Selasa, 22 Agustus 2017

Cara Bermain Permainan Sepak Takraw

Cara Bermain Permainan Sepak Takraw


Cara Bermain Sepak Takraw

Pada postingan kali ini penulis akan menguraikan sedikit tentang Cara Bermain Sepak Takraw kepada para pembaca sekalian. Nah, permainan sepak takraw adalah suatu permainan yang menggunakan bola yang terbuat dari rotan (takraw) dan dimainkan di atas lapangan yang datar yang berukuran panjang 13,40 m dan lebarnya 6,10 m.

Kemudian di tengah-tengahnya dibatasi oleh jaring/net yang dibentangkan seperti permainan Bulutangkis. Pemainan sepak takraw ini terdiri dari dua tim yang saling berhadapan satu sama lain, tiap - tiap terdiri dari 3 (tiga) orang pemain. Permainan sepak takraw ini menggunakan kaki dan semua anggota badan kecuali tangan. Tujuan dari permainan ini adalah mengembalikan bola sedemikian rupa sehingga bisa jatuh di lapangan lawan ataupun menyebabkan lawan membuat pelanggaran dengan cara bermain salah. 

Uraian pengertian permainan sepak takraw tersebut di atas adalah Sepak Takraw untuk kompetisi. Sepak takraw untuk kompetisi ini dipertandingkan dalam 3 nomor, yakni : Tim, Regu dan Double-event. Pada tahun 2002 dikembangkan nomor Sepak Takraw baru yang disebut dengan Sepak Takraw Lingkaran (Circle-Game), merupakan permainan sepak takraw yang dimainkan di lapangan yang berbentuk lingkaran, masing-masing tim terdiri dari 5 orang pemain, tim tersebut memainkan bola dengan cara mengoper ke teman mainnya secara berhadapan dengan nomor yang saling berurutan, dengan operan sesuai tingkat kesulitannya (tingkat kesulitan tinggi nilainya 3, dan tingkat kesulitran rendah nilainya adalah 1). 


Permainan sepak takraw ini di batasi oleh waktu permainan selama 10 menit untuk masing-masing babaknya. Tim yang memenangkan perlombaan adalah regu yang paling banyak mengumpulkan nilai selama waktu 10 menit lamanya tersebut. Kemudian pada tahun 2006 Sepak Takraw Lingkaran digantikan dengan nomor baru yaitu : Hoop-Takraw, bentuk permainan nomor ini hampir sama dengan sepak takraw Lingkaran (circle-game), akan tetapi pemain yang 5 orang tersebut harus memasukkan bola ke atas “Ring berdiameter 1 meter (bulatan besi) yang dipasang dengan tali setinggi 4,50 meter untuk putri dan untuk putra 4,75 meter di tengah bulatan pemain. Pemain sepak takraw dalam bentuk permainan ini berusaha memasukkan bola ke ring sebanyak-banyaknya dengan pukulan yang telah ditentukan dalam waktu 30 menit lamanya. 

Nah, itulah uraian singkat tentang Cara Bermain Permainan Sepak Takraw yang dapat zonapelatih bagikan pada kesempatan ini.

Selain hal diatas Anda harus telebih dahulu mampu melakukan beberapa teknik dasar sepak takraw, dinama teknik dasar inilah yang akan membawa Anda benar-benar menguasi permainan sepak takraw tersebut.

Teknik Dasar Sepak Takraw


Teknik dasar sepak takraw adalah sebuah teknik dasar yang diperlukan oleh setiap pemain agar dapat memperoleh kemampuan yang maksimal saat bertanding. Jika kita tidak dapat memahami dan melakukan teknik dasar ini maka akan membuat sang pemain kesulitan dalam bertanding. Dalam permainan sepak takraw diperlukan kemampuan dan kelincahan seluruh tubuh terutama bagian kaki, agar gerakan yang dihasilkan dapat maksimal.

Teknik dasar sepak takraw ini dapat dilakukan menggunakan badan bagian dada, kaki atau kepala yang terpenting bola yang Anda pantulkan dapat melewati net dan mendapatkan poin. Dalam permainan ini setiap pemain hanya dapat melakukan sekali sentuhan, namun setelah melakukan blocking diperbolehkan lebih dari satu. Yang pasti Anda harus mengetahui terlebih dahulu peraturan sepak takraw. Untuk Anda yang ingin belajar sepak takraw, berikut ini teknik dasarnya.

Macam-macam Teknik Dasar Permainan Sepak Takraw


Sepak Telapak Kaki (Teknik Smash)
Teknik Servis
Teknik Menyundul Bola
Sepak Sila
Sepak Kuda
Teknik Menahan Bola

Cara Smash Sepak Takraw

1. Teknik Cara Latihan Smash Sepak Takraw (Sepak Telapak Kaki)
Latihan smesh sangat penting dalam bermain sepak takraw, karena banyak poin diperoleh dari teknik ini. Biasanya gerakan smash dilakukan dengan teknik sepak telapak kaki yaitu seluruh kekuatan berada dipergelangan kaki. Teknik ini juga dapat digunakan untuk menjangkau bola yang jauh dan juga menahan smash lawan. Untuk latihan smesh pada sepak takraw dapat Anda lakukan dengan cara berikut ini.

