Insurance car insurance for car insurance quote broking news au home loan au home loans home loans aus loan from home loan home loans for home loans home for home loan loans on home mortgaging mort gauge mortgage s mortgages mortgage on the house mortgaging a house mortgage meaning meaning of mortgage mortgages meaning mortgaging meaning

2/29/2020

10 Teknik Tenis Meja yang Wajib Dikuasai Pemain


Tenis meja (table tennis) atau ping-pong merupakan salah satu permainan yang telah dikenal oleh masyarakat luas.

Tenis meja adalah sebuah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua orang (permainan tunggal) atau dua pasang orang (permainan ganda) dengan menggunakan bet (raket tenis meja), bola tenis, meja tenis, dan net. Tenis meja ini juga termasuk ke dalam katagori permainan bola kecil pada mapel penjas.

Pada permainan tenis meja ini dibutuhkan olah gerak tubuh yang lincah dan koordinasi yang baik, sehingga menghasilkan akurasi yang tepat. Alhasil, otot-otot tubuh, saraf serta intuisi semakin terlatih dengan seiringnya kegiatan tenis meja dilakukan. Dengan begitu Anda akan mampu melakukan cara bermain tenis meja yang baik.

Teknik Tenis Meja yang Wajib Dikuasai Pemain


Dalam permainan tenis meja juga dibutuhkan teknik-teknik dasar yang harus dikuasi oleh pemula. Seperti teknik pukulan tenis meja dan peraturan permainanpun juga dipelajari. Teknik cara memegang bet tenis meja. Dengan begitu permainan pingpong akan berjalan dengan lancara dan menyenangkan.

Nah apakah Anda sudah mengetahui teknik dasar dan peraturan tenis meja? Jika belum silahkan simak penjelasan mengenai teknik dasar tenis meja di bawah ini.

Teknik Dasar Tenis Meja dan Penjelasannya


1. Teknik Memegang Bet (Grip)


Pada tahap paling awal berlatih permainan tenis meja adalah Anda harus paham tentang cara memegang bet atau raket tenis meja. Anda harus mengenal bentuk serta ukuran bet ping-pong, karena bet ini terbilang unik dari yang lain. Setelah ini Anda pelajari 3 teknik memegang bet, antara lain Shakehand grip, seemiller grip, dan penhold grip.

1.1 Teknik Shakehand Grip

Teknik shakehand grip adalah salah satu teknik memegang bet yang multiguna dan paliing banyak digunakan oleh para pemain tenis meja.

Satu alasan yang membuat teknik ini menjadi teknik memegang bet terbaik adalah kaena teknik ini bisa memberikan peluang kepada pemain untuk dapat melakukan jenis pukulan backhand secara mudah dan cepat.

Selain itu juga dikarenakan cara memegangnyapun tidak sulit. Anda hanya perlu memposisikan tangan di gagang ber seperti sedang berjabat tangan saja, serta kepala bet diposisikan ke atas.

1.2 Teknik Seemiller Grip

Teknik seemiller grip hampir sama dengan teknik shakehand grip, yang membedakan adalah pada telunjuk di bagian sisi bet menjadi penyangga kepala bet.

1.3 Teknik Penhold Grip

Teknik penhold grip adalah teknik yang bisa dilakukan dengan cara meniru bentuk posisis tangan ketika memegang pensil atau bolpoint.

Pada umumnya teknik ini digunakan oleh para pemain yang berasalh dari kawasan Asia. Untuk lebih mendukung jenis pegangan bet ini, maka kelincahan pergerakan kaki pemain harus bagus.

Cara melakukan teknik penhold grip ini, cukup memposisikan jari-jari tangan seperti sedang memegang pena/pensil. Sementara itu, kepala bet mengarah ke bawah atau posisinya ke arah bawah.

2. Sikap atau Posisi Tubuh (Stance) Pemain Tenis Meja


Setelah Anda mempelajari teknik dasar memegang bet, kini Anda harus menguasai sikap atau posisi tubuh ketika bermain tenis meja. Karena posisi tubuh ini sangat penting dan mempengaruhi hasil pertandingan tenis meja.

Anda wajib menguasi teknik sikap dan posisi tubuh, karena berguna dalam menyesuaikan diri dengan gaya serta teknik bermain yang diinginkan.

Ada dua sikap siaga yang bisa Anda pelajari, yaitu side stance dan square stance.

2.1 Side Stance

Side Stance adalah posisi tubuh pemain harus berada pada sisi meja tenis, sekaligus menyamping ke kiri atau ke kanan. Biasanya posisi ini sering dikaitkan dengan sikap posisi untuk meyerang lawan.

2.2 Square Stance

Square stance adalah sikap atau posisi tubuh pemain berada di tengah meja dan tubuh menghadap ke net. Untuk dapat melakukan square stance yang baik dibutuhkan positioning yang baik pula.

Square stance ini biasanya digunakan untuk gerakan blocking atau mengembalikan servis lawan.

3. Gerakan Kaki atau Footwork Ping-pong


Biasanya para pemain pemula tidak menyadari jika gerakan kaki sangatlah berpengaruh terhadap teknik dan posisi tubuh yang akan digunakan untuk menyerang atau bertahan. Sehingga latihan footwork ini jarang dilatih, padahal ini sangat penting menurut saya.


Terlebih lagi, gerakan kaki bisa menghambat tindakan tertentu. Semisal gerakan attacking dan blocking. Biasanya teknikyang dapat diandalkan adalah pada gerakan kaki (footwork) yaitu teknik two-step.

Teknik tersebut bisa dilakukan dengan cara sedikit menekuk kedua lutut, selanjutnya menumpukkan serta menyeimbangkan berat tubuh pada kedua kaki.

4. Teknik Servis (Serve)


Ada 3 jenis pukulan permulaan atau pukulan penanda dimulainya permainan olahraga tenis meja yang biasa disebut dengan servis.

Ketiga jenis servis itu adalah forehand fast serve, forehand pendulum serve dan backhand sidespin.

4.1 Teknik Forehand Fast Serve

Teknik forehand fast serve biasanya digunakan untuk memojokkan lawan main serta memberikan servis kejutan.

Cara melakukan servis ini yaitu dengan memukul bola tenis dengan sekuat tenaga serta cepat menggunakan teknik forehand atau pukulan dari posisi samping tubuh.

4.2 Teknik Forehand Pendulum Serve

Salah satu teknik dasar tenis meja terbaik yaitu forehand pendulum serve. teknik servis jenis ini sangat mudah dipelajari, tetapi susah untuk dikuasai secara maksimal. Meskipun demikian, Anda tetap bisa melakukan meski tidak sempurna.

Caranya melakukannya adalah dengan memukul bola dengan ujung atau pinggiran kepala bet, kemudian balikkan sisi bet.

4.3 Teknik Backhand Sidespin Serve

Teknik backhand sidespin serve ini biasanya digunakan untuk membalikkan keadaan. Sehingga harapannya alur permainan berpihak pada kita.

Supaya bisa melakukan tenik ini, Anda harus mampu memukul bola dengan pinggiran kepala bet dari bawah dada atau tubuh. Selanjutnya bet diputarbalikkan.

5. Teknik Serangan (Attacking)


Ada dua jenis teknik attcking atau serangan dalam permainan tenis meja. Dengan menguasai kedua jenis teknik serangan ini, maka Anda akan lebih mudah mendapatkan skor dan mudah melakukan gerakan serangan tertentu.

5.1 Teknik Forehand Attack

Teknik forehand attack dapat dilakukan dengan cara memukul bola dari samping atau area luar tubuh secara kuat.

5.2 Teknik Backhand Attack

Teknik ini berbalikan dengan teknik serangan sebelumnya. Pukullah bola dari dalam atau bawah dada secara kuat untuk menggunakan teknik backhand attack.

6. Teknik Blocking atau Pertahanan Tenis Meja


Dalam bermain tenis meja, Anda tidak bisa hanya bergantung pada teknik serangan saja. Anda juga harus bisa melakukan teknik blocking / pertahanan. Sehingga Anda dapat membendung serangan lawan. Dan dapat mengembalikan bola dengan mudah.

Ada dua jenis teknik pertahanan atau blocking pada permainan tenis meja, yaitu teknik forehand block dan teknik backhand block.

6.1. Teknik Forehand Block

Teknik forehand block dapat dilakukan dengan cara menggerakkan bet ke arah depan net terlebih dahulu, lalu bersiagalah untuk memukul bola yang datang.

6.2 Teknik Backhand Block

Teknik backhand block dapat dilakukan dengan cara menggerakkan bet dari sisi bawah atau kiri tubuh, lalu gerakkan ke depan net untuk melemparkan kembali serangan bola lawan.

7. Teknik Pukulan Drive


Jenis teknik pukulan drive adalah hasil pukulan dari ayunan panjang yang kuat dan cepat dan laju bola adalah datar di atas net.

Jenis pukulan drive ini begitu efektif untuk memberikan kejuatan pada lawan bertanding.

8. Teknik Pukulan Push


Pukulan push hanya dilakukan untuk memantulkan balik bola lawan. Meski terkesan seperti blocking, teknik pukulan push nyatanya berbeda. Kamu dapat melakukan teknik ini baik dengan cara forehand maupun backhand pada umumnya.

Inti dari teknik ini adalah posisikan bet ke arah depan net dan pukul secara mendorong bola yang datang.

9. Teknik Pukulan Flick


Barangkali, sebagian pemain merasa bahwa teknik ini agak sulit untuk dilakukan. Hal tersebut dapat dikatakan benar. Soalnya, teknik pukulan flick atau flip telah dianggap sebagai teknik lanjutan oleh sebagian pemain.

Akan tetapi, teknik ini merupakan teknik dasar di kalangan pemain asia, serta dapat dilakukan dengan cara forehand dan backhand pada umumnya.

Pukulan flick dapat dilakukan dengan cara memukul bola ke arah lawan, namun bola harus terpantul ke area meja pemukul terlebih dahulu sebelum bola menyeberangi net ke area meja lawan.

10. Teknik Chop


Teknik dasar permainan tenis meja terakhir yang perlu dipelajari adalah teknik chop. Pada dasarnya, teknik chop memiliki prinsip yang sama dengan teknik bertahan.

Namun, teknik chop cenderung dilakukan ketika posisi tengah genting. Misalnya, bola lawan akan segera melandas ke area bermainmu.

Jika hal tersebut terjadi, kamu harus bersiaga sambil membuka pukulanmu agar dapat segera menangkis bola yang datang.

Gerakan yang dilakukan akan menyerupai gerakan menebang pohon. Fungsi teknik ini adalah bola akan melambung kembali ke area lawan.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai teknik dasar permainan tenis meja yang bisa Anda ketahui dan Anda pelajari. Supaya Anda dapat bermain tenis meja dengan baik dan memenangkan pertandingan ping-pong.

0 komentar

Post a Comment

Silahkan dibagikan bila ini bermanfaat dan bila ingin copas harap sertakan sumbernya. Bila berkenan hubungi admin kami melalui email. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.