Cari Distributor Alat Olahraga Murah

Artikel Keren

Manfaat dan Efek Samping Zumba Dance | Zonapelatih

Zumba adalah salah satu program latihan kebugaran jasmani yang dibuat oleh Alberto Beto Perez pada tahun 1990an. Beto merupakan seorang penari dan koreografer asal Belanda. Zumba sendiri merupakan merek dagang milik Zumba Fitness, LLC dan Penyanyi pop asal Brasil bernama Caludia Leitte telah menjadi duta besar internasional untuk Zumba Fitness.

Gerakan Zumba sendiri terdiri dari kolaborasi antara hip hop, soca, samba, salsa, meringue, mambo dan seni bela diri sehingga gerakannya sangat unit dan tak terbatas. Selain itu gerakannya tersusun secara ritmatis tanpa plyometric sehingga tidak begitu memaksa kemampuan pribadi orang dewasa.

Manfaat dan Efek Samping Zumba Dance | Zonapelatih

Manfaat Zumba

Pada artikel di bawah ini terdapat list manfaat zumba dance untuk tubuh kita. Seperti manfaat zumba untuk kecantikan, manfaat senam zumba bagi ibu hamil, bahkan ada juga manfaat zumba dance untuk payudara Anda. Jadi silahkan simak dan  praktekkan latihan gerakan zumba.

Inilah beberapa manfaat umum dari zumba yang dilakukan secara rutin dan terartur:

Rencana program diet Anda

Jika anda mempunyai masalah dengan berat badan Anda. Dimana berat badan tidak ideal entah itu kurus ataupun gemuk. Saya sarankan bagi yang gemuk, Anda mencoba ikut kelas zumba dance ini. Karena fokus zumba dance yaitu untuk membakar kalori dan lemak jenuh dalam tubuh. Dengan begitu berat badan Anda yang tadinya gemuk akan turun.

Membuat seluruh tubuh bekerja/bergerak

Senam Zumba Dance mempunyai jenis tarian serta koreografi yang berbeda dan unik. Kolaborasi gabungan dari beberapa gerakan mempengaruhi otot-otot tubuh ANda bekerja secara maksimal. Meski ketika Anda melakukan tarian zumba dance merasakan capek namun anda akan merasa lega dan puas. Karena latihan zumba dance ini membuat seluruh otot tubuh bekerja sesuai dengan irama yang dipakai dan Anda benar-benar menikmatinya.

Anda akan bahagia

Zumba dance lebih mementingkan rasa kenyamanan, sehingga mampu membuat Anda senang dan bahagia. Latihan gerakan zumba mengharuskan Anda untuk bisa selalu tersenyum. Jika anda bisa tersenyum lepas maka hormone dalam tubuh akan mengalir deras ke seluruh tubuh yang berasal dari kelenjar pituitary. Sehingga hormone tersebut sebagai penangkal rasa depresi dan stres.

Otot-otot tubuh makin kencang

Jika Anda merasa gedut atau merasakan otot Anda kendor kurang kencang, saya sarankan untuk melakukan zumba dance. Dimana gerakannya bervariasi sehingga membuat seluruh otot tubuh Anda ikut bekerja. Dengan begitu otot lengan, pinggang, kaki serta perut menjadi lebih kencang. Dan hasilnya Anda akan semakin terlihat ramping dan seksi.

Untuk semua usia

Senam zumba dapat dilakukan oleh semua jenjang usia, dari usia dini hingga orang tua. Sehingga Anda dapat mengajak semua keluarga Anda melakukan tarian zumba bersama-sama. Meski terkadang zumba dibagi ke grup anak-anak, remaja, dewasa dan manula. Dan ini dilakukan karena melihat dari segi kemampuan serta kebutuhan tubuh Anda.

Zumba menjadikan tampil lebih percaya diri

Siapa sih yang gak mau tampil percaya diri?. Pastinya semua orang pengen tampil PD apalagi depan orang yang disukainya heheh. Oleh karena tersebut silahkan lakukan gerakan senam zumba dance secara teratur dan rutin ya! Agar lemak dalam tubuh Anda berkurang dan hasilnya badan makin ideal dan keren.
Manfaat dan Efek Samping Zumba Dance | Zonapelatih

Meningkatkan popularitas diri

Dengan rajin dan menggeluti dunia senam zumba dance Anda akan bertambah teman serta sodara. Bahkan dengan zumba dance Anda bisa masuk majalah berita, TV dan media sosial lainnya. Dengan begitu Anda makin terkenal.

Meningkatkan kualitas pernapasan

Tarian zumba dance juga dapat memperbaiki pernapasan Anda. Jika Anda bekerja dibidang tarik suara, alangkah baiknya Anda selalu melatih pernafasan kuat. Slah satu faktor pendukung agar mempunyai kekuatan tarikan nafas yaitu dengan melatih otot Anda. Dan olahraga yang banyak melatih otot salah satunya adalah zumba dance.

