Penjelasan Macam Macam Gaya Renang dan Cara Melakukannya
Penjelasan Macam Macam Gaya Renang dan Cara Melakukannya
Penulis wiwa coret

Penjelasan Macam Macam Gaya Renang dan Cara Melakukannya

Penjelasan macam-macam gaya renang beserta teknik cara melakukannya - Olahraga renang adalah salah satu olahraga akuatik (air) yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Mengapa renang dapat menyehatkan tubuh? Alasannya yaitu karena ketika kita berenang seluruh anggota tubuh kita begerak, sehingga cabang olahraga ini merupakan slah satu olahraga yang komplek untuk membantu menyehatkan selutuh tubuh kita. Namun agar kita dapat merasakan semua manfaat dari renang kita harus mampu menguasai teknik-teknik renang agar kita tidak tenggelam.

Agar dapat menguasai teknik renang kita harus mempelajari terlabih dahulu macam-macam gaya renang yang ada. Supaya kita akan lebih mudah dalam belajar dan melakukan latihan gaya renang tersebut.

Penjelasan macam macam gaya renang dan cara melakukannya

Macam Macam Gaya Renang Beserta Teknik Melakukannya


Dalam renang terdapat beberapa macam gaya renang yang bisa Anda pelajari. Pilihalah gaya renang yang sesuai dengan kemampuan awal Anda, setelah bisa lannjut ke gaya renang lainnya. Ada yang bilang gaya renang ada 10 macam gaya, namun yang akan zona pelatih akan jelaskan hanya 6 gaya yang umum orang menyebutnya. Meski pada perlombaan hanya 4 gaya yang paling sering dipertandingankan. Nah inilah beberapa jenis gaya renang yang bisa Anda coba.

Macam macam gaya renang:

  • Gaya Dada
  • Gaya Bebas
  • Gaya Punggung
  • Gaya Kupu Kupu
  • Gaya Samping
  • Gaya Anjing



Setelah Anda mengetahui jenis gaya renang diatas, saatnya zona pelatih jelaskan bagaimana teknik gaya renang tersebut. Agar Anda bisa mencoba dan berlatih melakukan gaya-gaya renang tadi.

Macam Macam Gaya Renang beserta Penjelasan Teknik Melakukannya


1. Gaya Renang Dada

Penjelasan macam macam gaya renang dan cara melakukannyaPenjelasan macam macam gaya renang dan cara melakukannya

Pengertian renang gaya dada (breast stroke) atau biasa disebut dengan gaya katak adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, namun sangat berbedda dari gaya bebas, dimana batang tubuh selalu dalam keadaan tetap. Gerakan kedua kaki menendang ke arah luar, sementara itu kedua tangan lurus di depan. Ketika kedua tangan dibuak kesamping seperti gerakan membelah air berbentuk "love" supaya badan bergerak maju lebih cepat. Pada intinya gerakan tubuh menyerupai gerakan katak sedang berenang, oleh karena hal itu gaya dada inilah biasa disebut dengan gaya katak. Dna agar dapat melakukan gaya renang dada dengan baik dan benar Anda harus dapat menguasai teknik pernapasan serta teknik melakukannya.


Teknik Renang Gaya Dada Yang Benar

Teknik renang gaya dada (gaya katak) adalah teknik yang digunakan oleh perenang dalam gaya renang dada supaya dapat melakukan renang gaya dada yang baik dan benar. Karena gaya dada ini sering diperlombakan.

Latihan gerakan meluncur pada renang gaya dada

Gerakan meluncur merupakan teknnik yang wajib dikuasai oleh atlet renang. Karena langkah pertama (meluncur) merupakan teknik penting dalam berenang. Dengan menguasai teknik melucur ini akan mampu menghilangkan rasa takut ketika berada di dalam air kolam.

Berikut cara meluncur pada renang gaya dada:
  • Ambilah posisi dengan berdiri di pinggir kolam dengan menggunakan salah satu kaki menempel pada dinding kolam renang.
  • Posisikan badan agak membungkuk sehingga sejajar dengan permukaan air kolam, selanjutnya kedua tangan diluruskan dan menghimpit kedua telinga Anda.
  • Kaki yang menempel pada dinding tadi ditolakkan dengan sekuat tenaga, agar badan terdorong dan meluncur ke depan.
  • Setelah itu kedua lengan dan kaki lurus, sehingga jika dilihat makan tangan, badan dan kaki lurus horisontal dengan permukaan air.
  • Posisi badan berada di permukaan air (stream line) dengan tubuh lurus serta tetap menjaga keseimbangan. Jangan lupa rasakan badan Anda benar-benar meluncur ke depan.

Latihan gerakan kaki pada renang gaya dada

Untuk melatih gerakan kaki renang dada/katak Anda bisa memperhatikan langkah-langkah di bawah ini:
  • Posisikan badan tengkurup ataupun telungkup dada menghadap ke permukaan air.
  • Berpeganglah pada pegangan yang ada di dinding kolam renang.
  • Posisi keplada silahkan berada pada permukaan air serta kedua kaki lurus dengan tubuh.
  • Kemudian kedua kaki ditarik ke samping kemudian kedua kaki diluruskan lagi (gerakan seperti gerakan kaki katak ketika berenang).
  • Buatlah lecutan ketika kaki ditutup.
  • Usahakan pergelangan kaki tepa rileks.
  • Lakukan gerakan tersebut berulang kali, sampai Anda menguasainya dengan benar.


Latihan gerakan tangan gaya katak

Latihan gerakan tangan pada gaya dada bisa Anda coba dengan mengikuti cara-cara di bawah ini:
Silahkan kedua kaki diletakkan di dinding kolam renang.
Kedua tangan diluruskan serta posisi kepala keluar dari permukaan air.
Kemudian kedua tangan ditarik bersama-sama ke arah dada bawah sambil telapak tangan dibuka dan mengayuh air.

Latihan mengambil napas pada gaya dada

Latihan pernafasan pada renang gaya dada ini dapat Anda coba ketika kedua tangan melakukan gerakan "love" aau ketika kedua tangan ditarik ke bawah samping dada. Saat itulah kepala nongol di atas permukaan air dan hiruplah udara. Kemudian ketika tangan sudah lurus ke depan keluarkan perlahan di dalam air (bisa lewat mulut ataupun hidung).

Nah dengan ini Anda sudah mulai paham mengenai penjelasan renang gaya dada.

2. Gaya Renang Bebas

Penjelasan macam macam gaya renang dan cara melakukannya

Pengertian renang gaya bebas atau disebut gaya craw adalah teknik berenang yang menggunakan kebebasan tangan dan kaki untuk melakukan gerakan renang supaya badan kita dapat meluncur ke depan dengan cepat. Namun meski disebut gaya bebas, teknik renang gaya bebas ini tetaplah mempunyai peraturan yang harus ditaati. Ketika mempraktekkan gaya ini posisi badan barada di permukaan air (stream line), tangan mengayuh ke depan dan kaki menendang atau seperti melakukan gerakan seperti menggunting.

Teknik renang gaya bebas

Ada beberapa teknik renang gaya bebas yang harus sahabat zonapelatih kuasai agaar hasilnya benar dan dapat melajua dengan cepat. Berikut cara melakukan teknik dasar renang gaya bebas:

Gerakan meluncur renang gaya bebas

Gerakan pertama yang harus Anda kuasi adalah gerakan meluncur denga baik dan benar, maka dari itu mulailah dengan latihan yang benar dengan cara sebagai berikut.

  • Berdiri di kolam renang yang mempunyai kedalaman setinggi dada.
  • Bungkukkan badan ke depan, sehingga posisi wajah berada di dalam air.
  • Kedua tangan di luruskan ke depan, kaki tekuat ditekuk dan telapak kakai menempal pada dinding kolam.
  • Selanjutnya doronglah kaki sekuat tenaga supaya tubuh terdorong dan meluncur ke depan. Dengan posisi tangan badan dan kaki lurus sejajaar.
  • Pertahankan posisi meluncur hingga Anda rasakan dorongan/gerakan meluncur menjadi pelan.
  • Lakukan pengulangan gerakan meluncur hingga ANda merasa nyaman dan benar.


Gerakan tangan renang gaya bebas

Pada renang gaya renang gaya bebas gerakan lengan tangan dilakukan secara bergantian antara tangan kanan dan kiri. Gerakan tangan inilah yang akan membantu paling besar dalam mendorong badan ke dapan. Cara melakukan latihan gerakan tangan gaya bebas sebagai berikut:

  • Beridirlah di dalam kolam renang yang airnya setinggi dada/pinggang Anda.
  • Bungkukkan badan dan lurusk kedua tangan hingga sejajar dengan permukaan air.
  • Kemudian gerakan tangan kanan ke bawah lalu mengarah ke dada dan keluar dari samping dada. Dengan tangan ditekuk dan muncul kepermukaan air hingga lurus ke depan (seperti posisi awal) dan dilanjutkan dengan gerakan tangan kiri.
  • Lakukan gerakan secara bergantian antara tangan kanan dan tangan kiri secara kontinu, gerakan jangan terputus-putus.


