4/22/2020

Gerakan Push Up yang Cocok Untuk Wanita


Push ups adalah suatu gerakan olahraga yang melibatkan hampir seluruh otot tubuh bagian upper (atas). Dari otot trisep, otto dada, otot bahu dan juga otot abdominal sebagai otot penstabilkan tubuh.

Latihan push uup tidak hanya berguna untuk mengencangkan dan membentuk otot perut saja. Namun juga cara efektif untuk membakar kalori tubuh. Dan cara melakukan push up sangatlah mudah, oleh karena itu kini telah banyak para wanita melakukan olahraga push up.

Push up dasar adalah cara yang efektif untuk memperkuat otot dada dan otot lengan kita. Baik pria atau wanita sama-sama cocok melakukan push up. Namun kali ini wiwa10 hanya akan membahas mengenai beberapa variasi push up yang cocok untuk para wanita.

Dengan begitu harapannya para wanita pun dapat melakukan latihan push up dengan optimal. Lalu bagaimana cara melakukan push up untuk wanita yang efektif dan optimal? Nah jawabannya ada pada artikel ini, jadi silahkan dibaca higga selesai ya!

Sebagai contoh pada laki-laki, tumpuan kaki diletakkan pada bagian ujung jari kaki, sedangkan pada perempuan, letak tumpuan berada di lutut (knee push up). Dan ini pun cocok digunakan untuk tips push up untuk seorang pemula, supaya beban tidak terlalu berat.

Ada beberapa Variasi Gerakan Push Up dan Manfaatnya untuk Wanita. Dimana gerakan push up bagi wanita ini dimulai dari yang termudah hingga yang tersulit. Untuk selengkapnya silahkan baca di bawah ini.

Gerakan Push Up yang Cocok Untuk Wanita

Variasi Gerakan Push UP yang Cocok Untuk Wanita


1. Wwall push up

Sesuai dengan namanya gerakan push up yang pertama yang cocok untuk wanita pemula, yaitu push up di dinding/tembok. Dimana gerakan push dilakukan dengan bantuan tembok/dinding rumah.

Pada gerakan push up wanita yang satu ini adalah yang paling ringan dan mudah untuk dilakukan. Dimulai dari gerakan wall push-up ini akan menambah kekuatan otot-otot bagian atas Anda secara perlahan tetapi pasti. Dengan begitu ketika otot-otot lengan sudah muali kuat, Anda bisa beralah ke variasi push up yang lebih berat lagi.

sumber: Healthline

Cara melakukan gerakan push up di tembok/dinding:

  • Pilih tembok yang kuat dan dan tidak ada penghalangnya. Seperti lukisan, atau pajangan lainnya di tembok.
  • Berdiri di depan dinding dengan tegak.
  • Letakan telapak tangan Anda di tembok setinggi bahu Anda. Posisi tangan lurus menyentuh tembok. Sembari telapak menempel, posisi kaki lurus ke bawah dan rapat.Berikan jarak antara kaki Anda berdiri dengan tembok.
  • Jagalah agar tubuh tetap rata, seperti papan, tidak membungkuk di bagian pinggul maupun lutut.
  • Jika badan sudah siap lurus, mulailah menekuk siku dan dekatkan dada Anda ke dinding.
  • Ketika dada hampir menyentuh dinding, tekan telapak tangan Anda kembali untuk meluruskan lengan tangan kembali seperti posisi semula.
  • Lakukan gerakan menekuk siku dan meluruskannya ini berulang-ulang. Lakukan sebanyak 12-15 kali. Jika ini terasa mudah bagi Anda, coba untuk membuat jarak antara kaki dan tembok lebih jauh lagi. Posisi kaki lebih jauh dari tembok. Semakin jauh kaki, maka akan semakin besar usaha yang harus Anda lakukan melakukan gerakan push-up ini.

