12/25/2019

Jenis - Jenis Latihan Fitness (Gym)


Inilah jenis-jenis dan bentuk latihan fitness di tempat Gym Center - Mungkin kebanyakan dari kita belum paham betul mengenai jenis-jenis latihan di tempat fitnes center. Ada yang sudah lama mengikuti program fitnes, namun belum paham betul tentang ada berapa jenis latihan fitnes.

Padahal jika Anda ingin mengkuti suatu program fitnes, ada bainya Anda harus paham betul dengan bentuk dan jenis latihan fitnes yang seperti apa. Karena ini sangat penting, karena akan berpengaruh terhadap hasil tujuan Anda melakukan fitnes.

Sehingga dengan begitu Anda akan, mendapatkan program yang sesuai dengan kondisi tubuh dan keinginan Anda.

4 Metode Latihan Fitness terbaik

Jenis dan Manfaat Latihan Fitness di Gym Center


Nah pada kesempata kali ini, Admin zona pelatih akan menjelaskan tentang jenis-jenis latihan fitness yang bisa Anda lakukan.

Empat jenis latihan fitness di tempat Gym center


1. Latihan daya tahan (endurance)

Manfaat dari melakukan latihan daya tahan ini, adalah dapat meningkatkan daya tahan jantung, paru-paru serta peredaran darah.

Contoh bentuk latihannya adalah aerobik, RPM dan jogging.

2. Latihan kekuatan (strength)

Latihan kekuatan ini fokus pada kekuatan otot tubuh.

Contoh bentuk latihannya adalah angkat beben atau biasa disebut dengan weight training.

3. Latihan keseimbangan (balance)

Latihan ini bertujuan untuk melatih keseimbangan tubuh menjadi lebih baik.

Contoh bentuk latihannya adalah body balance.

4. Latihan kelenturan tubuh

Latihan ini bertujuan supaya memiliki tubuh yang lentur.

Contoh bentuk latihannya adalah yoga dan pilates.


Nah dari 4 jenis bentuk latihan fitnes di atas, latihan kekuatan (weight training) adalah yang paling dominan dan paling banyak dilakukan.

4 Metode Latihan Fitness terbaik

Latihan kekuatan / weight training menurut fungsinya dibagi menjadi 5 jenis


1. Body building

Tujuan dari latihan body building ini adalah untuk memperbesar otot-otot tubuh.

Latihannya dilakukan dalam 8-12 hitungan repetisi. Jika dibandingkan, otot yang terbentuk tidak sekuat seperti latihan power lifting. Karena yang menjadi tujuan adalah membentuk otot yang besar, bukan otot yang kuat dan itu sangat berbeda sekali.


2. Power lifting

Latihan power lifting bertujuan untuk memiliki kekuatan (fokus pada kekuatan)

Latihannya dilakukan dengan sedikit hitungan dengan beban berat yang luar biasa. Dan fokus atau yang dikejar dalam latihan ini adalah memaksimalkan kekuatan otot, bukan untuk memperbesar atau membentuk otot.

3. Circuit training

Latihan circuit training bertujuan untuk membakar lemak, meningkatkan daya tahan serta meningkatkan sedikit kekuatan otot tubuh.

Latihan dengan model circuit training ini adalah dengan mengangkat beban yang ringan atau tidak begitu berat dengan banyak hitungan repetisi.

Dan pada setiap pergantian set dari beberapa gerakan latihan, selalu dilakukan dengan atau tanpa istirahat.

Sebagai conoh yaitu Anda melakukan 20x squats dan 20x bench press, dilakukakn dengan sedikit ataupun tanpa istirahat diantara setnya.


4. Isometric

Latihan isometric dilakukan dengan mengangkat beban dan menahannya pada satu posisi tubuh selama beberapa detik.

Sebagai contoh Anda merentangkan tangan kedepan dengan memegang dumbbell selama beberapa detik.

Latihan ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan stamina dan kekuatan pada otot yang digunakan untuk menahan posisi tertentu.

Dan model latihan fitness seperti ini biasanya digunakan oleh atlet pemenjat tebing dan pesenam yang harus mampu menahan posisi tubuhnya.

5. High volume training

Latihan high volume ini hampir sama pengan latihan body buiding, yang membedakan adalah beberapa bagian otot hanya dilatih seminggu sekali dengan hitungan set yang sama untuk setiap bagian ototnya.

Dan pada setiap minggunya beban ditambah sedikit, untuk menaikkan kekuatan otot tubuh. Latihan model ini juga bisa digunakan untuk memperbesar otot dan juga menaikkan daya tahan otot dalam jangka waktu yang lama.

Tujuan Utama Latihan Gym (Ngegym)

Tujuan utama orang melakukan latihan fitness adalah untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot tubuhnya.

Padahal selain itu latihan gym juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan stamina tubuh menjadi lebih baik, memperbaiki postur tubuh, meningkatkan kepercayaan diri (PD), meningkatkan peforma kerja, menghindari insomnia, mencegah dan mengontrol obesitas serta penyakit lain seperti diabetes, jantung, dan juga depresi.

Bagi wanita juga bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang serta menghindari osteoporosis atau tulang rapuh.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai jenis-jenis latihan fitnes di tempat fitness center. Semoga bermanfaat buat kita semua.


Sumber Refrensi

0 komentar

Post a Comment

Silahkan dibagikan bila ini bermanfaat dan bila ingin copas harap sertakan sumbernya. Bila berkenan hubungi admin kami melalui email. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.