Insurance car insurance for car insurance quote broking news au home loan au home loans home loans aus loan from home loan home loans for home loans home for home loan loans on home mortgaging mort gauge mortgage s mortgages mortgage on the house mortgaging a house mortgage meaning meaning of mortgage mortgages meaning mortgaging meaning

11/18/2020

Urutan Perkembangan Bayi dari Usia 0-12 Bulan di Bagi Menjadi 4 Tahap


Urutan perkembangan bayi


Memiliki buah hati yang berada di tengah-tengah keluarga akan menjadi kebahagian tersendiri dan tidak bisa digantikan oleh apapun juga. Oleh karena hal tersebut kita sebagai orang tua wajib memberikan hal terbaik khususnya pada setiap tahapan tumbuh kembangnya si buah hati. Adapun 4 tahap perkembangan bayi mulai usia 0 sampai 12 bulan yang wajib diperhatikan, agar pertumbuhan si kecil lebih maksimal.


Urutan Perkembangan Bayi dari Usia 0-12 Bulan di Bagi Menjadi 4 Tahap


1. Perkembangan di minggu pertama sampai 3 bulan ke depan


Saat minggu pertama si buah hati belum memiliki pendengaran yang baik, tetapi ia sudah bisa mengenali suara dari sang ibu. Nah pada tahap ini pula si buah hati pun sudah mempunyai kemampuan gerak yang lumayan baik seperti menggenggam jari-jari sang ibu.


Setelah memasuki bulan pertamanya, kebanyakan bayi akan berlatih mengangkat kepala, merespin suara, memandang wajah yang berada di depannya sampai melihat pola warna hitam serta putih.


Kemudian pada bulan kedua, si bayi seharusnya sudah dapat mengangkat kepalanya meski hanya dalam waktu singkat. Perkembangan bayi ini akan terus berlanjut hingga memasuki bulan ketiga. Dimana pada bulan ini si bayi sudah bisa mengangkat kepalanya dan menahan lebih stabil. Dan juga sudah bisa mengenali wajah serta tersenyum bahkan tertawa.

Baca juga: Masalah keseimbangan pada perkembangan anak


2. Urutan perkembangan bayi pada usia 4 sampai 6 bulan


Kebanyakan bayi dan pada umumnya pada bulan keempat ini mereka sudah bisa menahan berat badannya dengan kedua kakinya. Pada tahap ini juga, sang bayi juga sudah bisa mulai mengoceh saat Anda mengajaknya berbicara.


Nah pada bulan kelima beberapa bayi juga sudah ada yang mulai berguling serta bermain dengan tangan dan kakinya sendiri.


Pada bulan keenam bayi akan mulai menirukan suara yang mereka dengar sampai mulai berltih duduk sebentar tanpa bantuan Anda. Nah pada bulan ini bayi sudah boleh dikenalkan dengan makanan yang padat.


3. Urutan tahapan perkembangan bayi usia 7-9 bulan


Pada bulan ketujuh ini sang bayi sudah berlatih merangkat dengan mengerak gerakkan perutnya. Dia akan mulai menirukan suara kata serta meraih sebuah benda. Tahap perkembangan bayi selanjutnya ialah bayi akan memindahkan suatu benda dari tangan satu ke tangan satunya. Selain itu sang bayi akan mulai merangkak.


Selanjutnya pada usia kesembilan bulan, sang Ibu dan Ayah harus mulai sabar, karena sang bayi sudah bisa mulai meraih sesuatu, menjatuhkan serta melemparkannya.

Baca juga: Cara memberikan stimulus pada bayi Anda supaya lebih maksimal


4. Urutan perkembangan bayi usia 10 sampai 12 bulan


Pada usia 10 bulan sudah bisa dibilang merupakan tahapan yang cukup ditunggu-tunggu oleh kedua orang tua dan bahkan kedua keluarga besan Anda. Di tahapan bayi ini sudah mulai belajar untuk berdiri sendiri walau hanya bertahan persekian detik saja.


kemudian ketika sudah memasuki usia 11 bulan, si bayi akan mengerti perintah singkat (sederhana) dari Ibu ataupun Ayahnya.


Pada bulan keduabelas, bayi sudah mulai melangkah serta dapat menunjukkan keinginannya dengan menggunakan bahasa tubuh.


Pertanyaannya...

Bagaimana dengan perkembangan bayimu sekarang? Apakah si kecil sudah atau malah belum menunjukkan gerakan gerakan sesuai pada tahapan perkembangan di atas? Jika belum, Anda tidak perlu risau ataupun bingung. Selalu ingat bahwa urutan tahapan perkembangan bayu selalu berbeda-beda dan rutinlah selalu periksa keadaan si bayi ke dokter.


Nah itulah penjelasan tentang urutan tahapan perkembangan bayi dari 0 sampai 12 bulan yang bisa Admin berikan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke teman lainnya.

0 komentar

Post a Comment

Silahkan dibagikan bila ini bermanfaat dan bila ingin copas harap sertakan sumbernya. Bila berkenan hubungi admin kami melalui email. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.