ke depan.
  • Lipat kedua lutut, tarik dagu dan lutut ke dada dengan tangan merangkul lutut.
  • Sikap akirnya adalah jongkok kemudian kembali berdiri tegak.

b. Rol belakang - Rol belakang sedikit lebih sulit daripada rol depan. Pada rol belakang ini badan digulingkan ke belakang. Kaki dilipat, lutut menempel di dada dan dagu menyentuh dada. Berikut adalah langkah langkah senam lantai rol belakang secara detail.

  • Jongkok, posisikan kedua telapak tangan ke belakang leher hingga kedua siku tangan menekuk menghadap atas, dan tempelkan dagu dan lutut ke arah dada.
  • Guling badan ke belakang hingga bahu menempel pada matras, dan posisi lutut dan dagu tetap berada menempel pada dada.
  • Setelah bahu dan kedua telapak tangan menyentuh matras, jatuhkan ujung kaki ke belakang kepala.
  • Dorong lengan ke atas dan berjongkok dengan lengan lurus ke depan.

c. Lompat harimau – Lompat harimau memiliki sikap awal berdiri tegak dan sikap lari. Jarak pengambilan awalan pada lompat harimau beragam tergantung ketinggian penanda yang ada.
Macam-Macam Senam Beserta Penjelasannya Dengan Gambar

d. Headstand – Gerakan headstand juga termasuk senam lantai. Headstand adalah posisi keseimbangan yang mengandalkan kekuatan otot lengat dan leher. Berikut adalah langkah – langkah headstand secara detail.

  • Berdiri dengan posisi badan tegak.
  • Bungkuk badan ke depan dengan telapak tangan menyentuh matras.
  • Tekuk kedua tangan hingga dahi menyentuh matras.
  • Dorong tubuh  hingga kedua tungkai terngkat ke atas secara bersamaan satu persatu. Busurkan punggung ke depan agar badan anda tidak jatuh mengguling ke depan.
  • Sikap akhir kembali berdiri tegak.

e. Handstand – Berbeda dengan headstand, handstand adalah sikap tegak bertumpu pada kedua tangan, kedua kaki rapat dan lurus ke atas. Handstand lebih baik dilakukan di atas landasan yang keras agar mudah tumpuannya.

Berikut adalah langkah – langkah melakukan gerakan handstand

  • Berdiri tegak dengan salah satu kaki di depan.
  • Bungkukkan badan dengan tangan meyentuh matras selebar bahu.
  • Pandangan sedikit ke depan lalu dorong pantat seringgi-tingginya.
  • Ayunkan tungkai belakang ke atas, kencangkan otot perut.
  • Kedua tungkai rapat dan lurus serta segaris dengan badan , pandangan berada di tumpuan tangan.

e. Kayang – Kayang juga termasuk salah satu gerakan senam lantai yang banyak dikenal oleh masyarakat. Kayang adalah posisi kaki bertumpu dengan empat tumpuan dalam keadaan terbalik dengan meregang dan mengangkat perut. Manfaat sebenarnya dari kayang adalah meningkatkan kelentukan bahu, bukan kelentukan pinggang.

f. Sikap lilin – Selanjutnya yang terakhir adalah sikap lilin. Untuk mengawali sikap lilin, biasanya dilakukan dengan sikap tidur telentang yang kemudian dilanjutkan dengan mengangkat kaki dengan rapat secara bersama-sama. Pinggang ditopang oleh kedua tangan dan pundak anda tetap menempel pada lantai. Tujuan dari olahraga senam khususnya senam lantai adalah memberi kesehatan bagi anda. Selain itu agar dapat menambah kelincahan dan kelenturan tubuh anda. Senam lantai juga banyak digandrungi oleh kaum wanita karena dapat membuat anda menjadi awet muda.
Macam-Macam Senam Beserta Penjelasannya Dengan Gambar

1.2 Kuda Pelana (Pommel Horse)

Kuda pelana adalah nomor yang paling sukar dilakukan pada senam artistik putra. Rangkaian pada gerakan senam katagori kuda pelana ini dirancang dari gerakan dimana bagian bawah tubuh membuat gerakan melingkar secara kontinu (terus menerus).

