Tips Memulai Latihan Pasca Cidera | Zonapelatih

Artikel Unggulan

Beberapa Jenis Olahraga Untuk Penderita Diabetes

Penyakit diabetes (diabetes melitus) adalah penyakit jangka panjang atau kronis yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula/glukosa yang t...

Tips Memulai Latihan Pasca Cidera | Zonapelatih
Penulis WW

Tips Memulai Latihan Pasca Cidera | Zonapelatih

Tips Memulai Latihan Pasca Cidera -  Cedera merupakan momok bagi para olahragawan, entah itu sepakbola, pelari, binara ataupun atlet cabang lainnya. Karena cidera terkadang membutuhkan proses penyembuhan yang lama (sesuai dengan tingkat keparahannya) dan tidak boleh asal-asalan dalam penanganannya. Karena jika asal-asalan penanganan cidera, maka akan membuat cidera lebih parah dan bisa beakibat fatal. Oleh karena itu jika Anda mengalami cidera, maka bawalah ke tempat ahalinya agar mendaptkan pengobatan yang baik dan benar.

Namun kali ini zonapelatih tidak akan membahas mengenai pengobatan ataupun penanganan cidera, karena akan lebih fokus ke panduan memulai latihan pasca cidera sesuai dengan judul artikel ini. Karena zonapelatih sudah banyak mengupas tentang cara mengobati cedera engkel, lutut dan lain-lain. Dan kali ini akan kita bahas mengenai tips memulai latihan setelah cidera agar bisa  kembali latihan seperti biasanya.

Tips Memulai Latihan Pasca Cidera | Zonapelatih

Tips Memulai Latihan Setelah Cidera

Berikut zona pelatih sampaikan panduan lengkap mengenai bagaimana cara memulai latihan pasca cedera yang baik. Dimana Anda baru sembuh dari cidera.

1. Lakukan pemanasan yang benar

Sebelum massuk ke latihan inti (berat) terlebih dahulu Anda lakukan pemanasan yang cukup. Selalu ingat setiap orang proses pemanasan berbeda-beda. Ada yang hanya dengan berlari keliling lapangan saja badan sudah dalam kondisi siap untuk aktivitas yang lebih.

Sehingga disini Anda sendiri harus bisa mengukur diri sendiri, apakah pemanasan yang saya lakukan sudah cukup atau belum.


2. Jangan memaksakan diri ikut latihan

Setelah Anda melakukan pemanasan, jangan langsung ikut menu latihan teman-teman Anda. Jika Anda mempunyai seorang pelatih, Anda bisa minta program latihan khusus pemain pasca cidera dan ini lebih saya anjurkan.

Sehingga program latihan tetap bisa Anda ikuti tanpa membuat semakin parah cidera Anda. Karena terkadang Anda sudah meras sembuh dan fit untuk berlatih, padahal cideranya belum benar-benar sembuh total. Dan pada akhirnya Anda harus mengalami rasa sakit yang lebih dan harus beristirahat lebih lama lagi.

3. Lakukan jogging

Jika memungkinkan cukuplah Anda latihan jongging saja, sambil meraba-raba apakah benar cidera sudah sembuh total. Dan jika belum paling tidak Anda tetap bisa latihan daya tahan endurance dengna latihan jogging.

4. Lakukan maintanance

Maintanance atau latihan penguatan, meski sedang cidera atau pasca cidera cobalah tetap lakukan latihan penguatan pada otot yang cidera.

5. Lakukan pendinginan yang efektif

Setalah melakukan latihan atau jogging Anda wajib melakukan pendinginan. Supaya Anda dapat membuang asam laktat dan tidak mengumpul pada otot. Sehingga otot bisa rileks. Karena jika asam laktak menumpuk dapat mengakibatkan nyeri pada otot dan membuat mudah cidera. Selain itu jika asam laktak menumpuk banyak (akumulasi dari setiap proses latihan) akan membuat detak jantung sekain cecepat dan mudah kelelahan.

Nah untuk itulah artikel Tips Memulai Latihan Pasca Cidera kita bahas, agar kita semakin paham pentingnya membuat program latihan dan agar mudah mendapatkan manfaatnya. Dan tentunya Anda akan semakin enjoy berlatih meski aru sembuh dari cidera.
Advertisement

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang yang menyukai tentang dunia olahrag dan lebih condong ke cabang sepakbola dan futsal.

0 Response to "Tips Memulai Latihan Pasca Cidera | Zonapelatih"