Cari Distributor Alat Olahraga Murah

Cara Mengatasi Sakit Leher dan Pundak Kaku

Sakit leher adalah rasa nyeri pada area leher, dimana di mulai dari atas bahu (pundak) sampai kepala. Persoalan rasa sakit leher serta pundak terasa kak ini kupup banyak dirasakan banyak orang. Terutamanya oleh para lansia yang berumur diatas 50 tahun. Rasa sakit leher dan pundak kaku biasanya akan hilang dengan sendiri setelah beberapa hari. Namun terkadang juga harus mendapatkan penanganan lanjut untuk meredakan sakit leher dan pundak kaku, salah satunya dengan massage (pijat).

Cara Mengatasi Sakit Leher dan Pundak Kaku zona pelatih

Rasa nyeri pada leher / sakit leher dapat menyebar ke otot daerah tubuh lainnya. Seperti menyebar ke pundak, lengan dan punggung bagian atas. Sehingga membuat gerakan otot leher dan kepala menjadi terbatas. Dan membuat (mengganggu) aktivitas harian Anda menjadi tidak maksimal.

Cara Mengobati Sakit Leher dan Bahu Kaku


Apa penyebab sakit leher?

Pada umumnya penyebab sakit leher baegitu banyak, seperti posisi tidur yang salah, sering bekerja di depan PC/Leptop, otot terkilir, otot kaku serta postur leher karena sering menunduk atau menengadah.

Namun kebanyak yang dialami oleh orang-orang, mereka sakit leher dan pundak kaku dikarenakan oleh aktivitas harian mereka. Dimana aktivitas tersebut membuat otot-otot tubuh khusunya otot keher dan pundak menjadi tegang. Sehingga timbullah rasa nyeri dan sakit. Meski selain itu sakit leher juga bisa karena cedera akibat kecelakaaan/terjatuh.

Sebab-Sebab Sakit Leher

1. Sakit leher karena otot kaku.

Otot yang kaku atau tegang dapat menimbulkan rasa nyeri dan sakit. Apalagi otot pada bagian leher dan pundak. Penyebab otot kaku pada leher antara lain, karena terlalu lama dalam posisi menunduk, seringnya menggerakkan gigi (sering mengunyah permen), seringnya maenan hp diatas tempat tidur, membaca buku sambil tiduran.

itu semua adalah aktivitas yang dapat memicu sakit leher. Sehingga jangan Anda lakukan, agar Anda terhindar dari rasa nyeri pada otot leher dan pundak.

2. Sakit leher dan pundak karena saraf terjepit.

Saraf terjepit atau bahasa medisnya adalah radikulopati servikal. Dimana sakit leher ini dikarena adanya salah satu saraf pada ruas tunga belakang terjepit dikarenakan adanya ruas tulang belakang terbuka dan gel di dalamnya menonjol ke luar dan mengenai saraf disekitarnya.

3. Sakit leher dikarenakan kerusakan sendi.

Osteoarthritis merupakan salah satu penyebab kerusakan pada sendi. Kondisi ini biasanya dialami oleh para orang tua. Seiring penuaan tersebut tulang rawan yang bertugas sebagai bantalan antara ruas tulagn belakang makin memburuk sehingga timbullah taji tulang. Taji tulang membuat pergerakan pada persendian leher menjadi susah dan terasa sakit.

4. Sakit leher karena cedera.

Salah satu yang menyebabkan sakit leher atau pundak adalah karena cedera. Cedera ini bisa terjadi karena kecelakaan kendaraan, terjatuh karena olahraga, terkena benturan/pukulan. Sehingga membuat otot leher dan pundak terhentak kaget, sehingga menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

Macam-macam Sakit Leher

1. Sakit leher belakang
2. Sakit leher samping
3. Sakit leher tidak bisa menengok sebelah kanan/kiri
4. Pegal-pegal di leher dan pundak/bahu kaku
5. Sakit leher kaku dan tegang

Sakit leher dilihat dari sisi medis.

Berikut adalah beberapa kondisi medis yang menyebabkan sakit leher atau pundak.

  1. Adanya penyempitan jalur saraf pada tulang belakang.
  2. Adanya infeksi pada leher.
  3. Adanya miningtis. Miningtis adaah infeksi pada meninges/selaput pelindung yang menyelimuti otak serta saraf tulang belakang.
  4. Sakit Flu. Jika Anda sakit flu terkadang membuat seluruh tubuh merasa sakit, termasuk pada bagian leher Anda.
  5. Adanya rheumatoid arthritis. Sebuah perangan kronis pada persendian. Dan bila ini terjadi pada area leher, maka akan menyebabkan rasa sakit, bengkak/memar dan kaku.
  6. Fibromialgia. Fibromialgia adalah kondisi yang menyebabkan penyebaran rasa sakit pada otot serta jariangan lunak pada tubuh.
  7. Kanker dan HIV. Kedua penyakit ini membuat melemahnya sistem kekebalan tubuh, sehingga Anda akan lebih mudah terkena infeksi.


Cara Mengobati Sakit Leher dan Pundak Kaku.

Untuk mengatasi sakit leher dan pundak kaku Anda bisa mencoba tips dibawah ini.

1. Gunakanlah bantal kertas ketika tidur

Cara Mengatasi Sakit Leher dan Pundak Kaku zona pelatih
Ketika Anda tidur jangan menggunkan bantal yang terlalu tinggi. Gunakalah bantal yang tipis (kertas). Karena bantal yang keras dan tinggi akan membuat Anda lebih mudah sakit leher. Karena bantal yang tinggi membuat posisi leher membungkuk dan akhirnya otot leher terasa kaku dan sakit.

2. Mengompres leher menggunakan air hangat.

Anda bisa menggunakan botol atau kain yang direndam pada air hangat utuk mengompres laher Anda. Tujuannya adlah untuk meredakan/mengurangi kram otot maupun otot tegang pada area leher dan pundak.

Selain itu Anda juga bisa mengompres dengan air dingin atau es untuk megnurangi rasa sakit pada leher, pundak dan punggung.

3. Mengurangi dan menghindari aktivitas yang banyak membuat oto leher kaku.

Nah seuah aktvitas yang kurang baik untuk otot leher Anda yaitu, membaca hp telalu lama, kerja didepan leptop/komputer. nah aktivtas semacam ituah yang harus dihindar.

4. Jagalah postur leher Anda.

Posisi serta postur leher wajib diperhatikan ketika melakukan berbagai aktivitas. Meski ketika pemanasan dan pedinginan olahraga. Karena posisi dan postur leher yang salah dapat membuat parah sakit yang sudah dialami.

5. Lakukan latihan khusus untuk leher.

Latihan khusus utuk sakit leher ini bertujuan untuk menjangkau gerakan yang bisa dilakukan oleh otot-otot leher secara keseluruhan. Gerakan yang mudah dan simpel yaitu mencondongkan kepala ke atas dan ke bawah dan kesamping kiri dan kanan. Seperti saat kita melakuka pemanasan.

Selain itu ada 3 cara untuk menyembuhkn sakit leher dan otot punggung.

1. Lakukan pergangan otot

Cara Mengatasi Sakit Leher dan Pundak Kaku zona pelatih
Caranya yaitu carailah dinding dan tekan telapak tanganmu ke dinding dengan disertai dorongan badan ke depan (arah dinding). Sertelah itu lakukan gerakan memutar pinggang dan aturlah nafas Anda. Dengan begitu otot dada, punggung akan bergerak. Dan dapat mengurangi ketegangan otot Anda.

2. Lakukan relaksasi dengan bola tenis

Melakukan teknik relaksani ini dapat dibantu menggunakan bola kasti. Latihan ini dapat menolong sakit leher, pundak dan dada Anda. Latihan ini diawali dengan memegang bola tenis dengan ke-2 tangan serta gerakkan dibagian dada dengan cara perlahan. Setelah melakukan gerakan ini selama 1 menit, istirahatlah selama 5-10 detik serta lakukan latihan ini berulang selama 3 kali.

3. Relaksasi dengan busa untuk punggung bagian atas  

Busa, dapat menolong kita lakukan peregangan dibagian punggung. Posisikan busa di punggung sisi atas, taruh kedua tangan dibagian kepala serta janganlah dibiarkan tangan hingga ke lantai, pertahankan posisi itu serta gerakkan tubuh keatas serta kebawah. Bila dibagian tertentu ada rasa sakit yang dirasakan, berhentilah sesaat di bagian itu. Sesudah bergerak selama 10-15 detik, istirahat sebentar serta lakukan kembali berulang selama beberapa kali.

Dalam sebagian latihan yang pertama, gerakan-gerakan ini mungkin saja dapat menyebabkan sedikit rasa sakit dibagian tertentu. Namun jangan cemas karena seiring dengan latihan yang makin sering, rasa sakit ini bakal berangsur-angsur hilang serta anda bakal terasa jauh lebih relaks.

Tips Mencegah Sakit Leher dan Pundak Kaku

1. Pastikan bahwa Anda mengistirahatkan leher Anda. Dengan mencari posisi dan postur yang benar ketika Anda duduk, berdiri maupun tidur.

2. Hindari pososi ayng salah ketika Anda tidur ataupun ketika Anda membaca (jangan erlalu merunduk).

3. Lakukan peregangan secara teratur setiap hari. Entah ketika berolahraga maupun tidak.

Cara Mengatasi Sakit Leher dan Pundak Kaku zona pelatih
4. Ketika merasa otot leher dan pundak mulai tegang dan kaku. Lakukan peregangan atau lakukan pijatan (massage). Untuk melemaskan/merelaksasikan otot tersebut.

Nah itulah yang bisa zona pelatih jelaskan mengenai cara mengatasi sakit leher dan pundak kaku. Semoga artikel ayng seidikit ini bisa mambantu Anda. Jangan lupa tinggalkan komentar dan share artikel ya!!
Cara Mengatasi Sakit Leher dan Pundak Kaku

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: