Insurance car insurance for car insurance quote broking news au home loan au home loans home loans aus loan from home loan home loans for home loans home for home loan loans on home mortgaging mort gauge mortgage s mortgages mortgage on the house mortgaging a house mortgage meaning meaning of mortgage mortgages meaning mortgaging meaning

4/04/2020

Cara Melakukan Handstand Yang Benar


Handstand adalah sikap berdiri dengan menggunakan kedua tangan sebagai penyangga tubuh, sehingga kedua telapak tangan menjadi tumpuan. Beberapa gerakan yang dilakukan ketika melakukan handstand antara lain mengayunkan kaki, melompat, mengangkat serta mendorong badan. Pada gerakan handstand ini tingkat kemampuan keseimbangan dan kekuatan sangat dibutuhkan supaya dapat melakukan handstand dengan baik dan benar.

Berikut teknik dasar cara melakukan gerakan handstand yang benar dan baik yang bisa Anda lakukan, tanpa mengandalkan bantuan teman maupun tembok / dinding.

Cara Melakukan Gerakan Handstand yang Benar


  1. Pertama ambil sikap berdiri tegak dengan kedua kaki rapat, kedua tangan lurus ke atas.
  2. Salah satu kaki melangkah ke depan, diikuti badan membungkuk ke depan bawah dan kedua telapak tangan di letakkan di matras.
  3. Ketika kedua telapak tangan sudah menyentuh matras, mulailah dengan mengayunkan salah satu kaki ke atas dan baru diikuti kaki satunya lagi dan dirapatkan sehingga badan membentuk garis lurus vertikal antara lengan, badan, dan kedua kaki lurus ke atas.
  4. Pertahankanlah sikap tersebut beberapa saat aatu selama 8-10 hitungan, sambil tetap menjaga keseimbangan supaya tidak jatuh.
  5. Mulai turunnkan kedua kaki ke lantai, satu persatu dan kembali ke sikap awal.

Cara Melakukan Handstand Yang Benar zonapelatih.net

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Ketika Handstand


Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan ketika melakukan handstand, sehingga tidak berhasil. Berikut adalah jenis kesalahan dalam melakukan gerakan handstand yang perlu Anda tahu, untuk menjadi koreksi.

  1. Pinggang terlalu melenting, sehingga tubuh tidak dalam garis lurus vertikal.
  2. Siku tidak lurus (bengkok).
  3. Kepala kurang menengadah.
  4. Arah jari-jari tangan tidak menunjuk ke depan serta jari-jari terlalu rapat.
  5. Penempatan kedua telapak tangan kurang lebar atau malah terlalu lebar, yang baik adalah selebar bahu Anda sendiri.
  6. Ayunan kaki kurang ke atas, terlalu keras dan ada yang terlalu lemah, sehingga kaki tidak bisa stabil berada di atas.
  7. Bahu sedikit kebelakang ketika kaki diayunkan ke atas.
  8. Otot leher bahu, dan pinggang terlalu tegang sehingga gerakan menjadi putus-putus.
  9. Ketika kaki sudah berada di atas, kurang usaha untuk mempertahankan sikap handstand beberapa detika saja.
  10. Ketika roboh, tidak melakukan roll depan (guling depan) dan malah melepaskan tumpuan.


Nah itulah cara melakukan handstand yang benar beserta beberapa kesalahan dalam melakukan gerakan handstand. Demikianlah yang bisa Admin zonapelatih jelaskan mengenai salah satu gerakan senam lantai, semoga bermanfaat. 

0 komentar

Post a Comment

Silahkan dibagikan bila ini bermanfaat dan bila ingin copas harap sertakan sumbernya. Bila berkenan hubungi admin kami melalui email. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.