Insurance car insurance for car insurance quote broking news au home loan au home loans home loans aus loan from home loan home loans for home loans home for home loan loans on home mortgaging mort gauge mortgage s mortgages mortgage on the house mortgaging a house mortgage meaning meaning of mortgage mortgages meaning mortgaging meaning

5/11/2020

Cara Melakukan Squat yang Benar Agar Pinggang Tidak Sakit


Gerakan squat adalah salah satu bentuk latihan yang baik untuk melatih tubuh bagian bawah dan inti otot. Latihan squat dapat dilakukan oleh pria maupun wanita dan bisa diakukan secara rutin dapat mengencangkan otot paha, bokong serta meningkatkan sirkulasi pencernaan, sehingga membuat badan semakin sehat dan bugar.

Cara Melakukan Squat yang Benar Agar Tidak Pinggang Tidak Sakit


Ada beberapa macam/variasi gerakan squat di rumah yang bisa Anda lakukan, antara lain:
  • Squat dasar
  • Squat dengan tendangan ke belakang
  • Squat sumo
  • Squat sumo ke atas
  • Squat serong
  • Squat sempit
  • Squat pistol
  • Squat split
  • Squat isometrik
  • Squat pop


Nah 10 jenis variasi gerakan squat di atas bisa dilakukan di rumah tanpa ada tambahan alat khusus. Mungkin Anda bisa menggunakan matras atau karpet supaya lantai rumah tidak licin, sehingga lebih safety ketika melakukan latihan squat.

Namun jika Anda ingin menambah beban latihan bisa juga memanfaatkan alat fitnes seperti dumbbell ataupun barbell.

Cara Melakukan Squat yang Benar


Perlu Admin tekankan bahwa sebenarnya gerakan squat sangatlah sederhana dan gerakan ini termasuk salah satu gerakan Bodyweight training dimana jenis latihan yang memanfaatkan berat badan sendiri sebagai beban latihan.

Selain itu olahraga squat juga begitu praktis dilakukan dan bisa dilakukan dimana saja serta kapan saja. Dan pastinya squat memiliki banyak manfaat buat kesehatan badan kita.

Oleh karena itu segerakan lakukan latihan squat secara rutin dengan gerakan yang benar. Jika Anda masih bingung, Anda bisa mencoba step-step cara melakukan squat yang benar di bawah ini.

1. Usahakan posisi jongkok berada pada posisi 90 derajat

Cara tepat pertama untuk melakukan squat yang benar adalah dengan posisi jongkok 90 derajat.

Cara Melakukan Squat yang Benar Agar Tidak Pinggang Tidak Sakit

Jika Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan posisi siku lutut 90 derajat, maka Anda bisa menempatkan sebuah boks setinggi lutut saat Anda melakukan squats. Usahakan bokong menyentuh permukaan boks tersebut dan kemudian berdiri. Ulangi gerakan tersebut hingga And terbiasa dan lakukan tanpa boks.

2. Posisi punggung harus rata/lurus

Kebiasaan yang salah bagi seorang pemula ketika sedang melakukan gerakan squat, biasanya punggung mereka membungkuk. Padahal yang benar adalah punggung harus lurus tegak. Sehingga dapat menghindari cedera sakit punggung. Dan inilah kunci melakukan squat supaya tidak sakit punggung.

3. Lakukan variasi squat yang berbeda

Anda bisa mencoba beberapa macam variasi gerakan squat dalam berlatih. Ini semua dilakukan supaya lebih banyak otot bagian bawah yang terlatih dan anggota tubuh yang lain ikut bergerak.

4. Menggunakan beban tambahan

Jika Anda sudah mahir dan terbiasa melakukan squat tanpa tambahan beban, maka Anda bisa menggunakan tambahan beban dari alat fitnes seperti barbell ataupun kepingan beban. Ini dilakukan supaya dapat membakar kalori lebih banyak daripada ketika melakukan squat dengan model bodyweight training.

5. Bertumpu pada tumit

Ketika melakukan gerakan squat, tumpuan wajib menggunakan tumit dan bukan pada jari-jari kaki. Karena jika bertumpu pada jari-jari kaki, akan membuat resiko cedera lebih besar.

Cara sederhana supaya bisa bertumpu pada tumit ketika melakukan squats adalah dengan sedikit mendorong pinggang kebelakang.

6. Perhatikan posisi kaki

Selain memperhatika 5 langkah diatas, ada satu lagi yang perlu diperhatikan ketika melakukan squats. Dimana Anda harus memperhatikan posisi kaki ketika gerakan berdiri dan jongkok. Selalu usahakan posisi kedua kaki terlebih kedua lutut dalam posisi yang sama.

Jangan biarkan kedua lutut bergerak ke arah dalam karena dapat berakibat tekanan lebih besar pada kedua otot lutut yang bisa menyebabkan terjadinya cedera lutut.

Biasanya lutut bergerak ke arah dalam dikarenakan adanya kesalahan posisi kaki dan juga disebabkan oleh otot-otot paha yang belum kuat. Sehingga Anda juga wajib melatih otot paha dalam dan luar, supaya dapat saling mendukung ketika Anda melakukan squat.

Nah dengan memperhatikan beberapa step cara melakukakn gerakan squat yang benar di atas, maka Anda dapat menghindari rasa sakit pinggang. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir lagi jika akan melakukan gerakan squat setiap hari, dimanapun (di ruang tamu, di halaman rumah) dan kapanpun juga.

Manfaat Latihan Squat dengan Rutin untuk Pria dan Wanita

  • Membakar kalori.
  • Memperkuat otot.
  • Mengecilkan perut.
  • Membentuk pantat.
  • Meningkatkan fleksibilitas.
  • Meningkatkan aliran darah.
  • Meminimalkan terjadinya selulit.


Untuk lebih jelasnya tentang manfaat latihan squat Anda bisa klik pada kalimat "MANFAAT MELAKUKAN SQUAT SECARA TERATUR".

Nah itulah penjelasan tentang bagaiman cara melakukan gerakan squat yang benar supaya tidak sakit pinggang dan dapat membentuk otot-otot paha, perut dan bokong. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ke teman lainnya.


Sumber Refrensi:
https://netz.id/list/2019/04/11/00716-01916/1003100419/10-macam-squat-hilangkan-lemak-menumpuk-di-paha-dan-bokong-dalam-seminggu
https://www.zonapelatih.net/2019/09/manfaat-squat-secara-teratur.html
https://www.goldsgym.co.id/knowledge/details/6-cara-melakukan-squats-yang-benar-1

0 komentar

Post a Comment

Silahkan dibagikan bila ini bermanfaat dan bila ingin copas harap sertakan sumbernya. Bila berkenan hubungi admin kami melalui email. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.