Zona Pelatih

follow us

Periodisasi Latihan Penting Bagi Atlet

Pentingya Periodisasi Program Latihan Bagi Atlet dan Pelatih

Program Periodisasi Latihan yaitu suatu usaha yang dilakukan oleh seorang pelatih untuk tujuan membagi program latihannya selama 1 tahun menjadi beberapa periode waktu. DImana periode waktu latihan masing-masing memiliki tujuan khusus untuk mencapai prestasi puncak pada pertandingan paling penting pada tahun periodesasi. Periodisasi merupakan suatu proses latihan yang objektif, sehingga seorang pelatih mampu mengukur dan mengetahui hasil latihan atletnya dengan membandingkan data/hasil sebelumnya. Sehingga pelatih benar-beanr paham akan kemampuan ateltnya.

Pembagian Periodisasi Program Latihan


Pelatih biasanya membagi periodisasi program latihan menjadi tiga tahapan. Dimana setiap tahapan mempunyai tujuan khusu untuk mengembangkan kemampuan atletnya untuk mencapai puncak prestasi.

Tahapan periodisasi program latihan terdiri dari periodisasi persiapan, periodisasi pertandingan dan periodisasi transisi. Pada tahap periodisasi tersebut seorang coach harus menyusun langkah-langkah latihan (program latihan) yang dijalankan pada tahapn periodisasi tertentu (persiapan, pertandingan dan transisi). Sehingga coach wajib memahami apa dan manfaat periodisasi program latihan tersebut. Kenapa periodisasi latihan itu sangatalah penting? Berikut penjelasannya.

Pentingnya Periodisasi Program Latihan Bagi Atlet


Secara penjelasn diatas daapt disimpulkan bahwa kenapa periodisasi tersebut sangatlah penting? Itu karena seorang pelatih akan lebih sistematis dalam membuat program latihan. Sehingga program latihan yang dibuat tersebut akan lebih mengena / tepat sasaran untuk si atlet. Dengan begitu atlet juga akan lebih maksimal dalam mengembangkan kemampuan yang dimilikinya.

Sebagai contoh pada periodisasi tahap persiapan, maka seorang pelatih akan lebih memantapkan dan menguatkan kondisi fisik sang atlet/pemain. Karena kondisi fisik merupakan sebuah kemampuan dasar pokok dalam olahraga sepakbola, futsal dan olahraga yang mengedepankan sebuah kemampuan fisik jasmani. 

Maka pelatih akan lebih banyak membuat program latihan untuk meningkatkan kondisi fisik pemainnya. Dalam membuat program altihan inipun seorang coach harus paham dan mempunyai banyak refrensi latihan agar mampu mencipatkan banyak variasi latihan. Dengan begitu seorang atlet maupunpemain tidak akan bosan dengan latihan yang itu itu saja. 

Selain itu fisik pemain pastilah menjadi landasan utama untuk mengembangkan senjata pemain (baca kemampuan) seperti teknik, taktik strategi dan ketrampilan lainnya yang mendukung terhadapt penampilan atlet/pemain. Okey lanjut mengenai konsep periodesasi ya coach.

Konsep Periodisasi Latihan


Secara mendasar periodisasi merupakan pondasi dari suatu program latihan untuk atlet. Entah itu pemain sepakbola, futsal, basket, voli, panahan dan olahraga lainnnya.

Pengetian Termonologi periodizatiation berasal dari kata period yang berarti menggambarkan suatu porsi atau pembagian waktu. Dengan begitu periodisasi adalah metode dimana latihan dibagi kedalam bagian-bagian lebih kecil agar mudah diatur. Bagian-bagian tersebut disebut sebagai fase latihan. Dibaca artikel di bawah ini!

Periodisasi latihan dapat diuji menggunakan dua konteks aspek penting

1. Program periodisasi membagi perencanaan latihan tahunan ke dalam fase latihan terkecil, membuat seorang pelatih lebih mudah dalam membuat dan mengatur rencana program latihan serta memastikan bahwa penampilan puncak atlet/pemainnya dapat diraih pada saat kompetisi target utama.

2. Struktur periodisasi berasal dari fase program latihan targetnya adalah pada peningkatan bomotorik, dimana memungkinkan atlet dapat membangun atau meningkatkan tingkatan tertinggi dari kekuatan, power, kelincahan, kecepatan serta daya tahan jantung paru dan otot.

Pembagian Program Periodisasi Latihan Tahunan


Hampir seluruh cabang olahraga, program latihan tahunan dibagi kedalam tiga fase utama :
1. Periodisasi persiapan
2. Periodisasi pertandingan
3. Periodisasi transisi

Untuk periodisasi persiapan dan pertandingan biasa dibagi lagi menjadi dua sub fase, dimana diklarifikasi menjadi umum dan khusus. Kenapa demikian? Karena mempunyai tujuan dan tugas yang berbeda-beda. Sehingga pada fase persiaan ada fase persiapan umum dan fase persiapan khusus, sedangkan pada fase pertandingan ada fase pra-kompetisi/pertandingan dan pertandingan utama (target yang harus dimenangkan) juara.

Tabel Periodidasi Latihan Tahunan

Periodisasi Latihan Penting Bagi Atlet



Penjelasan Fase-Fase Periodisasi Latihan


1. Fase Persiapan

Bertujuan untuk mengembangkan komponen jasmani atlet secara umum, seperti fisik pemain, teknik,  taktik permainan dan mental pemain dalam menghadapi pertandingan yang akan diikuti.

1.1 Fase Persiapan Umum

a. Meningkatkan kondisi fisik dasar ( daya tahan kardiovaskuler, kelincahan, kelentukan, power, daya ledak serta reaski)
b. Memperbaiki elemen-elemen teknik dan taktik cabang olahraga yang digeluti dengan mengenalkan dan melatihkan ke pemain
c. Melatih mental

1.2 Fase Persiapan Khusus

a. Meningkatkan kondisi fisik menjadi lebih baik sesuai spesifik cabang olahraga tertentu
b. Menyempurankan teknik dan taktik permainan cabang olahraga tertentu

2. Fase Pertandingan

Bertujuan untuk meningkatkan kemampuan biomotorik, menyempurnakan teknik dan taktik permainan serta pengalaman dan jam terbang pertandingan bagi pemain/atlet

2.1 Fase Pra-Kompetisi

Bertujuan melibatkan pemain/atlet dalam beberapa jenis pertandingan seperti sparing, ikut turnamen kecil. Sehingga pelatih dapat melakukan evaluasi secara objektif dan mendetail. Dan untuk mengetahui apakah program latihan sudah sesuai atau belum. Selain itu pra kompetisi juga dapat untuk mempersiapkan mental pemain/atlet

2.2 Fase Kompetisi

Adalah fase serius dimana atlet/pemain sudah dalam kondisi prima siap tempur dalam mengarungi kompetisi untuk mencapai kemenangan (juara)

3. Fase Periodisasi Transisi
Bertujuan untuk mengistirahatkan psikologis dan regenerasi biologis pemain. Mengevaluasi hasil kompetisi, proses latihan dan program latihan itu sendiri. Serta untuk mempertahankann kondisi pemain sampai 50%


Nah itulah pembahasan saya mengenai pentingnya sebuah periodisasi program latihan bagi atlet/pemain.  Semoga dengan pembahasan ini Anda akan lebih paham mengenai periodisasi altihan. Selain itu seorang pelatih jug wajib menjaga ritme atlet. Agar dalam grafik peningkatan kemampuan atelet tidak menanjak dengan dratis. Karena dikhawatirkan akan membuat atlet tersebut mengalami puncak prestasi terlalu cepat. Untuk pemabhasan ini silahkan baca " Pentingnya Prestasi Puncak Atlet". Untuk artikel lainnya silahkan cari dan ikuti situs zonapelatih.

You Might Also Like: