12/21/2019

Program Latihan Bulu Tangkis Untuk Anak


Untuk para anak-anak yang ingin menjadi pemain bulu tangkis profesional, maka mereka sangat membutuhkan latihan teknik dasar permainan bulutangkis. Supaya permainan menjadi lebih baik dan semakin meningkat kualitasnya.

Untuk mendapatkan pelatihan bulu tangkis terbaik, para anak-anak/pemain muda juga terus mencari metode pelatihan yang paling efektif. Supaya cara bermain mereka bisa ditingkatkan, seperti kemampuan memukul dan juga belajar tentang berbagai teknik berbeda di lapangan supaya permainan bisa lebih menarik serta menyenangkan.

Nah untuk menjawab semua pertanyaan ini, berikut admin zona pelatih memberikan contoh program latihan bulutangkis untuk anak-anak (pemula) yang bisa dijadikan sebagai referensi kedepannya.

Untuk meningkatkan kemampuan bulutangkis, kebanyakan pelatih akan memulai latihan tim pada usia yang masih muda (usia anak-anak SD) untuk menjaga postur standar, penerapan kekuatan yang baik, memiliki tingkat kebugaran yang baik dan lebih tenang saat di lapangan.

latihan dasar bulu tangkis untuk anak anak dan pemula
Anak-anak berlatih badminton di GOR


14 Program Latihan Bulutangkis Untuk Anak dan Pemula


Ada 3 item pelatihan terpenting yaitu keterampilan, kemampuan dan juga pengalaman sehingga nantinya seorang pemain bisa menjadi pemain badminton yang profesional.

1. Gerakan Dominan dan Teknik Dasar

Gerakan dominan pada permainan bulu tangkis meliputi gerakan mengayun, memukul, lari, melangkah serta melompat.

Sedangkan unsur teknik dalam permainan bulutangkis yaitu teknik tanpa kok tanpa perlengkapan bulu tangkis dan teknik pukulan. Untuk teknik tanpa kok terdiri dari teknik memegang raket atau grip dan teknik langkah kaki atau footwork.

Sedangkan untuk teknik pukulan dibagi menjadi 7 teknik yakni:

  • Teknik pukulan servis yang terdiri dari teknik servis tinggi melambung atau deep singles service, servis pendek atau short doubles services, servis mendatar atau drive services dan servis menjentik atau flick service.
  • Teknik pukulan overhead drop shot yang terdiri dari drop shot lambat dan drop shot cepat.
  • Teknik atau cara memperkuat pukulan smash dalam bulutangkis yang terdiri dari smash penuh atau full smash dan setengah smash atau half smash.
  • Teknik pukulan net drop
  • Teknik pukulan mendatar atau drive
  • Teknik pukulan lob dari bawah atau underhand lob.


2. Latihan Fisik

Program latihan bulutangkis untuk anak anak juga meliputi latihan fisik, dimana memiliki beberapa komponen yang juga penting dalam cara bermain bulu tangkis untuk anak dan bentuk latihan fisik secara umum diantaranya adalah:

  • Latihan daya tahan: Dikembangkan dengan latihan lari dan gerakan lainbernilai aerobik dengan tujuan untuk meningkatkan daya tahan aerobik pemain sehingga setiap pemain bisa bergerak dalam waktu lama tanpa kelelahan.
  • Latihan kekuatan: Latihan kekuatan memiliki beberapa komponen seperti meloncat ke belakang, ke depan, ke samping, memukul sambil loncat dan melangkah lebar secara mendadak yang biasanya memakai beban tubuh seperti push up, sit up, angkat kaki, back up, jongkok dan berdiri untuk menguatkan tungkai dan loncat di tempat atau sambil bergerak.
  • Latihan kecepatan: Cara termudah berlatih kecepatan dalam bulutangkis dilakukan dengan lari cepat jarak dekat, lari bolak balik, lari jarak 6 meter, jongkok berdiri dan lari cepat jarak dekat.
  • Latihan fleksibilitas: Latihan fleksibilitas sangat penting untuk pemain badminton. Oleh karena itu fleksibilitas, dilatihkan dalam program bulutangkis akan dilakukan teknik kontraksi rileksasi yakni otot yang diregangkan dan dikontraksi secara isometrik, teknik kontraksi relaksasi kontraksi yang serupa dengan teknik kontraksi relaksasi tetapi kumpulan otot agonis dikontraksi dengan aktif, teknik hold relax swing yakni peregangan dinamis statis dan isometrik.


3. Latihan Teknik dan Taktik

Keterampilan teknik juga merupakan dasar penting agar kemampuan pemain bisa berkualitas. Untuk mencapai tujuan ini, latihan keterampilan teknik juga harus diprioritaskan dalam program latihan bulutangkis untuk anak. Beberapa teknik tersebut adalah:

  • Teknik pegang raket atau grip: Beberapa cara memegang raket bulu tangkis yang akan diajarkan diantaranya adalah grip Inggris agar pemain bisa melakukan pukulan dengan bebas dan rileks baik untuk pukulan forehand ataupun backhand, grip amerika supaya pukulan forehand bisa dilakukan dengan keras dan kuat, shakehand grip, cara pegang backhand untuk menghasilkan pukulan backhand maksimal, latihan pengenalan pegang raket.
  • Teknik sikap siaga: Teknik yang harus dilakukan supaya mempercepat reaksi jatuhnya kok dari semua arah yang biasanya dilakukan dengan cara berdiri menghadap ke lawan dengan kedua kaki agak sejajar selebar bahu, sikap badan agak rendah dengan lutut sedikit ditekuk dan berat badan bertumpu di telapak kaki depan, dilanjutkan dengan melakukan posisi yang fleksibel dan stabilitas rendah supaya gerakan langkah kaki mudah dan cepat serta raket yang di pegang di depan badan dan kepala raket setinggi bahu.
  • Teknik langkah kaki/foot work: Dilakukan supaya bisa melakukan pukulan dengan mudah dan kembali ke posisi semula dengan beberapa teknik dan bentuk latihan langkah kaki seperti langkah bergantian, langkah berturut turut, langkah meloncat dan latihan langkah kaki.
  • Teknik memukul kok: Keterampilan teknik yang tidak kalah penting yang biasanya dilakukan dengan latihan memukul kok berulang di depan badan, berdiri dengan memegang raket di depan badan dengan memukul kok setinggi 1/2 meter berulang kali, melakukan latihan seperti memukul kok berulang namun sambil berjalan maju mundur, latihan berdiri memegang raket di depan tubuh dengan kok yang melambung kurang dari 2 meter dan dipukul ke arah depan atas, dilanjutkan dengan kok melambung kurang lebih 3 meter dan ke arah belakang badan sehingga saat memukul harus membalikan badan dan latihan berpasangan saling berhadapan dengan jarak 3 meter kemudian melakukan pukulan berulang kali.

Contoh Video Melatih Bulutangkis Anak-Anak




Itulah tadi program latihan bulutangkis untuk anak - anak standar yang biasanya akan diberikan untuk melatih para atlet yang masih baru. Selain beberapa pelatihan yang sudah disebutkan diatas, masih banyak lagi teknik yang akan diajarkan dalam program lanjutan sesudah tahapan anak ini sudah dilakukan dengan baik sehingga bisa menjadi salah satu pebulutangkis terbaik dunia.

0 komentar

Post a Comment

Silahkan dibagikan bila ini bermanfaat dan bila ingin copas harap sertakan sumbernya. Bila berkenan hubungi admin kami melalui email. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.