Gerakan melingkar ini dibedakan menadi 2, yaitu gerakan flank (double leg circle dan gerakan thomas flair). Alat kuda pelana pun dibagi menjadi 3 tiga bagian yaitu ujung-ujung kuda, pelana itu sendiri serta bagian antara kedua pelana. Ciri utama dalam nomor senam artistik kuda pelana adalah sangat banyak membutuhkan keseimbangan serta kekuatan otot tubuh yang bagus.

1.3 Gelang-Gelang (Rings)

Gelang-Gelang (Rings) zonapelatih
Gelang-gelang merupakan alat senam yang berupa dua lingkaran dimana para pesenam dengan bebas menggantung di lingkaran tersebut. Kedua lingkaran ini dihubungkan dengan tali sehigga dapat digunakan untuk berayun.

Untuk memegang rings (gelang-gelang) tersebut ada dua cara yaitu menggunakan pegangan regular grip dan juga false grip. Pegangan regular grip yaitu dimana gelang-gelang bagian bawahnya digenggam dengan jari-jari dan ibu jari melingkar dengan posisi lurus. Sedangkan pegangan false grip yaitu menunjukkan sika pegangan pada gelang mengggunakan telapak tangan.

Pada jenis gantungan gelang-gelang dibedakan menjadi 3. Jenis gantungan pertama yaitu gantungan biasa atau regular hang dan yang kedua yaitu gantungan menyudut atau basket hang. Pada gantungan menyudut ini dilakukan dengan menempeltkan tungkai sejajar dengan lantai diatas badan dengan posisi menyudut. Dan jenis gantungan yang ketiga adalah gantungan terbalik atau inverted hang, dimana posisi badan diluruskan ke atas sehingga kaki berada di atas dan kepala berada di bawah.

1.4 Kuda Lompat (Vaulting Horse)

Kuda Lompat (Vaulting Horse)
Senam artistik nomor kuda lomapt ini merupakan senam yang dianggap paling simpel dari nomor-nomor senam artistik lainnya. Alat kuda-kudaan ini dilapisi kulit namun tanpa menggunakan pelana. Dan untuk pria tinggi kuda kudanya mempunyai ketinggia 135 cm diukur dari lantai. Peraturan yang digunakan baik pada nomor putri maupun nomor putra tidak boleh mengambil ancang-ancang lebih dari 25 meter.

1.5 Palang Sejajar (Parallel Bars)

Nomor senam palang sejajar ini hanya akan digunakan untuk memperkuat otot-otot lengan karena gerakannya yang menarik dan menekan. Namun pada perkembangannya saat ini digunakan untuk melatih latihan ayunan. Dan biasanya jika pesenam mempunyai bahu yang lentur maka dapat dipastikan bahwa pesenam tersebut bagus dalam nomor palang sejajar ini.

1.6 Palang Tunggal (Horizontal Bars)

Palang tunggal adalah salah satu nomor pada senam artistik yang cukup menarik dan menantang. Ayunan serta lingkaran membuat nomor ini semakin populer untuk kalangan para pesenam. Untuk penilaiannya punsdikit unik, dimana jika gerakan dilakukan secara terburu-buru maka akan mengakibatkan nilai berkurang. Untuk panjang palang senam ini adalah panjangnya 2,4 meter dan tingginya 2.55 meter.

Sedangkan pada senam artistik putri, jenis-jenis senam yang dipertandingkan adalah :

Kuda lompat ( Vaulting horse)

Palang bertingkat ( Uneven Bars), berupa palang bertingkat pada dasarnya sama dengan palang sejajar di senam artistic pria. Untuk menghindari penggunaan tenaga yang lebih bagi nomor wanita maka palang sejajar diubah menjadi palang bertingkat dengan palang yang diatas 2.30 m dan yang lain 1.5 m.

Balok keseimbangan ( Balance Beam), berupa rangkaian pada balok keseimbangan adalah memutar, meliuk, keseimbangan dan sebagainya dalam pola yang berirama. Balok berukuran panjang 5 meter, lebar 10 cm dan tebal 16 cm. Ketinggian balok dengan lantai adalah 1.2 meter.
Senam lantai (Floor exercise)

2. Senam Ritmik

Senam ritmik adalah senam yang pada awalnya berasal dari senam irama, sehingga dapat dikompetisikan dalam pertadingan/perlombaan. Komposisi gerakan diantaranya melalui lantunan irama usik dalam menghasilkan gerakan-gerakan tubuh dan alat yang artistic menjadi ciri dari senam rtimik sportif ini.

Senam ritmik sportif ini dalam perlombaan memeperbutkan 6 nomor perlombaan yang terdiri dari:

  • Beregu ritmik
  • Perseorangan seluruh alat
  • Perseorangan per alat

Alat-alat yang digunakan pada senam ritmik sportif ini antara lain, bola (ball), pita (ribbon), tali (rope), simpai (hoop) dan gada (clubs).

3. Senam Aerobik Sport

Senam aerobic sport merupakan sebuah pengembangan dari senam aerobik. Dimana harapannya supaya bisa diikutkan dalam pertandingkan. Selain itu gerakan senam aerobic sport ini mengandung beberapa unsur gerakan seperti, olahraga akorbat,s enam ritmik, bersamaan dengan musik, tari serta koreografi.

Senam aerobic sport sendiri memperebutkan 4 nomor perlombaan yaitu:

  • Nomor tunggal putra
  • Nomor tunggal putri
  • Mix/kopel
  • Trio

4. Senam Akrobatik

Senam akrobatik adalah senam yang mengandalkan gerakan dinamis antara gerakan akrobatik dan tumbling. Sehingga gerakan akan banyak menggunakan salto dan gerakan memutar dan diakhir gerakan pesenam harus mendarat di beberapa tempat yang sulit.

Senam akrobatik adalah senam dengan menampilkan gerakan yang luar biasa yang melibatkan unsur keseimbangan, ketangkasan serta koordinasi motorik yang baik. Pada senam akrobatik ini para pesenam melakukan tiga gerakan kotinu/rutinitas yaitu:

Rutin keseimbangan, yaitu gerakannya fokus pada kekuatan, ketenangan, dan fleksibilitas.
Rutin dinamis, merupakan gerakan melempar, jungkir balik dan menangkap.
Rutin gabungan adalah gerakan gabungan dari unsur keseimbangan da gerakan dinamis.

5. Senam Trampolin

Senam trampoline dalah olahraga senam dimana pesenam melakukan gerakan-gerakan akrobat sambil memantul pada alat trampolin. Gerakan senam trampolin ini seperti melompat sederhana di sebuah tombak, lipatan atau posisi mengangkang. Sedangkan untuk kombinasi yang lebih kompleks pesenam menggunakan gerakan jungkir balik maju atau mundur dan tikungan.

Trampolin sendiri adalah sejenis alat pantul yang terbuat dari rajut kai yang dipasang pada kerangka besi, berbentuk segi empat atau bulat, sehingga mempunyai daya pantul yang kuat dan besar.

6. Senam Umum

Senam umum adalah salah satu jenis senam diluar kelima nomor senam datas. Model senam seperti ini sangat mudah berkembang si masyarkat kita. Dan penanganannya tidak berkaitan dengan Induk Persani.

Bentuk serta ragam jenis senam umum ini bayak berkembang di masyarakat antara lain:
Senam irama, senam jantung sehat, senam ayo bersatu dan senam kesegaran jasmani.

Senam umum adalah olahraga senam yang melibatkan kinerja latihan yang membutuhkan unsur kekuatan fisik, flesibilitas, kekuatan, kelincahan, koordinasi, keseimbangan dan kontrol gerak yang baik. Salah satu senam umum yang populer adalah senam SKJ (senam kesegara jasmani)
Nah itulah pembahasan mengenai Macam-Macam Senam Beserta Penjelasannya Dengan Gambar. Dimana banyak sekali macam-macam senam dan nomor yang dipertandingkannya. Selain itu  dengan melakukan senam secara rutin dan teratur akan mendapatkan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. 
Advertisement

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang yang menyukai tentang dunia olahraga dan lebih condong ke cabang sepakbola dan futsal.

0 Response to "Macam-Macam Senam Beserta Penjelasannya Dengan Gambar"