Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Apakah Anda termasuk orang yang hobi bermain futsal? Sering merasa kelelahan/kecapekan padahal pertandingan belum usai? Hal tersebut bisa dikarenakan daya tahan tubuh Anda belum kuat. Dan ini sangat sering terjadi khususnya bagi mereka yang baru saja mencoba olahraga permainan futsal bersama teman-temannya.

Contoh program latihan fisik atlet futsal profesional ini adalah hal yang wajib dilakukan oleh para pemain futsal profesional, sebab dalam olahraga futsal, kekuatan fisik adalah hal terpenting untuk mencapai kemenangan. Oleh sebab itu banyak sekali pemain futsal yang menurun kualitasnya dikarenakan fisiknya yang tidak kuat, apalagi ketika bertanding pemain menanggung beban tekanan pemain lawan serta persaingan antar klub olahraga futsal.

Dibawah ini adalah beberapa bentuk-bentuk latihan futsal yang bisa Anda lakukan untuk membantu meningkatkan fisik Anda. Selain itu juga dilengkapi dengan tips latihan fisik atlet futsal profesional yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kondisi tubuh dengan baik dan benar. Agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan latihan ini dengan diimbangi dengan konsumsi makanan bergizi dan istirahat yang cukup.

Tips Latihan Fisik Atlet Futsal Profesional


1. Latihan Daya Tahan Tubuh / Endurance


Tips Latihan Fisik Futsal Profesional

Unsur daya tahan kardiovaskuler dapat dilatih dengan jenis olahraga kardio seperti jogging, sprint atau bahkan lari marathon dan olahraga lain yang dominannya memiliki nilai aerobic. Biasakan lakukan jogging selama 40 sampai 60 menit dengan variasi kecepatan. Bentuk latihan kardio ini mempunyai manfaat untuk menambah tingkat daya tahan otot dan daya tahan kardiovaskuler. Jika, Anda sudah terbiasa berlatih kardio ini, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan menambah kecepatan, kualitas gerak dan intensitas, agar bisa berpengaruh pada proses stamina Anda. Hasil dari latihan kardio yaitu Anda akan memiliki kecepatan lari dan daya tahan tubuh yang stabil, konsisten, dan bertahan lebih lama pastinya.

2. Latihan Kekuatan


Tips Latihan Fisik Futsal Profesional

Latihan ini bisa berupa latihan beban atau weight training. Latihan beban sangatlah efektif untuk meningkatkan kekuatan tubuh kita. Pada latihan beban ini Anda wajib melakukan push up, back up, pull up, squatrush dan squat jump. Setelah itu lanjutkan dengan gunakan beban yang sebenarnya. Anda direkomendasikan untuk tidak melakukan loncat ditempat yang permukaaannya keras karena dipastikan akan timbul cedera pada bagian tulang kering dan tungkai Anda.

3. Latihan Kecepatan


Tips Latihan Fisik Futsal Profesional

Kecepatan adalah salah satu faktor penting dalam dunia olahraga terutama pada permainan futsal. Seorang pemain futsal diwajibkan untuk mampu bergerak cepat tanpa kehilangan keseimbangan karenan futsal dimainkan di lapangan kecil yang mewajibkan bola agar terus bergerak dengan cepat sehingga sulit direbut oleh pihak lawan. Lakukanlah lari Shuttle Run yaitu lari bolak balik pada jarak 5 meter. TIngkatkan kualtias latihan dengan menambah rintangan dan beban. Sprint jarak pendek dengan intensitas tinggi juga merupakan cara efektif untuk tingkatkan kecepatanmu.

4. Latihan Kelenturan


Tips Latihan Fisik Futsal Profesional

Sebagai pemain futsal, Anda dituntut untuk lebih fleksibel supaya menunjang pemain bergerak lebih lincah untuk mengubah arah sekaligus berbalik badan tanpa terjadi cedera sendi dan cedera otot. Anda bisa melakukan latihan kelenturan seperti mencium lutut, sikap lilin, dan gerakan kelenturan lainnya.

5. Menjaga Asupan Gizi


Tips Latihan Fisik Futsal Profesional

Yang terakhir adalah tentang asupan gizi tubuh kita. Mengapa? Agar energi tubuh tetap optimal disaat melakukan latihan fisik maupun saat pertandingan yang sebenarnya. Buatlah pola makan dengan porsi yang sesuai dengan kebutuhan tubuhmu. Penuhi makanan dengan kandungan karbohidrat,protein, dan jangan lupa suplai air mineral untuk merehidrasi cairan tubuh yang hilang. Makanan yang mengandung asupan protein tinggi bermanfaat untuk membantu perbaikan serat-serat otot yang rusak akibat berlatih. Protein ini bisa didapatkan dari daging tanpa lemak, kacang-kacangan yang diolah seperti tahu atau tempe. Yang terakhir adalah dengan beristirahat dengan cukup.

Nah itu informasi tentang Tips Latihan Fisik Olahraga Futsal yang bisa Anda coba khususnya bagi para pemain pemula futsal untuk mengatasi kelelahan fisik yang timbul ketika bermain. Dengan memiliki tubuh yang fisiknya kuat, dipastikan akan lebih percaya diri dan mantap dalam berlari ke gawang lawan ataupun lari bertahan menjaga pertahanan tim futsalmu! Selamat mencoba dan salam olahraga!

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Tips Latihan Fisik Futsal Profesional