Zona Pelatih

follow us

Pencegahan Serta Perawatan Cedera Olahraga

Pencegahan Serta Perawatan Cedera Olahraga

Pernah Anda mengalami cedera? Bagi seorang olahragawan cedera merupakan momok paling dihindari. Namanya olahraga, namun bila dilakukan dengan salah kaprah, mak bisa berisiko cedera. Atlet maupun pemain profesionalpun tak luput dari yang namanya sakit.

Nah bagi Anda yang takut olahraga karena takut cedera, maka wajib bacar artikel ini sampai selesai. Dimana dalam artikel kali ini akan dibahas bagaimana cara mencegah serta merawat atlet yang sakit karena cedera

Untuk mencegah terjadinya cedera pada atlet atau pemain :


1. Cek kondisi kesehatan pemain atau atlet Anda
Dengan mengetahui lebih awal bagaimana keadaan kesehatan atlet Anda, maka akan lebih mudah dalam penangan ketika terjadi cedera.

2. Jangan lupakan pemanasan serta pendinginan
Untuk melakukan aktivitas olahraga (apapun itu) sebaiknya tetap melakukan yang namanya pemanasan. Karena dengan melakukan pemanasan Anda telah menyiapkan tubuh untuk melakukan aktivitas yang lebih berat lagi. Menyiapkan organ-organ tubuh Anda supaya lebih siap lage. Begitu juga setelah selesai berolahraga Anda wajib melakukan pendinginan. 

3. Piliha perlengkapan olaharaga yang tepat
Ketika Anda berolahraga pastikan bahwa perlengkapan Anda mendukung olaharaga yang Anda lakukan. Sebagi contoh ketika cuaca panas lebih baik gunakan kaos yang mudah menyerap keringat dan juga hindari menggunakan kaos warna gelap.

4. Jangan lupa minum
Siapa bilang ketika berolahraga kita tidak boleh minum?  Dengan berkurangnya cairan dalam tubuh kita secara otomatis akan mengurangi tingakt konsentrasi, selain itu dapat membuat kita dehidrasi. Dan yang pasti bisa membuat otot mudah kram. Bila tidak percaya silahkan lakukann penelitian tentang dampak kurangnya cairan dalam tubuh.

5. Jangan lakukan olahraga
Bagi Anda ayng baru saja selesai makan, jangan langsung melakukan olahraga apalagi olahraga yang berat. Lakukan jeda waktu untuk berolahraga.

Faktor -Faktor Penyebab Cedera Olahraga


Ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan supaya Anda lebih paham mengenai cedera pada olahragaawan.

a) Faktor Pelaku (olahragawan itu sendiri)


1. Faktor Umur
Usia jelas mempengaruhi tingkat cedera, karena faktor umur mempengaruhi kekuatan dan kekenyalan jaringan pada tubuh kita. Sebagai contoh semakin tua secara otomatis elastisitas tentdon serta ligamen kita akan menurun sehingga menyenabkan mudah terjadinya cedera

2. Faktor Pengalaman
Kematangan ataupun pengalaman atlet juga akan mempengaruhi tetjadinya cedera. Atlet yang baru akan lebih mudah mengalami cedera dibandingkan dengan atlet yang sudah berpengalaman

3. Faktor Latihan
Latihan sangatlah penting dilakukan namun ketika pemberian porsi latihan tidak sesuai maka altel akan lebih mudah mengalami cedera. Sebagai contoh "over dosis latihan". Atau bisa juga diakrenakan pemberian dasar latihan fisik kurang, sehingga untuk latihan kedepan akan terganggu

4. Faktor Teknik
Atlet atau pemain sering mengalami kesalahan atau cedera dikarenakan teknik mereka. Teknik yang digunakan salah ataupun kurang menguasai akan lebih mudah terjadi cedera

5. Faktor Kondisi
Kondisi sang pemain atau atlet sedang tidak fit namun dipaksakan untuk bermain

b) Faktor Sarpras

Kurang amannya sarana dan prasarana yang digunakan oleh pamain

c) Faktor Olahraga itu sendiri

Seperti kita ketahui setiap olahraga mempunyai karakter yang beda-beda. Olahraga yang kontak fisik akan lebih sering mengalami ceder daripada olahraga yang tidak kontak fisik. Contoh sepakbola dengan panahan, pastilah sepakbola akan lebih mudah mengalami cedera dibandingkan dengan panahan

Perawatan Terjadinya Cedera Olahraga


Sebelum kita melakukan penangan terhadap cedera yang dialami oleh atlet kita. Wajib bagi kita untuk mengetahui terlebih dahulu jenis luka atau cedera yang terjadi pada atlet kita. Hal ini berkaitan dengan bagaimana penanganan serta perawatan ayng kita lakukan. Seperti ada atau tidaknya pendarahan, patah tulang (fruktru tulang), memar, pingsan dan lain-lain. 

Kesimpulan

Dalam melakukan aktivitas jasmani pastilah akan ada dampak yang pasti kita dapatkan. Entah kesehatan maupun cedera yang tidka kita inginkan. Maka dari itulah kita harus persiapkan diri sebelum berlahraga, entah pamasan yang cukup ataupun jauh sebelum itu, seperti menjaga mkanan kita, jaga istirahat kita. 

Dan bila kita sudah melakukan antisipasi seperti diatas namun kita mengalami cedera, janganlah panik. Silahkan Anda ketahui jenis cedera Anda dan lakukan penangan awal (P3K) aagr tidka salah menanganinya. Selain itu Anda bisa memanggil dokter ataupun orang yang ahli dalm bidangnya.

Semoga artikel Pencegahan Serta Perawatan Cedera Olahraga bermanfaat buat kita semua. Silahkan follow dan share artikel ini bila bermanfaat.

You Might Also Like: