Cari Distributor Alat Olahraga Murah

Artikel Keren

Diabetes | Tips Menjalankan Puasa Bagi Penderita Sakit Gula






Diabetes atau biasa disebut diabetes melitus adalah penyakit jangka panjang atau kronis yang ditandai dengan kadar gula darah (glukosa) yang tinggi (tidak normal). Padahal Glukosa sendiri sangat penting bagi kesehatan tubuh karena merupakan sumber energi utama bagi otak maupun sel-sel yang membentuk otot serta jaringan tubuh kita. Namun karena jumlah glukosa tidak normal malah menjadi penyakit.

Gejala Penyakit Diabetes


Penyakit diabetes mempunyai dua tipe. Tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 mampu berkembang dengan cepat hanya dalam beberapa pekan ataupun beberapa hari saja. Sedangkan penderita diabetes tipe 2 yang tidak menyadari bahwa mereka teah mengidap diabetes selama bertahun-tahun karena gerjala cenderung tidak spesifik. Nah berikut merupakan gejala penyakit diabetes tipe 1 dan tipe 2 meliputi :

1. Sering merasa haus.

2. Seeing buang air kecil, terutama di waktu malam hari.

3. Merasa lapar yang ekstrim (berlebihan).

4. Masa otot makin berkurang.

5. Kelelahan.

6. Pandangan kabur.

7. Jika luka (kulit sobek) sembuhnya lama.

8. Sering atau mudah mengalami infeksi, semisal pada gusi, kulit, vagina atau saluran kemih.

9. Terdapat keton dalam air seni. Keton adalah produk sampingan dari metabolisme otot dan lemak yang terjadi ketika produksi insulin tidak cukup.

Bagi Anda yang merasakan gejala diabetes diatas, tidak ada salahnya segera periksakan diri ke dokter. Agar memperoleh pendeteksian lebih dini dan mampu mencegah bertambah parahnya konndisi diabetes.

Nah itulah sekilah tentang apa itu penyakit diabetes militus.


Tips Menjalankan Puasa Bagi Penderita Diabetes Militus



a. Satu sampai dua bulan sebelum menjalankan puasa, sebaiknya periksakan diri dulu ke dokter untuk mengecek kadar gula, tekanan darah dan tekanan lemak untuk mengetahui resiko jika melakukan puasa.

b. Pantaulah kadar gula Anda secara teratur, terutama menjelang berbuka puasa.

c. Hindari aktivitas fisik yang berlebihan.

d. Makanlahsahur mendekati waktu imsyak, dan jangan makan berlebihan saat berbuka.

e. Batalkan puasa bila kadar gula darah rendah (<60 mg/dl) atau tinggi (>300 mg/dl). Disini Anda yang lebih tahu kondisi Anda apakah tetap berpuasa atau tidak.

f. Konsultasikan ke dokter untuk penyesuaian obat diabetes Anda.

g. Selalu berhubungan dengan dokter selama menjalakan ibadah puasa.

Nah itulah beberapa tips menjalankan ibadah puasa bagi penderita #penyakit diabetes militus. Selamat menjalankan ibadah puasa.
Diabetes | Tips Menjalankan Puasa Bagi Penderita Sakit Gula

You Might Also Like:

Loading...