Senin, 07 Agustus 2017

Pentingnya Periodisasi Program Latihan

Pentingya Periodisasi Program Latihan Bagi Atlet dan Pelatih

Periodisasi program latihan yaitu suatu usaha yang dilakukan oleh seorang pelatih untuk tujuan membagi program latihannya selama 1 tahun menjadi beberapa periode waktu. DImana periode waktu latihan masing-masing memiliki tujuan khusus untuk mencapai prestasi puncak pada pertandingan paling penting pada tahun periodesasi. Periodisasi merupakan suatu proses latihan yang objektif, sehingga seorang pelatih mampu mengukur dan mengetahui hasil latihan atletnya dengan membandingkan data/hasil sebelumnya. Sehingga pelatih benar-beanr paham akan kemampuan ateltnya.

Pembagian Periodisasi Program Latihan


Pelatih biasanya membagi periodisasi program latihan menjadi tiga tahapan. Dimana setiap tahapan mempunyai tujuan khusu untuk mengembangkan kemampuan atletnya untuk mencapai puncak prestasi.

Tahapan periodisasi program latihan terdiri dari periodisasi persiapan, periodisasi pertandingan dan periodisasi transisi. Pada tahap periodisasi tersebut seorang coach harus menyusun langkah-langkah latihan (program latihan) yang dijalankan pada tahapn periodisasi tertentu (persiapan, pertandingan dan transisi). Sehingga coach wajib memahami apa dan manfaat periodisasi program latihan tersebut. Kenapa periodisasi latihan itu sangatalah penting? Berikut penjelasannya.

Pentingnya Periodisasi Program Latihan Bagi Atlet


Secara penjelasn diatas daapt disimpulkan bahwa kenapa periodisasi tersebut sangatlah penting? Itu karena seorang pelatih akan lebih sistematis dalam membuat program latihan. Sehingga program latihan yang dibuat tersebut akan lebih mengena / tepat sasaran untuk si atlet. Dengan begitu atlet juga akan lebih maksimal dalam mengembangkan kemampuan yang dimilikinya.

Sebagai contoh pada periodisasi tahap persiapan, maka seorang pelatih akan lebih memantapkan dan menguatkan kondisi fisik sang atlet/pemain. Karena kondisi fisik merupakan sebuah kemampuan dasar pokok dalam olahraga sepakbola, futsal dan olahraga yang mengedepankan sebuah kemampuan fisik jasmani. 

Maka pelatih akan lebih banyak membuat program latihan untuk meningkatkan kondisi fisik pemainnya. Dalam membuat program altihan inipun seorang coach harus paham dan mempunyai banyak refrensi latihan agar mampu mencipatkan banyak variasi latihan. Dengan begitu seorang atlet maupunpemain tidak akan bosan dengan latihan yang itu itu saja. 

Selain itu fisik pemain pastilah menjadi landasan utama untuk mengembangkan senjata pemain (baca kemampuan) seperti teknik, taktik strategi dan ketrampilan lainnya yang mendukung terhadapt penampilan atlet/pemain.

Nah itulah pembahasan saya mengenai pentingnya sebuah periodisasi program latihan bagi atlet/pemain.  Semoga dengan pembahasan ini Anda akan lebih paham mengenai periodisasi altihan. Selain itu seorang pelatih jug wajib menjaga ritme atlet. Agar dalam grafik peningkatan kemampuan atelet tidak menanjak dengan dratis. Karena dikhawatirkan akan membuat atlet tersebut mengalami puncak prestasi terlalu cepat. Untuk pemabhasan ini silahkan baca " Pentingnya Prestasi Puncak Atlet". Untuk artikel lainnya silahkan cari dan ikuti situs zonapelatih.

0 komentar

Posting Komentar

Silahkan dibagikan bila ini bermanfaat dan bila ingin copas harap sertakan sumbernya. Bila berkenan hubungi admin kami melalui email. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.