Manfaat Plank Bagi Tubuh Anda



Plank adalah salah satu bentuk olahraga yang bisa Anda lakukan untuk memperkuat otot inti tubuh (transverse abdomaminus, rectus abdominus dan external ablique muscle. Plank juga biasa disebut front hold, hover, atau abdomal bridge. Latihan plang sejenis bentuk latihan isometrik inti dari kekuatan tubuh karena melibatkan otot-otot serta mempertahankan posisi tetap lurus. 

Planking merupakan bentuk latihan yang paling efektif yang bisa ANda lakukan disela-sela padatnya kegiatan. Kenapa bisa begitu? Karena planking sangat mudah dilakukan, tidak membutuhkan banyak tempat serta hanya membutuhkan waktu yang singkat.

Pada umumnya gerakan plank dilakukan dengan posisi bdan lurus seperti akan melakuakn push up namun tangan tetap lurus menyangga berat badan kita. Padahal variasi bentuk latihan palnk sangat banyak. Dan yang pasti dari setiap jenis plank mempunyai fungsi yang berbeda-beda pula, meski hampir semua sama manfaatnya. Planking ini juga baik untuk wanita dan pria bahkan untuk para pemula sekalipun.

Tahukah ANda, bahwa melakukan plank setiap hari minimal 20 detik sampai 5 menit setiap hari Anda akan mendapatkan banyak sekali manfaatnya bagi kebugaran dan kesehatan tubuh ANda termasuk kekeuatan tulang punggung makin meningkat.

Manfaat Melakukan Plank Bagi Tubuh



Meratakan perut yang buncit

Planking sangatlah bagus untuk melatih otot perut sehingga latihan plank ini bisa lebih mudah untuk meratakan perut buncit Anda. Dengan begitu perut Anda kan lebih terlihat rata karena lemak pada bagian perut lebih banyak terbakar. 

Memperbaiki postur/posisi tubuh

Jika Anda rutin latihan gerakan plank ini, maka postur tubuh akan lebih baik, lebih tegak dan akan terlihat ketika ANda berdiri

Mengurangi nyeri serta cidera pada punggung

Dengan gerakan planking setiap hari maka otot-otot belakang semakin terlatih sehingga otot punggung semakin kuat. Dengan begitu akan mengurangi cedera serta nyeri pada punggung.

Meningkatkan metabolisme tubuh

Melakukan olahraga flank setiap hari akan lebih banyak membakar kalori Anda, dibandingkan dengan melakukan latihan otot lain seperti sit up, back up. Jika tidak percaya maka coba bandinngkan sendiri ya!

Badan lebih fleksibel

Karena melakukan latihan plang dapat meningkatkan fleksibiltas (lentur) karena sering menahan berat badan setiap hari. Sehingga tanpa sadar badan semakin telatih. Begitu juga keseimbangan tubuh semakin baik karena melakukan plank

Cara melakukan plank yang benar


manfaat melakukan plank dengan benar

Dalam melakukan latihan palnking ini sebaiknya ANda paham dahulu bagaimana caranya melakukan gerakan plank. Dengan begitu manfaat dari melakukan plank akan cepat dirasakan. Salah satu yang biasanya dilupakan adalah langsung mulai laithan plank, padahal yang namanya olahraga harusnya terlebih dahulu melakukan pemanasan. Pemanasan bisa menggunakan warming up statis maupun warming up dinamis.

Lakukan latihan planking dengan durasi waktu yang sedikit dahulu barulah meningkat. Sebagai contoh lakukan latihan gerakan plank untuk pemula pada hari pertama selama 20 detik sampai 4 hari. Setelah itu tingkatkan durasi waktunya lebih lama lagi, bisa lakukan latihan plank 30 detik atau 1 menit. Untuk lebih jelasnnya bisa lihat gambar diatas.

Melakukan plank yang benar sesuai dengan variasi plank


1. Siku menekuk variasi plank pertama


Cara melakukan planking jenis ini biasanya digunakan untuk pemula. Karena plank macam ini tidak begitu berat. Sehingga cocok untuk dilakukan oleh seoran pemula.

2. Standar plank
3. Elbow plank
4. Single arm plank
5. Single leg plank
6. Side plank
7. Reverse plank
8. Extended plank
9. Knee tuck plank

Sementara cukup seginni artikel tentang manfaat plank bagi kesehatan tubuh ANda. Untuk besok akan saya lanjutkan, agar lebih lengkap. Semoga artikel ini bermafaat. Silahkan share artikel ini dan berikan komentarnya pada kolomm komentar
Manfaat Plank Bagi Tubuh Anda

You Might Also Like: