Sabtu, 22 Juli 2017

Program Latihan Fitnes Yang Cocok Bagi Wanita

Program Latihan Fitnes Yang Cocok Bagi Wanita

Pentingnya memilih program latihan GYM yang tepat. Bila Anda telah tepat dalam memilih program latihan fitnes, maka akan banyak sekali manfaat yang Anda dapatkan dari apa yang Anda kerjakan. Sehingga Anda akan bangga tas hasil usaha Anda.

Namun dilain pihak memilih program latihan fitnes, akan menjadi masalah bagi seorang wanita. Wanita akan pusing untuk memilih latihan yang cocok untuk memperindah penampilan tubuhnya. Tak hanya memilih program apa, tapi wanita juga sering bingung menentukan kapan waktu yang tepat untuk berlatih. Kebanyakan wanita menginginkan latihan dengan tujuan untuk menurunkan kelebihan berat badan dan agar tubuh mereka senantiasa tampak sehat, langsing namun tetap terlihat berisi.

Oleh karena hal tersebut diatas maka saya sarankan bagi perempuan yang ingin rutin berlatih di tempat GYM sebaiknya Anda harus mempunyai waktu luang, paling tidak tiga kali dalam sepekan. Latihan beban bagi seorang gadis pada dasarnya tidak harus yang berat-berat, yang paling utama dan penting rutin dan intensif dahulu. Maka buatlah jadwal latihan yang konsisten yang mungkin bisa Anda diikuti antara lain seperti satu hari latihan berat, satu hari off, satu hari latihan sedang, satu hari off, dan satu hari lagi latihan berat. Atau latihan setiap hari selasa, kamis dan sabtu.

Selain itu alangkah lebih baiknya, seorang gadis juga mempunyai instruktur fitnes. Dimana instruktur akan membimbing Anda dalam melakukan gerakan latihan beban. Sehingga latihan Anda jelas dan terprogram dengan baik. Dan hasilnya pun akan baik pula. Namun untuk menyewa instruktur senam Anda harus merogoh kocek lagi heheh. Namun tenang saja disini akan saya sedikit jelaskan mengenai cara latihan fitnes yang cocok bagi wanita. Silahkan simak artikel dibawah ini.

Program latihan fitnes bagi wanita

Biasanya seorang wanita melakukan fitnes karena ingin menjaga bentuk tubuh agar tetap kencang dan berisi hehehe. Nah lalu gerakan fitnes apa yang cocok bagi seorang wanita? Berikut macam-macam latihan fitnes untuk wanita. 

Latihan Kardio

Bentuk latihan kardio yang paling menyenangkan yaitu dengan berlari bersama orang yang Anda sayangi, entah pacar, suami ataupun gebetan Anda. Jogging merupakan latihan kardio dan sekaligus bagus untuk menguatkan otot pada daerah paha atas, pantat, dan perut bagian bawah. Selain itu naik turun tangga juga dapat menjadi salah satu latihan untuk melatih tubuh bagian bawah. Oleh karenanya silahkan mulai latihan secara perlahan-lahan dan secara bertahap tingkatkan durasi latihan kardio ini dari 20 menit menjadi 25 menit, kemudian 30 menit (intinya ada peningkatan dalam setiap sesi latihan)

Latihan Beban

Mulailah dengan repetisi tinggi dengan beban ringan atau sedang. Anda harus tingkatkan berat beban jika Anda mulai merasa latihan semakin terasa ringan dan mudah mengangkat beban. Lakukan kira-kira tiap 2-3 minggu.

Nutrisi

Nutrisi menjadi salah satu bagian penting dalam program fitnes. Anda harus makan dalam porsi kecil dengan frekuensi tinggi yaitu 5-6 kali sehari. Hindarilah junk food dan mulailah hitung berapa kalori, karbohidrat, protein dan lemak yang Anda butuhkan. Meskipun kebutuhan tiap orang berbeda-beda, namun setiap orang harus mengkonsumsi makanan tinggi protein yang akan membantu tubuh Anda untuk memperbaiki kerusakan sel dan otot selama Anda berlatih. Selain itu, jangan pernah lewtkan makan malam, karena kebanyakan wanita sering melakukan kesalahan ini. Padahal makan malam, terutama dengan menu sumber protein, sangat dibutuhkan tubuh saat tidur untuk memperbaiki jaringan tubuh.

Dengan memhamai ketiga aspek diatas, latihan fitnes untuk wanita menjadi hal yang mudah dan sederhana, bukan? Fokuskan pada perubahan pada tubuh yang akan Anda dapatkan setelah rutin berlatih.

Body Building Untuk Wanita


Selama bertahun-tahun, bodybuilding telah menjadi olahraga yang digemari oleh para pria, dan kini telah menjadi rutinitas sehari-hari mereka. Namun kebanyakan wanita lebih memilih untuk menghindari latihan bodybuilding karena keyakinan yang salah bahwa latihan beban akan membuat mereka berotot seperti pria. Program latihan yang tepat bisa memberikan kesempatan bagi para wanita untuk menghilangkan kelebihan lemak mereka, menjaga intensitas latihan yang tinggi serta membuat mereka tampak lebih sehat dan cantik. Selain itu dengan latihan beban, para wanita juga bisa mendapatkan tubuh seperti bintang film yang mereka idam-idamkan.

Ada dua tujuan dari bodybuilding pada wanita. Yang pertama adalah agar tetap sehat, dan yang kedua untuk turut ambil bagian dalam berbagai persaingan. Meskipun wanita kelihatannya bersaing melalui routine yang berbeda, namun semua program bodybuilding dapat membantu wanita untuk meningkatkan derajat kesehatannya.

Sementara para pria biasanya berlatih untuk membesarkan otot dan memperlebar bahu, kebanyakan wanita menginginkan tubuh yang lebih kecil, karena feminisme berarti sama sekali tidak mirip laki-laki. Hal ini mungkin membuat kita sadar bahwa feminim adalah alasan utama banyak wanita enggan memulai program bodybuilding, yang bagaimanapun juga, karena testosteron adalah salah satu dari banyak alasan para pria dapat membentuk otot yang sangat besar, sehingga para wanita tidak akan mendapatkan tubuh yang maskulin.

Pada wanita, bodybuilding pada dasarnya hanya untuk memahat dan menyehatkan otot sehingga terlihat lebih kuat. Wanita yang memakai steroid sering akhirnya memiliki otot yang besar seperti pria, tetapi dalam kondisi yang normal, hal ini tidak mungkin. Bodybuilding akan hanya membuat tubuh mereka terlihat indah dan merasa lebih baik.

Wanita-wanita modern harus menghadapi stress tingkat tinggi dalam keseharian mereka. Banyak wanita merasa iri pada tuntutan masyarakat masa kini, yang menganggap wanita adalah suatu seni. Walau bagaimanapun, tiap wanita punya kebutuhan yang berbeda-beda untuk tubuhnya masing-masing.

Percaya diri yang meningkat adalah efek samping lain dari hasil program bodybuilding, bersamaan dengan menjadi lebih sehat dan membuang kelebihan lemak tubuh. Banyak binaraga wanita memiliki tubuh yang memenuhi persyaratan cantik di mata masyarakat. Seorang wanita dengan tubuh indah itu cantik, dan kesehatannya tidak hanya mempengaruhi dirinya, tetapi juga orang lain yang bergantung padanya, dan program bodybuilding yang tepat adalah cara paling ideal untuk mendapatkan semuanya itu.

Kenapa Angkat Beban itu Perlu untuk Wanita?


Sering kali saya ngobrol dengan beberapa cewek di gym, ketika saya tanya, kenapa tidak latihan beban? Semua menjawab, saya tidak mau badan saya jadi besar dan berotot kayak “mereka” sembari menunjuk ke arah beberapa cowok yang sedang berlatih beban. Mendengar jawaban tersebut, saya merasa kasihan karena kurangnya pengetahuan di bidang kesehatan dan membentuk tubuh, tetapi sekaligus tersinggung berat (karena saya sudah mati-matian berlatih beban tetapi badan saya tidak besar-besar, malah cewek yang tidak berlatih bilang takut besar).

Cowok dan cewek adalah species yang berbeda. Suatu contoh yang ekstrim misalnya seorang cowok dan seorang cewek berlatih dengan beban yang sama beratnya, makan protein yang sama banyaknya, dan berlatih dengan durasi yang sama lamanya, kira-kira bagaimana hasilnya? Cowok pasti lebih berotot daripada cewek. Karena tubuh cowok, memproduksi hormon yang dipergunakan untuk membentuk otot dalam jumlah yang sangat besar, sekitar 100x cewek. Bisa dibayangkan betapa berbedanya tubuh kita. Selain itu, karena perbedaan genetik yang ada, tubuh cewek dilatih seberat apapun, tidak bisa mengembang atau membesar seperti cowok. Otot cewek akan memadat atau mengencang ketika dilatih bahkan dengan beban yang sangat berat.

Tubuh cewek memiliki jumlah lemak yang pasti lebih tinggi daripada tubuh cowok. Ketika melatih otot, seiring dengan memadatnya dan mengencangnya otot, timbunan lemak akan berkurang. Lemak akan dibakar di dalam sel otot, jadi semakin banyak jumlah sel otot, maka kompor pembakar lemak akan semakin banyak, dan jelas ini yang diinginkan bukan?
Coba kita perhatikan berapa banyak cewek overweight yang datang ke gym, langsung berlatih cardio di treadmill. Begitu setiap hari, tetapi beratnya tidak kunjung turun, atau turun tetapi hanya 1-2kg saja tidak pernah bisa mencapai berat idealnya? Mereka tidak memasukkan menu berlatih beban ke dalam jadwal latihannya.