Anda harus berdiri dengan satu kaki, sedangkan kaki satunya berada lurus di depan badan. Arahkan telapak kaki tepat dekat dengan bola dan posisikan tubuh Anda berada diposisi yang tepat untuk melakukan sepakan.
Setelah posisi kaki sudah siap lakukan dorongan atau sepakan sekeras mungkin dan kekuatan utama dapat berada pada pergelangan.
Pandangan fokus pada bola dan arah sasaran yang Anda inginkan.
Baca Juga : Ukuran lapangan Sepak Takraw

Cara Servis Sepak Takraw

2. Teknik Cara Servis Sepak Takraw
Latihan Servis merupakan gerakan awalan saat pertandingan baru dimulai. Servis ini dilakukan oleh pemain yang disebut tekong, jika dapat melakukan dengan baik maka tidak menutup kemungkinan tim akan memperoleh poin. Untuk teknik servis dalam sepak takraw terdapat dua jenis, yaitu servis atas dan servis bawah. Teknik servis atas dilakukan dengan cara melambungkan bola di atas kepala, kemudian dengan kelenturan yang baik tendang bola sekeras mungkin kearah daerah lawan yang dianggap lemah. Sedangkan servis bawah bola dilambungkan tidak lebih dari bahu, untuk melakukan tendangan akan lebih mudah.


Cara Menyundul Bola Sepak Takraw

3. Teknik Menyundul Bola Pada Permainan Sepak Takraw
Dalam permainan sepak takraw, menyundul bola menggunakan kepala bagian depan mempunyai tujuan untuk memberikan umpan kepada teman dan juga dapat dilakukan untuk menyerang lawan. 

Untuk tekniknya diawali dengan:
Berdiri dan mengambil sikap kuda kuda.
Condongkan badan kebelakang, kemudian letakkan kedua tangan berada di samping badan dan bengkokkan siku anda.
Pandangan mata kearah bola dan tempat sasaran yang ditujuh.
Saat menyundul pastikan menggunakan kepala bagian depan, gerakkan badan kearah depan dan juga leher digerakkan untuk menambah dorongan bola.

Cara Tepak Sila Sepak Takraw

4. Teknik Sepak Sila Permainan Sepak Takraw
Teknik merupakan gerakan menendang bola menggunakan kaki bagian dalam, gerakan ini mempunyai tujuan untuk memberikan umpan kepada teman atau menahan bola dari serangan lawan. 

Caranya melakukannya adalah sebagai berikut:

Berdiri satu kaki, kaki yang satunya diangkat setinggi lutut dan dibengkokkan.
Saat menendang bola gerakan kaki dari bawah ke atas, untuk arah dan kecepatan disesuaikan dengan kebutuhan.
Pandangan fokus kebola dan kemudian kearah sasaran yang diinginkan.

Cara Salto Sepak Takraw


5. Teknik Salto (Sepak Kuda) Permainan Sepak Takraw
Gerakan sepak kuda ini dilakukan dengan menggunakan punggung kaki, gerakan ini dilakukan saat mengontrol bola yang berada di posisi rendah dan juga digunakan untuk melakukan serangan secara salto. 

Untuk Anda yang ingin melatih teknik ini berikut ini caranya:

Berdiri menggunakan satu kaki sebagai tumpuan dan posisinya sedikit ditekuk.
Kaki yang digunakan untuk melakukan tendangan berada didepan pinggul dan lurus.
Saat menendang bola, gunakan punggung kaki kemudian gerakan mendorong kearah lawan atau depan dan kaki harus lurus.

Gerakan ini juga dapat dilakukan dengan cara salto, namun sebelum itu pastikan diri Anda mampu melakukan lompatan salto. Jika tidak maka akan sulit untuk mendapatkan tendangan yang keras dan terarah.

Cara Menahan Bola Sepak Takraw

6. Teknik cara menahan bola Sepak Takraw.
Dalam melakukan gerakan menahan bola terdapat dua cara yang dapat kita lakukan, yaitu menahan bola dengan dada.

Menahan bola dengan dada.

Jika melukakannya dengan dada maka badan harus mengambil sikap kuda kuda dan dada condong kedepan. Saat bola datang dan menyentuh dada, maka dorong bola sekeras atau sejauh bola yang diinginkan. Pandangan harus tetap fokus berada di depan dan arah daerah yang ditujuh.

Menahan bola dengan paha.

Untuk menahan bola dengan paha, ini biasanya dilakukan jika posisi bola dalam keadaan rendah atau setinggi perut dan pinggang. Berdiri dengan satu kaki dengan sedikit ditekuk, kemudian posisi kaki satunya diangkat dan paha lebih ditonjolkan. Setelah bola datang arahkan paha dan lakukan pantulan kedaerah yang diinginkan sebaik mungkin.

Teknik teknik dasar sepak takraw lengkap dengan gambarnya di atas dapat Anda latih dan kombinasikan sendiri di rumah. Lakukan latihan sesuai dengan kebutuhan Anda, ajak tim Anda dan saling memberikan saran jika ada yang dirasa kurang maksimal, ingat salah satu kunci sepak takraw adalah kelincahan dan kelenturan tubuh.

0 komentar

Posting Komentar

Silahkan dibagikan bila ini bermanfaat dan bila ingin copas harap sertakan sumbernya. Bila berkenan hubungi admin kami melalui email. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.