Minggu, 24 April 2016

CIRI CIRI SUATU LATIHAN

Pengertian latihan

CIRI CIRI SUATU LATIHAN

Latihan berasal dari kata dalam bahasa Inggris yang mengandung beberapa makna seperti: practice, exercises, dan training. Lalu bagaimana istilah dalam bahasa Indonesia? Ketiga kata tersebut (practice, exercises, dan training) mempunyai makna yang sama yaitu: latihan. Padahal dalam bahasa Inggris, ketiga kata tersebut mempunyai arti yang berbeda beda. 

Practice yaitu aktivitas untuk meningkatkan keterampilan berolahraga dengan menggunakan berbagai peralatan sesuai dengan tujuan serta kebutuhan yang cabang olahraga tertentu. Ini berarti selama kegiatan proses berlatih melatih agar dapat menguasai keterampilan gerak cabang olahraganya selalu dibantu dengan berbagai peralatan pendukung. Sebagai contoh pemain sepakbola agar dapat menggiring bola dalam penguasaan penuh, maka diperlukan practice dalam menggiring bola. untuk itu diperlukan alat bantu seperti pancang atau cone disusun berjarak 1 meter sebanyak 10 pancang/cone sesuai kebutuhan). 

Exercises yaitu perangkat utama dalam proses latihan harian untuk meningkatkan kualitas fungsi organ tubuh manusia, sehingga mempermudah olahragawan dalam penyempurnaan gerak nya. Latihan exercise merupakan materi latihan yang dirancang serta disusun oleh Pelatih biasanya untuk satu sesi latihan atau satu kali tatap muka dalam suatu latihan. Susunan materi latihan dalam sesi latihan biasanya meliputi:
1. Pembukaan
2. Pemanasan (warming up)
3. Latihan Inti
4. Latihan Tambahan (suplemen)
5. Pendinginan (colling down)

Latihan yang dimaksud oleh kata exercise tersebut adalah materi dan bentuk latihan yang ada pada latihan inti dan suplemen. Sedangkan materi latihan dan bentuk latihan dalam pembukaan, pemanasan, dan pendinginan pada umumnya sama, bagi istilah practice maupun exercise

Training yaitu penerapan dari suatu perencanaan untuk meningkatkan kemampuan berolahraga yang berisikan materi teori dan praktek, metode, dan aturan pelaksanaan sesuai dengan tujuan dan sasaran yang akan dicapai (Martin dalam Nossek, 1982). Sedangkan menurut Harre dalam Nossek (1982) latihan berasal dari kata training adalah suatu proses penyempurnaan kemampuan berolahraga dengan pendekatan ilmiah, memakai prinsip pendidikan yang terencana dan teratur, sehingga dapat meningkatkan kesiapan dan kemampuan olahragawan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa training sebagai suatu proses penyempurnaan kemampuan berolahraga yang berisikan matrei teori dan praktek, menggunakan metode, dan aturan pelaksanaan dengan pendekatan yang ilmiah serta memakai prinsip pendidikan yang terencana dan teratur, sehingga tujuan latihan dapat tercapai tepat pada waktu dan sasarannya.

Salah satu ciri latihan yang baik yang berasal dari ketiga hal diatas (practice, exercise dan training) adalah adanya beban latihan. Oleh karena itu diperlukan beban latihan selama proses latihan agar hasil latihan dapat berpengaruh terhadap peningkatan kualitas fisik, psikis, dan sikap, sehingga puncak prestasi dapat dicapai dalam waktu singkat dan dapat bertahan relatif lama.

Nah setelah paham apa itu practice, exercise dan training, sekarang akan saya bahan tentang ciri-ciri suatu latihan

Ciri-ciri Suatu latihan
Berdasarkan uraian di atas meliputi practiceexercise dan training yaitu :
1. Adanya proses untuk meningkatkan kemampuan
2. Proses latihan haruslah teratur dan bersifat progresif
3. Pada setiap kali tatap muka atau sesi latihan harus mempunyai tujuan yang ingin dicapai
4. Materi latihan harus berisi materi teori dan praktek, agar atlet mudah paham
5. Menggunakan metode tertentu sesuai kebutuhan

Itulah tadi ciri-ciri suatu latihan sehingga dengan demikian sebagai seorang pelatih harus benar-benar menyiapkan program latihan untuk atlet-atletnya.

Sumber buku pengantar teori dan fisik metodologi melatih fisik uny 

0 komentar

Posting Komentar

Silahkan dibagikan bila ini bermanfaat dan bila ingin copas harap sertakan sumbernya. Bila berkenan hubungi admin kami melalui email. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.