Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Ukuran Kolam Renang Standar Nasional Internasional dengan Gambar serta Penjelasannya - Cabang olahraga renang adalah salah satu jenis olaharaga akuatik yang menyehatkan, karena ketika kita berenang seluruh anggota badan kita akan bergerak (semua otot kita jadi bekerja). Mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki akan merasakan pergerakan ketika kita renang. Dan ini bagus untuk kesehatan badan kita.

Olahraga renang juga termasuk olahraga yang dilombakan dalam kejuaraan Olimpiade, PON maupun pada Sea Games. Selain itu renang juga masuk dalam materi pelajaran PJOK di sekolah.

Ukuran Resmi Kolam Renang Standar Nasional Internasional

Federasi atau induk organisasi Renang Internasionalnya adalah FINA (Fédération Internationale de Natation), sedangkan untuk induk organisasi Renang Nasionalnya adalah Persatuan Renang Seluruh Indonesia dan biasa disingkat menjadi PRSI.

Dalam cabang renang juga mempunyai peraturan seperti olahraga lainnya. Seperti "ukuran kolam renang serta jumlah lintasan kolam renang" juga sudah diatur oleh induk federasi masing-masing. Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya dalam perlombaan tingkat Nasional atau Internasional tidak ada yang merasa dirugikan dan semua atlet sama semua.

Ukuran Kolam Renang Standar Nasional Internasional dengan Gambar dan Penjelasannya


Nah bagi Anda yang ingin membuat kolam renang dengan ukuran mengikuti standar kejuaraan nasional maupun internasional, kali ini zonapelatih akan jelaskan di bawah ini.


Ukuran dan Jumlah Lintasan Kolam Renang yang Sesuai Standar Nasional Internasional


A. Ukuran Kolam Renang Standar Nasional:

  • Panjang kolam renang adalah 50 meter.
  • Lebar kolam renang adalah 25 meter.
  • Kedalaman kolam renang batas minimum adalah 2 meter.
  • Labar lintasan pada kolam renang adalah 2,5 meter.
  • Jumlah lintasan pada kolam renang adalah berjumlah 8.
  • Temperatur/suhu air pada kolam renang adalah 25° C – 28° C.


B. Ukuran Kolam Renang Standar Internasional:

  • Panjang kolam renang adalah 50 meter.
  • Lebar kolam renang adalah 25 meter.
  • Labar lintasan pada kolam renang adalah 2,5 meter.
  • Jumlah lintasan pada kolam renang adalah berjumlah 8.
  • Temperatur/suhu air pada kolam renang adalah 25° C – 28° C.


Untuk kedalaman kolam minimum adalah 1,35 meter. Dihitung mulai dari 1,0 meter pertama pada lintasan pertama sampai paling sedikit 6,0 meter dihitung mulai dari dinding kolma renang yang dilengkapi dengan balok star. Sedangkan kedalaman minimun pada bagian lainnya adalah 1,0 meter.

Catatan : Jika kejuaraan renang dilakukan pada malam hari, maka pencahayaannya diatur pada angka 1500 lumen.


Ukuran kolam renang di atas adalah kolam renang yang sudah memenuhi aturan serta syarat untuk dipergunakan sebagai ajang tempat atau arena olahraga kejuaraan renang secara resmi dan sesuai dengan standar FINA. Kalau untuk ukuran tribun ataupun bangunan GOR bisa menyesuaikan dengan desain atau luas tanah itu sendiri. Yang terpenting dan diutamakan adalah keamanan serta keselamatan para atlet dan pengguna kolam renang terjamin.

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Ukuran Resmi Kolam Renang Standar Nasional Internasional