Semua varian gerakan ada

Gerakan zumba tidak hanya dilakukan di darat aja, namun di dalam airpun juga ada. Jika tidak percaya silahkan masuk ke gtup Aqua Zumba. Diama Aqua Zumba dilakukan dengan media air.

Zumba membuat awet muda

Sudah tau kan kalau olahraga zumba dapat menghambat proses penuan tubuh? Pastinya bagi para pelaku senam zumba ini pasti jawabnya "sudah". Karena gerakan zumba yang menyeluruh maka semua otot-otot badan bekerja dan hasilnya badan sehat bugar dan awet muda.

Menjernihkan pikiran

Dengan mengikuti zumba dance maka akan membuat pikiran Anda jernih dan terhindar dari rasa stres. Melakukan gerakan zumba dance maka membuat otot jantung memompa darah keseluruh tubuh dan melakukan pertukaran darah semakin lancar. Itu berarti peredaran darah di otak lebih cepat dan asupan oksigen lebih banyak. Sehingga pikiran Anda akan lebih fresh dan jernih daripada sebelum melakukan zumba dance.

Semakin enerjik dengan zumba dance

Semain teratur ANda melakukan zumba dance maka semakin enerjik karena Anda akan semakin bersemangat. Dengan berbagai koreografer yang pastinya akan mendorong ANda untuk melakukan hal lebih. Seperti gerakan hip hop, dance serta salca. Dengan begitu Anda semakin merasakan aliran semangat pada diri Anda.

Lebih sehat dengan zumba dance

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa gerakan zumba dance dapat membuat otot-otot tubuh semua bekerja lebih maksimal. Dengan begitu pertukaran darah kotor dengan darah yang bersih berjalan lancar. Dengan begitu ANda semakin sehat.

Latihan zumba dance

Untuk memulai latihan zumba dance sebenarnya sama seperti pada olahraga pada umumnya. Anda juga harus melakukan pemanasan terlebih dahulu, barumasuk ke inti (gerakan zumba dance). Setelah itu Anda juga harus melakukan pendingin ya. Jangan sampai lupa ketiga tahapan ini.

Bagaimana pola latihan gerakan zumba yang benar?
Untuk latihan zumba dance Anda bisa melihat video dibawah ini.


Waktu yang bagus untuk latihan zumba dance

Berbicara waktu yang bagus untuk zumba berarti kita berbicara mengenai jadwal. nah untuk waktu/jadwal lebih bagus adalah dimana waktu Anda benar-benar digunakan untuk latihan zumba. Sehingga ketika Anda latihan gerakan zumba tidak akan terganggu dengan aktivitas Anda yang lain.

Dan inilah macam-macam manfaat zumba bagi Anda yang melakukannya dengan benar dan teratur

Manfaat zumba 1 jam

Dengan melakukan zumba selama 1 jam maka akan membuat tingkat kebugaran Anda menjadi lebih baik. Karena tanpa sadar Anda telah melakukan olahraga aerobik juga.

Manfaat zumba untuk menurunkan berat badan

Melakukan zumba dance secara teratur dan maksimal akan mampu menurunkan berat badan Anda. Sehingga badan menjadi lebih ideal dari sebelumnya. Sehingga bagi orang gemuk senam zumba sangat membantu proses menrunkan berat badan Anda.

Semua manfaat zumba diatas bisa ANda dapatkan jika latihan zumba bisa ANda lakukan setiap hari atau dengan jadwal yang teratur dan konsisten.
  

Efek Samping Zumba

Jika kita ngomongin efek samping zumba aliass resiko, pastilah tidak hanya zumba. Semua olahraga ataupun kegiatan mempunyai resikonya masing-masing, tinggal bagaimana kita menyikapinya.

Untuk efek samping zumba sendiri biasanya adalah resiko cedera lutut, itupun terjadi kalau gerakan tidak sesuai.

Selain cedera lutut karena zumba, yang sering terjadi diawal-awal latihan adalah rasa pegal-pegal di badan, rasa capek dan nyeri otot. Hal itu terjadi karena badan sedang menyesuaikan dengan aktivitas baru kita.

Dan yang perlu Anda pahami ataupun instruktur senam zumba adalah harus paham mengenai struktur anatomi tubuh manusia, ini berkaitan dengan gerak pada tubuh manusia. Tujuannya biar gak salah gerak dan tidak menimbulkan cedera yang serius.

Nah itulah beberapa Manfaat dan Efek Samping Zumba Dance. Semoga dengan artikel yang sederhana ini Anda semakin paham dan siap untuk melakukan zumba dance.
Manfaat dan Efek Samping Zumba Dance | Zonapelatih

You Might Also Like: