Kamis, 09 November 2017

Latihan Fitness | Aturan Dalam Latihan Beban

Latihan Fitness | Aturan Dalam Latihan Beban

Mengangkat beban adalah cara yang bagus untuk mendapatkan otot yang besar. Namun, angkat beban tidak hanya sesederhana mengangkat. Ada aturan-aturan tertentu yang harus diikuti untuk menghindari menyakiti diri sendiri dan luka ringan atau besar.

Beberapa Aturan Mengangkat Beban Dalam Program Latihan Fitnes


1. Biasakan Melakukan Pemanasan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum mulai angkat beban adalah pemanasan. Hendaklah mengatur peredaran darah pada otot-otot Anda agar terhindar dari cedera atau otot tertarik.

2. Jangan Berlebihan Mengerahkan Diri

Jika Anda merasa lelah, lebih baik berhenti dan beristirahat. Anda pasti tidak ingin terjadi secara sengaja menjatuhkan beban pada sesuatu karena kehilangan kekuatan.

3. Mengetahui Keterbatasan Anda

Jika Anda dapat mengangkat 80 lbs, kemudian melompat sampai 100 lbs. Tubuh Anda mungkin belum siap dan hanya akan menyakiti diri sendiri. Karena  Anda berpikir sudah mampu mengangkat beban diluar zona kenyamanan Anda, pastikan ada seseorang di sana untuk membantu Anda, ketika Anda sudah tidak kuat untuk melakukannya lagi.

4. Dengarkan Pelatih Anda

Setiap kali pelatih Anda memberitahu Anda sesuatu, pastikan Anda mendengarkan. Mereka tahu apa yang mereka katakan dan mereka hanya menginginkan yang terbaik untuk Anda. Silahkan lanjut baca artikel dibawah.

5. Jangan Pamer

Anda berada di gym lebih baik untuk diri sendiri, bukan untuk bersaing dengan orang lain. Bahkan jika mereka ingin Anda untuk pamer, jangan lakukan. Anda dapat melukai diri sendiri atau orang-orang sekitar Anda. Jika Anda benar-benar harus melakukannya, pastikan aman dan Anda siap.

6. Perhatikan Panduan

Setiap kali Anda mengangkat beban, pastikan Anda melakukannya dalam bentuk yang tepat. Cobalah sebaik-baiknya agar tidak kehilangan keseimbangan serta bisa merusak gigi Anda dan melukai diri sendiri.


7. Tetap Tenang

Ketenangan merupakan bagian penting dari bekerja. Ini akan membantu Anda menstabilkan energi dan mengendurkan otot Anda.

8. Letakkan Peralatan Kembali di Tempatnya

Jika Anda menggunakannya, pastikan Anda memasangnya kembali. Jangan menunggu orang lain untuk melakukannya. Ini adalah milik umum yang merupakan tanggung jawab satu sama lain.

9. Bersihkan Tempat Latihan Anda

Selalu bersihkan tempat atau alat yang sudah Anda gunakan. Karena kemungkinan tempat atau lat tersebut kotar setelah Anda menggunakan. Ini bisa karena keringat Anda maupun apa apa yang Anda bawa ke tempat fitnes. Pastikan Anda membersihkan daerah Anda setelah latihan. Tidak ada yang mau menyeka keringat Anda jika sudah pergi

Manfaat Latihan Beban (weight training) Untuk Anda yang rajin melakukan


Latihan olahraga yang dianjurkan untuk sehat adalah latihan aerobic seperti berlari, berjalan kaki, bersepeda, senam dan lain-lain. Selain melakukan latihan aerobic yang menguatkan jantung dan paru-paru sangat dianjurkan juga untuk melakukan latihan beban (weight training).


Manfaat latihan beban adalah:

1. Meningkatkan kekuatan otot.
2. Menguatkan ligament dan tendo.
3. Meningkatkan metabolisme.
4. Meningkatkan kepadatan tulang.
5. Memperbaiki postur tubuh.

Semoga artikel yang sedikit ini bisa membantu dalam latihan beban yang Anda lakukan di rumah maupun di tempat fitnes center.

0 komentar

Posting Komentar

Silahkan dibagikan bila ini bermanfaat dan bila ingin copas harap sertakan sumbernya. Bila berkenan hubungi admin kami melalui email. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.