Jadi untuk para cewek, jangan takut untuk berlatih beban. Selain mendapatkan pengencangan otot, tubuh cewek akan mendapat bonus pengurangan lemak. Jalan pasti menuju tubuh yang lebih sexy.

Kecilkan Pinggang Anda 


Tidak semua wanita bermasalah dengan perut. Beberapa orang hanya ingin mengecilkan lingkar pinggang, dan jika itu adalah Anda, lakukan peregangan sebelum melakukan olahraga pembakaran. Pilates adalah sistem yang bagus untuk mengecilkan pinggang karena pilates terfokus pada gerakan inti, dan juga sering melibatkan bola keseimbangan. Latihan gym yang bagus melibatkan berbaring di lantai dengan bola diselipkan di belakang Anda dan kaki Anda terletak melingkari bagian atas bola, kemudian konsentrasi pada pernapasan mengikutsertakan otot perut Anda.

Hula hoop dapat menjadi latihan dan aerobik pemangkas ukuran pinggang. Hoop yang Anda temukan di gym lebih besar dan lebih berat daripada hoop mainan, jadi jika Anda berencana membeli, belilah yang hoop yang digunakan untuk olahraga. Awalnya hula hoop mungkin sulit untuk dilakukan. Tetapi melakukan hoop selama 10 menit sehari dapat mengecilkan pinggang Anda sebanyak 5 cm dalam bulan pertama.

Bentuk Otot Perut Anda 


Perut terdiri dari satu bagian otot yang panjang, tetapi mempunyai tiga bagian: bagian perut atas, perut bawah, dan perut samping. Masing-masing mempunyai dua ‘sisi’. Inilah yang kita kenal dengan istilah six-pack. Bagian otot perut yang paling dalam yang menahan six-pack ini disebut transverses abdominis.

Pertanyaan yang mungkin sering muncul di kepala anda adalah: Apakah memungkinkan untuk mempunyai bentuk perut yang rata dan bagus, tanpa six-pack dan terlihat terlalu berotot. Rencana terbaik adalah melatih perut Anda sampai pada tahapan dimana Anda menyukai apa yang Anda lihat, dan kemudian mengganti latihan Anda ke pola pemeliharaan. Ketika Anda membentuk otot perut Anda, Anda berlatih setiap dua hari, maka untuk program pemeliharaan, berlatihlah 2-3 kali saja dalam seminggu.

Jika Anda ingin melatih perut Anda, perhatikan juga bagian tubuh Anda yang lain. Mengencangkan otot perut tanpa menambah massa otot di bagian lain (khususnya punggung) dapat menyebabkan bahu Anda maju ke depan dan membuat punggung Anda bungkuk, yang mengarah pada rasa sakit di punggung dan masalah pada postur tubuh. Kunci untuk menghindari masalah ini dan mendapatkan hasil yang maksimal dari program latihan Anda adalah memastikan bahwa perut Anda berkontraksi dengan menarik perut Anda ke dalam ketika latihan.

Bernafas dengan benar saat melatih otot perut juga penting. Anda harus menghembuskan nafas saat berat (bagian dimana perut Anda ditekan). Jangan pula membengkokkan atau meratakan punggung Anda ketika latihan di matras. Harus ada setidaknya sedikit jarak antara punggung dengan lantai. Anda seharusnya melakukan latihan perut ketika Anda selesai melatih bagian otot lain, atau otot Anda akan terlalu capai untuk mendukung bagian tubuh Anda yang lainnya.
Sit Up dan Six Pack

Sit Up dan Six Pack 


Ratusan pola latihan dan peralatan yang mengklaim dapat meratakan perut Anda dapat membingungkan seperti halnya menjalankan pola latihan yang sudah tidak terhitung banyaknya dan tidak terlihat hasilnya. Bacalah terus untuk mengetahui cara meratakan perut agar benar-benar berhasil.

Pertama-tama, latihan sit up yang bertujuan untuk membentuk perut dan membuat anda memiliki six-pack tidak mengurangi lemak di perut. Anda dapat melatih perut Anda sampai mendapatkan otot yang keras, tetapi jika Anda mempunyai lapisan lemak yang menutupinya, maka otot Anda tidak akan pernah terlihat. Dan sebaliknya, jika Anda memiliki perut yang rata tetapi tidak latihan, perut Anda tidak akan mempunyai bentuk.

Namun ini tidak berarti bahwa latihan perut tidak berguna kecuali Anda memiliki perut yang rata. Sebaliknya, latihan perut akan memperkuat perut dan memberikan postur tubuh yang bagus. Bahkan, jika Anda sedang menjalani program diet, mengurangi lemak dan memperkuat otot akan meningkatkan metabolisme tubuh Anda, yang berarti ketika perut Anda lebih rata, bentuk perut pun akan lebih bagus.

0 komentar

Posting Komentar

Silahkan dibagikan bila ini bermanfaat dan bila ingin copas harap sertakan sumbernya. Bila berkenan hubungi admin kami melalui email. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.