Gerakan kaki renang gaya craw

Dalam renang gaya bebas gerakan kaki juga mendukung kecepatan melajunya badan ke deapan, meski tidak sebanyak dengan geakan tangan, namun gerakan kaki harus tetap dilatih.

Gerakan kaki pada renang gaya bebas yaitu gerakan kakinya naik turun seperti ketika Anda menggunting. Pada gerakan kaki ini, gerakan kaki digerakan oleh pangkal paha Anda, sehingga lutut tidak boleh ditekuk.

Cara bernapas dalam renang gaya bebas

Pernapasan pada gaya bebas ini termasuk yang tersulit dibandingkan dengan perngambilan napas pada renang gaya lainnya (gaya kupu kupu, gaya dada dan gaya punggung). Karena pada gaya bebas ketika mengambil napas kepala tidak diperbolehkan seleruhnya menyembul diatas permukaan air kolam. Dan hanya boleh menengok menyamping saja, sehingga hal inilah yang membuat terasa lebih sulit dibandingkan dengan gaya renang lainnya.

Namun tenang meskipun sulit tapi ANda pasti bisa setelah mempraktekan cara berikut ini. Mengambil napas pada gaya bebas bisa ANda lakukan ketika sejak 2/3 kayuhan tangan dan kita akhhiri ketika tangan masuk ke dalam air.

Sebagai contoh kita akan mengambi napas ke sisi kiri, ketika kayuhan tangan kiri kita sejajar dengan dada, maka pastilah timbul gaya angkat tubuh pada sisi kiri dan tubuh menjadi agak miring sehingga saat itulah kita bisa menggunakan untuk mengambil napas, tanpa kepala menyembul ke atas permukaan air kolam.

3. Gaya Renang Punggung

Penjelasan macam macam gaya renang dan cara melakukannya

Pengertian renang gaya punggung (back stroke) adalah cara berenang dengan posisi menghadap ke permukaan air. Sehingga muka wajah menghadap ke atas atas pandangan tidak dapat melihat ke depan. Namun perenang dimudahkan dalam hal pernapasan. Gaya ini hampir sama gerakannya dengan renang gaya bebas, hanya saja perbedaannya terletak pada posisi tubuh terlentang.

Teknik dasar renang gaya punggung

Pada teknik dasar renang gaya punggung merupakan sebuah prinsip-prinsip dalam renang gaya punggung. Beberpa teknik dasar gaya punggung dibagi menjadi 5 bagian berikut ini:
  • Posisi badan
  • Gerakan kaki
  • Gerakan lengan
  • Gerakan pengambilan nafas
  • Koordinasi gerakan


Penjabaran dari beberapa pembagian teknik dasar renang gaya punggung yaitu:

1. Posisi badan

a. Teknik meluncur
Meluncur pada gaya punggung dilakukan dengan cara mengambang dengan posisi badan menghadap ke atas (terlentang). Untuk sebagain orang apalagi bagi pemula meluncur dengan cara terlentang ini cukup sulit. Padahal dengan posisi terlentang kita akan mudah dalam bernapas. Dan inilah keunggulan gaya punggung daripada gaya renang lainnya.

Cara latihan posisi meluncur renang gaya punggung yang baik sebagai berikut:
  • Peganglah tepi dinding kolam dengan kedua tangan Anda.
  • Kedua kaki ditekuk ke atas sehingga telapak kaki menumpu pada dinding kolam dengan kuat. Sehingga kedua lutut Anda berada diantara kedua lengan Anda.
  • Lepaslah kedua tangan Anda dari memegang tepi dinding kolam tadi, bersamaan dengan itu luruskan kepala kebelakang sehingga badan menjadi telentang dan sejejar dengan permukaan air. Dan jangan lupa kedua kaki mendorong dengan sekuat tenaga agar badan terdorong kebelakang dan meluncur.
  • Dengan begitu posisi wajah tetap berada diatas permukaan air, sehingga mudah dalam mengambil napas. Dan kedua lengan tangan lurus berada di samping badan Anda.


Lakukan cara diatas hingga Anda merasa bisa dan nyaman ketika meluncur.

b. Bentuk bentuk posisi tubuh meluncur

1) Tahap persiapan meluncur
  • Badan terapung terlentang serta kedua tangan berada di samping badan.
  • Kedua ibu jari menghadap ke atas, dan tarik keatas menyusuri samping badan. Hingga ibu jari menyentuh bahu Anda.
  • Putarlah pergelangan kedua tangan mengarah keluar/menjauhi badan.


2) Tahap pelaksanaan
  • Rentangkanlah salah satu lengan ke arah luar atas badan.
  • Luruskan salah satu lengan setinggi bahu atau rata-rata bahu.