2. Bench push up

Tidak seperti pada gerakan wall push up, pada gerakan kali ini akan terasa sedikit lebih berat karena menggunakan bangku atau box. Anda dapat menggunakan bangku apasaja yang terpenting kuat dan kokok untuk menopang berat badan Anda. Keuntungan melakukan gerakan bench push up salah satunya dapat membuat posisi tubuh lebih horizontal dibandingkan ketika melakukakn wall push up.

sumber: Paleohacks.com

Cara melakukan gerakan bench push up yaitu:

  • Letakan tangan Anda di tepi bangku dengan jarak selebar  bahu Anda. Posisi bahu Anda dengan pergelangan tangan harus sejajar.
  • Luruskan kaki menjauhi bangku sehingga tubuh Anda membentuk seperti garis lurus dari bahu hingga ujung kaki. Posisi kaki harus lurus dengan jarak antara kaki kanan dan kiri selebar bahu Anda. Sebelum memulai, pastikan posisi ini sudah benar sebab posisi inilah yang menentukan gerakan push up Anda sempurna atau tidak secara tekniknya.
  • Jika sudah siap, mulai tekuk siku, dan turunkan dada Anda ke arah tepi bangku. Jaga posisi siku tetap dekat pada badan Anda jangan jadi terbuka ke samping.
  • Ketika dada Anda sudah hampir menempel pada tepian bangku, kembali luruskan siku Anda seperti posisi awal.
  • Lakukan tiga set gerakan ini, dengan pengulangan per setnya 8 kali. Lakukan gerakan dengan teknik sesempurna mungkin, Tidak usah terburu-buru yang penting gerakan tekniknya tepat.

3. Knee push up

Knee push up adalah gerakan push up yang dilakukan dengan cara kaki bertumpu pada kedua lutut Anda, inilah yang membedakan dengan posisi pada push up biasanya, dimana tumpuan ada pada kedua ujung kaki.

Sumber: Giphy

Cara melakukan gerakan knee push up yaitu:

  • Posisi Anda sekarang berada di atas matras dengan posisi tubuh mengarah ke materai.
  • Posisikan telapak tangan di atas materai dengan tangan lurus. Jarak tangan kanan dan kiri sejajar di bawah bahu.
  • Posisi lutut menempel pada matras. Posisi punggung hingga lutut harus sejajar lurus.
  • Kemudian tekuk siku Anda dan turunkan dada ke arah matras. Turunkan dada Anda hingga hampir menempel pada matras, sebelum hingga menempel, dorong siku Anda kembali lurus menjauhi matras.
  • Lakukan gerakan ini sebanyak tiga set, dengan satu set 8 kali pengulangan.

4. Tradisional push up

Nah variasi gerakan yang ke empat ini akan terasa lebih berat untuk wanita, jika dibandingakan dengan tiga variasi push up di atas.

Sumber: huffingtonpost

Cara melakukan push up tradisional yaitu:

  • Posisi Anda sekarang berada di atas matras dengan posisi tubuh mengarah ke matras.
  • Posisikan telapak tangan di atas matras dengan tangan lurus. Jarak tangan kanan dan kiri sejajar di bawah bahu.
  • Posisi ujung jari kaki menempel pada matras. Dari punggung hingga ujung kaki posisi tubuh harusnya lurus. Tahan otot perut Anda sebelum memulai gerakan push up.
  • Kemudian tekuk siku Anda dan turunkan dada ke arah matras. Jaga otot perut tetap kencang selama menurunkan tubuh ke matras.
  • Turunkan dada Anda hingga hampir menempel pada matras, sebelum hingga menempel, dorong siku Anda kembali lurus menjauhi matras.
  • Lakukan gerakan ini sebanyak tiga set, dengan satu set 8 kali pengulangan.

Nah itulah 4 variasi push up yang cocok dilakukan oleh wanita, dimulai dari yang ringan hingga yang berat. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

0 komentar

Post a Comment

Silahkan dibagikan bila ini bermanfaat dan bila ingin copas harap sertakan sumbernya. Bila berkenan hubungi admin kami melalui email. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.