Rabu, 27 Januari 2016

CARA TERMUDAH MENGOBATI CEDERA ENGKEL

CARA TERMUDAH MENGOBATI CEDERA ENGKEL

Saat ini merupakan musim kompetisi Pengcab Bantul, dimana banyak sekali pertandingan sepakbola digelar. Hampir setiap ahrinya masyarakat Bantul disuguhi tontonan sepakbola. Apalagi yang rumahnya dekat dengan lapangan sepakbola, tambah enak tuh lihatnya heheh.

Baca juga Cara menangani cedera kram dengan baik dan benar

Namun dalam permainan ini pemain kadang mengalami sedikit masalah pada bagian tubuhnya. Yang paling sering terjadi dalam permainan sepakbola ini adalah pemain mengalami cedera engkal. Cedera engkel ini bisa erjadi dikarenakan salah tumpuan sehingga otot pada kaki bisa robek ataupun lainnya. Namun tenan akan saya jelaskan bagaimana cara mengobati cedera engkel dengan mudah dan tidak memerlukan banyak biaya.


Cara termudah mengobati cedera engkel kaki, yaitu lakukanlah prinsip RICE dibawah ini.


R = rest

Istirahatlah. Yaitu mengistirahatkan atupun tidak melakukan aktifitas pada derah yang cedera.

I = ice

Tempelkan ES pada bagian yang luka (bengkak, memar dan linu). Es ini berfungsi untuk mengurangi pembekakan dan juga rasa nyeri atau sakit. Kompres ini diberikan segera setelah terjadi cedera, dan jangan berikan balsem atau semacam obat yang membuat panas. Pengobatan panas boleh dilakukan setelah 48 jam, bersamaan dengan es. Fungsinya untuk meningkatkan peredaran darah dan meningkatkan panas dalam tubuh supaya mampu memindahkan darah dan cairan yang berlebihan (Kravitz Len, 90:2001).

C = compression


Penekanan berguna untuk menghentikan aliran darah yang berlebihan pada bagian yang cedera sehingga juga akan mengurangi pembengkakan. Biasanya dengan menggunakan kompres es tadi serta obat semprot dingin pada olahraga sepakbola.

E = ELEVASI





Elevasi yaitu suatu kondisi dimana bagian cedera ditempatkan lebih tinggi daripada jantung. Ini berfungsi untuk mengurangi pembengkakan.
Tambahan setelah sembuh usahakan lakukan pemanasan sebelum pertandingan. Supaya otot-otot kita siap. Selain itu setiap bbangun tidur usahakanlah melakukan peregangan-peregangan otot, terutama pada otot-otot atau ligamen yang dirasa kaku. Sehingga dengn begitu otot-otot anda akan lebih elastis sehingga akan banyak sekali mengurangi cedera otot ataupun ligamen anda.

Silahkan download buku buku penangan cedera olahraga
Buku 1, Buku 2, Buku 3


Penelusuran
Penanganan cedera olahraga dengan benar
Prinsip penanganan cedera
Macam-macam cedera olahraga
Perawatan dan pencegahan cedera olahraga
Metode RICE

Semoga dengan artikel CARA TERMUDAH MENGOBATI CEDERA ENGKEL mampu membantu untuk anda yang sedang mengalami cedea engkel ataupun membantu teman anda yang sedang cedera engkel agar lebih cepat sembuh.

0 komentar

Posting Komentar

Silahkan dibagikan bila ini bermanfaat dan bila ingin copas harap sertakan sumbernya. Bila berkenan hubungi admin kami melalui email. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.