Kamis, 19 November 2015

Program Tambahan Latihan Fisik Sendiri

Banyak pemain muda yang dimana masih merasa kurang latihannya dalam team yang mereka ikuti. Oleh karenanya mereka melakukan latihan sendiri diluar jadwal latihan team tersebut. Namun sudah taukan bagimana latihannya, apakah sudah benar atau malah hanya membuat lelah saja. Oleh karena itu saya sampaikan beberapa latihan pribadi yang bisa anda lakukan untuk menunjang fisik anda dan tentu saja peforma anda saat bermain. Langsung saja!

Contoh program tambahan latihan fisik

1. lari
Lari merupakan latihan yang sangat mudah utuk dilakukan, karena kita sudah tentu bisa berlari. Untuk latihan lari ini kita bisa melakukannya secara bertahap, contoh : misalkan hari minggu kita berlari mengelilingi lapangan sepak bola sebanyak 3 kali atau selama 5 menit maka untuk latihan berikutnya kita usahakan mampu melakukan sebanyak 4 kali atau 6 menit. Bila itu dapat anda lakukan, berarti anda ada peningkatan. Dan lakukan sampai berapa puluh putaran atau berapa menit putaran dengan kata lain lakukan semaksimal yang anda bisa. Disini kita fokus pada endurance/daya tahan.

2. Senam
Program Tambahan Latihan Fisik Sendiri
Kebanyakan pemain kita enggan melakukan senam/samba sebelum melakukan latihan. Padahal latihan senam ini berfungsi untuk melemaskan otot-otot kita yang masih tegang dikarenakan proses latihan kita, agar tidak terjadi kram saat bermain. Oleh karena itu senam lebih bagus kita biasakan sendiri dan bisa kita lakukan di rumah.

Dalam latihan senam, diperlukan sedikit peregangan agar otot-otot menjadi lebih lemas dan lentur. Peregangan ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, yaitu:
• Menengokkan kepala kekiri dan kekanan
. Menengadah dan kebawahkan kepala
• Memutarkan lengan ke depan dan ke belakang
• Memutarkan pinggang kekanan maupun kekiri
• Menekuk badan ke depan dan kebelakang
• Memutarkan lutut kaki kekiri maupun kekanan

Lakukan semua gerakan tersebut sebanyak 2x8 hitungan atau 3x8 hitungan, dan juga bisa ditambah dengan senam SKJ ataupun lainnya. Ingat latihan senam ini utnuk tujuan meleaskan oto-otot tubuh. 

3. Skipping (lompat tali)
Program Tambahan Latihan Fisik Sendiri
Latihan skipping atau lompat tali bertujuan untuk menguatkan otot di sekitar engkel kaki. Latihan ini juga mudah untuk dilakukan. Bisa dilakukan di dalam rumah, di halaman rumah dan di kebanykan temapt, karena latihan ini tidak membutuhkan ruang yang luas. 

Cara melakukan skipping adalah sebagi berikut:
• Anda dalam kondisi tegak lurus.
• Kedua kaki dirapatkan.
• Lompatlah dengan menggunakan pergelangan kaki (engkel), bukan dari lutut.

Latihan ini dapat dilakukan setelah anda melakukan jogging/melakukan pemasan terlebih dahulu. Lakukan semampu anda dan yang terbaik adalah setiap melakukan ada peningkatan didalamnya.  

4. Berenang
Program Tambahan Latihan Fisik Sendiri
Berenang merupakan olahraga air yang menyenangkan. Tujuan dari berenang adalah untuk melatih kelenturan tubuh pemain. Dalam berenang, semua otot tubuh ikut bergerak. Sama seperti jogging, berenang merupakan latihan fisik yang direkomendasikan bagi semua atlet di semua cabang olahraga. Dan yang paling penting berenang itu tekanan ke tubuh sangatlah ringan dibandingkan dengan oleharaga lainnya.

Manfaat berenang antara lain:
Mengencangkan (bukan membesarkan) otot dada, punggung, dan lengan sehingga akan mempermudah dalam melakukan gerakan manuver.
Mengencangkan otot paha sehingga meningkatkan ketahanan tubuh dalam berlari.
Meningkatkan kapasitas paru-paru sehingga oksigen dapat diserap lebih banyak.
Seluruh otot tubuh berkontraksi (ikut berlatih) sehingga mencegah cedera otot di saat melakukan gerakan yang tidak biasa dilakukan.

Menu latihan ini adalah 50 m x 3, yaitu berenang sejauh 50 meter sebanyak 3x. Apabila anda merasa masih mampu, maka anda dapat meningkatkan frekuensinya. Berenang juga merupakan terapi alami bagi pemain yang mengalami cedera otot.

Cukup sekian coretan dari saya tentang program tambahan latihan fisik yang anda lakukan sendiri. Bila ada cara yang lain silahkan ditambahkan dalam komentar.

NB: Bila sodara merasa terbantu oleh coretan-coretan ini, silahkan dishare, siapa tau ada orang lain yang juga membutuhkannya. INGAT BERBAGI DALAM KEBAIKAN ITU BAIK!!!

1 komentar:

Silahkan dibagikan bila ini bermanfaat dan bila ingin copas harap sertakan sumbernya. Bila berkenan hubungi admin kami melalui email. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.