3) Tahap lanjutan
  • Kedua lengan menempel di samping tubuh, usahakan badan rileks ketika meluncur.


Ketika Anda berlatih luncuran, Anda bisa latihan meluncur dengan alat maupun tanpa alat. Jika menggunakan alat, Anda bisa menggunakan pelampung dan peganglah pelangpung tersebut.

2. Gerakan Kaki
Gerakan kaki pada gaya renang punggung, teknik gerakannya sama persis dengan gerakan renang gaya bebas. Bedanya hanya pada jika gaya punggung dilakukan dengan posisi badan terlentang menghadap ke atas, sedangkan gaya bebas badan menghadap ke permukaan air kolam.

3. Gerakan Lengan Tangan
Pada renang gaya punggung gerakan lengan dibagi menjadi 3 tahap yaitu:
1) Tahap menarik
  • Fase menarik dalam renang gaya punggung gerakan menarik dilakukan setelah telapak tangan masuk ke dalam air, hingga mencapai batas maksimal tekukan siku. 


2) Tahap mendorong
  • Gerakan mendorong pada renang gaya punggung dilakukan pada akhir tarikan tangan. Gerakan mendorong ini dilakukan ke arah belakang ke bawah air.


3) Tahap istirahat
  • Fase istiraaht diawali dengan tangan keluar dari permukaan air, posisi jari terlebih dahulu keluar. Setelah itu tangan berada di atas bahu tegak lurus. Selanjutnya tangan diputas keluar dan masuk ke permukaan air dengan posisi jari kelingking yang masuk dahulu. Pada proses inilah yang disebut proses istirahat dan lakukan secara rileks seirama dengan laengan yang bergerak menarik dan mendorong tersebut.


4. Gerakan pengambilan nafas gaya punggung
  • Karena wajah sudah menghadap ke atas, sehingga mengambil napas sangatlah mudah. Anda tinggal hirup dan keluarkan sesuka Anda.


5. Koordinasi gerakan gaya punggung
  • Koordinasi gerakan gaya punggung yaitu rangkaian gerakan gaya punggung yang terpadu terdiri dari gerakan meluncur, gerakan kaki, kemudian gerakan kedua lengan tangan dan pernapasan dimana semua gerakan tersebut bergerak sesuai dengan iramanya. Dan terbentuklah gerakan renang gaya punggung yang baik dan benar.


6. Star renang gaya punggung
  • Star gaya punggung dilakukan di dalam air. Seperti awalan ketika akan melakukan gerakan meluncur.


7. Pembalikan renang gaya punggung
  • Dalam renang gaya punggung pembalikan dilakukan dengan setengah gerakan salto.


Nah itulah penjelasan singkat mengenai renang gaya punggung yang dapat membantu proses latihan berenang Anda.

4. Renang Gaya Kupu-Kupu

Penjelasan macam macam gaya renang dan cara melakukannya

Pengertian renang gaya kupu kupu adalah salah satu gaya renang yang dilakukan dengan badan menghadap ke permukaan air kolam. Kemudian dengan kedua belah lengan ditekan ke bawah/air secara bersamaan serta digerakkan ke arah luar sebelum diayunkan ke depan. Dan kedua kaki menendang ke bawah secara bersamaan, sehingga gerakan kaki menyerupai gerakan sirip ikan atau lumba-lumba. Dan untuk pengambilan napas dapat dilakukan ketika kepala berada diatas permukaan air dengan menghirup napas melalui mulut dan dihembuskan melalui mulut juga.

5. Gaya Renang Samping

Gerakan renang gaya samping ini tidak diperlombakan dalam event resmi. Renang gaya samping ini dilakukan menggunakan sisi samping bagian tubuh.

6. Gaya Renang Anjing

Sebenarnya renang gaya anjign ini tidak ada hanya saja karena gerakannya menyerupai anjing ketika berenang maka orang menyebutnya renang gaya anjing. Dimana kepala ada diatas dan gerakan kedua tangan seperti gerakan kaki anjing.

Nah itulah penjelasan mengenai macam-macam gaya renang yang bisa menambah pengetahuan Anda. Dimana gaya samping dan gaya anjing bukan termasuk gaya dalam renang yang diperlombakan. Sehingga gaya renang yang diperlombakan terdiri dari renang gaya bebas, gaya punggung, gaya dada dan gaya kupu-kupu. Selain itu juga ada perlombaan renang gaya indah, dimana akan zonapelatih jelaskan pada lain waktu. Semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua.
Advertisement

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang yang menyukai tentang dunia olahrag dan lebih condong ke cabang sepakbola dan futsal.

0 Response to "Penjelasan Macam Macam Gaya Renang dan Cara Melakukannya"