Jumat, 05 Februari 2016

Cara Merawat Sarung Tangan Kiper Dengan Benar

Cara Merawat Sarung Tangan Kiper Dengan Benar
Sarung tangan kiper atau glove kiper merupakan salah satu perlengkapan wajib dan terpenting yang dimiliki seorang kiper. Sangat penting seperti halnya sepatu bagi pemain bola lainnya. Sarung tangan kiper berfungsi untuk melindungi telapak tangan dan jari-jari kiper dari cedera akibat bola tendangan yang keras dari pemain lawan dan juga agar lebih memaksimalkan dalam menangkap bola (lengket).


Bagian pada sarung tangan kiper yang harus kamu tahu
Bagian telapak tangan dari sarung tangan kiper biasanya terbuat dari bahan latex. Bahan ini membuat bola yang ditangkap oleh kiper akan lebih mudah dan lebih lengket. Sehingga bola lebih mudah dikuasai (ditangkap) oleh kiper. Selain bahan dari latex terkadang juga menggunakan bahan dari kain terry dan karet yang digunakan pada pemukul tenis meja.

Sarung tangan kiper juga diberikan bahan untuk menyerap tenaga tenaga dari bola. Maksudnya ada bahan untuk mengurangi tekanan yang didapat dari tekanan yang dihasilkan oleh bola. Pada bagian telapak sarung tangan kiper terkadang ada yang terlihat menggelembung itu dikarenakan sudah diberikan bantalan untuk meredam tenaga bola tersebut.

Jenis sarung tangan kiper
Ada dua jenis sarung tangan yang digunakan seorang kiper, yaitu Full Finger dan Half Finger.

Cara Merawat Sarung Tangan Kiper Dengan Benar
Sarung tangan kiper full finger yaitu menutupi tangan hingga ujung jari. Oleh karena itu saya sebut jenis sarung tangan full finger. Dan full finger ini dibagi menjadi dua, yaitu finger save dan non finger save. Dimana keduanya dibedakan karenakan bagian jari ada bahan untuk melindungi jari-jari tangan sehingga disebut finger save. Biasanya yang ada finger save nya sarung tangan akan lebih kaku pada bagian jari. Sedangkan yang non finger save tidak kaku.

Cara Merawat Sarung Tangan Kiper Dengan Benar
Sarung tangan kiper half finger yaitu sarung tangan yang sebagian menutup jari-jari tangan. Sehingga seperti yang biasa digunakan olehh para pengemudi kendaraan yang jari-jari tangannya sebagian terlihat. Sehingga tangan akan lebih leluasa.
Nah setelah anda paham jenis sarung tangan, kini saatnya anda harus paham juga  tentang cara merawat sarung tangan anda yang berharga, agar lebih awet dan tahan lama.

Cara merawat sarung tangan seorang kiper

Mencuci sarung tangan kiper
Rendamlah sarung tangan kiper dengan air hangat yang sudah diberikan sabun khusus sarung tangan selama kurang lebih 30 menit. Atau kalau tidak punya sabun khusus tersebut anda bisa menggunakan sampo non conditioner. Mengapa sampo non conditioner? Karena sampo ini mempunyai bahan dan tekstur yang lembut sehingga tidak meninggalkan kerak dan tidak merusak bagian telapak tangan sarung tangan kiper.

Jika ada kotoran yang sudah hilang boleh anda gosok bagian yang kotor tadi dengan bahan yang sama. Anda bisa menggosokkan bagian punggung dengan punggung sarung tangan anda.
Setelah itu tinggal bilas dan jemur sarung tangan (digantung) anda. Ingat ujung jari sarung tangan berada di atas dan lubang sarung tangan berada di bawah. Jemur lah sarung tangan anda pada emper-emper. Maksudnya jangan langsung kena sinar matahari langsung cukup di angin-angin kan saja.

Simpan pada tempat yang teduh
Kebanyakan sarung tangan terbuat dari bahan latex untuk bagian telapak tangannya. Bahan ini sangat mudah rusak bila disimpan pada suhu yang tidak sesuai (terlalu panas dan dingin). Sehingga lebih bagus anda simpan pada tempat yang bersuhu sedang (tidak panas dan tidak dingin).

Atau untuk hasil yang bagus simpanlah pada box atau plastik yang biasanya sudah ada saat kita beli sarung tangan tersebut. Tapi ingat sarung tangan boleh disimpan bila sudah benar-benar kering. Ini supaya sarung tangan tidak menjamur saat disimpan

Beri pewangi khusus (deo)
Setelah benar-benar kering semprotkan pewangi khusus (deo). Bisa menggunakan pewangi untuk helm atau sejenisnya, karena pewangi model ini dibuat khusus untuk bahan busa, kain atau latex. Sehingga tidak akan merusak lapisan sarung tangan anda. Selain itu juga dapat mengurangi bau tak sedap dikarenakan keringat pemakaian.

Selain itu gunakanlah sarung tangan yang sudah benar-benar kering ketika kita maen bola. Sehingga sarung tangan pun akan lebih maksimal digunakan dan juga akan lebih meningkatkan penampilan kita di lapangan. Dan jangan biasakan berdiri dengan menggunakan telapak tangan ketika sudah menggunakan sarung tangan. Karena berarti anda akan lebih banyak merusak sarung tangan anda jika anda menggunakan telapak tangan anda untuk berdiri. Jadi bila ingin berdiri genggamlah tangan anda dan digunakan untuk tumpuan.

Semoga artikel Cara Merawat Sarung Tangan Kiper Dengan Benar bermanfaat buat kita semua, khususnya untuk penjaga gawang. Lalu sudah kah anda merawat sarung tangan anda dengan benar hari ini? Bila belum segeralah mulai melakukannya.

Baca juga cara merawat sepatu bola dan futsal anda serta program latihankhusus kiper terbaru 

Sumber     

0 komentar

Posting Komentar

Silahkan dibagikan bila ini bermanfaat dan bila ingin copas harap sertakan sumbernya. Bila berkenan hubungi admin kami melalui email. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.