Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Pada  artikel kali ini, Admin zonapelatih.net akan menjelaskan informasi seputar permainan bola voli yaitu ukuran lapangan dan ukuran net pada bola voli serta ukuran bola voli itu sendiri.

Tentunya,  Anda semua sudah tidak asing lagi dengan olahraga permainan bola besar yang satu ini, bola voli. Malah bisa jadi, Anda telah sering memainkannya. Pada umumnya,  permainan bola voli dimainkan secara beregu. Setiap regu terdiri dari 6 orang.
Salah satu teknik dasar dalam permainan bola voli ini adalah dengan menggunakan tangan (passing bawah dan passing atas), dimana setiap tim akan berusaha menjatuhkan bola (mematikan) di lapangan bagian dalam garis area lawan untuk mendapatkan poin.

Salah satu prasarana dan sarana (sarpras) yang digunakan dalam permainan bola voli yaitu lapangan. Apakah Anda sudah mengetahui berapa ukuran lapangan dalam permainan bola voli tersebut? Karena kebanyakan orang masih belum mengetahui ukuran resmi bola voli, meskipun Ada sudah sering memainkannya.

Oleh karena itulah, Admin sengaja membuat artikel ini untuk menambah wawasan Anda mengenai ukuran lapangan bola voli. Langsung saja, simak ulasannya berikut ini.

Ukuran Lapangan Bola Voli


Di Indonesia, permainan bola voli sudah sangat populer serta banyak digemari oleh kalangan masyarakat. Sehingga tidak mengherankan, jika ada berbagai turnamen bola voli yang telah dilakukan oleh masyarakat, mulai dari tahap desa hingga nasional. Apalagi di Indonesia terdapat persatuan bola voli nasional yang dikenal dengan sebutan PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia). Maka liga voli nasional pun bergulir setiap tahunnya.

Seperti yang kita ketahui, bahwa setiap permainan bola pastilah membutuhkan suatu sarana dan prasaranan, seperti arena lapangan demi terciptanya suatu pertandingan, begitu juga dengan bola voli. Lapangan yang digunakan dalam pertandingan bola voli memiliki standar resmi yang perlu Anda ketahui. Standar ukuran tersebut diperoleh dari pertimbangan berbagai pihak hingga menghasilkan suatu perjanjian yang sudah dikukuhkan oleh organisasi internasional ataupun nasional (PBVSI).

Ukuran standar lapangan bola voli berpatokan pada ukuran standar internasional, yaitu hanyalah 1/5 dari ukuran lapangan sepak bola. Tentunya, standar inilah yang digunakan oleh setiap negara dalam membangun lapangan bola voli, meskipun ada beberapa kalangan yang tidak mengikutinya.

Pada umum, ukuran lapangan voli mempunyai ukuran 18 × 9 meter, dimana ukuran tersebut telah menjadi standar nasional ataupun internasional.

Nah untuk membantu Anda dalam memahami standar ukuran lapangan bola voli, silahkan perhatikan gambar lapangan bola voli berikut ini.

Ukuran Lapangan Bola Voli Beserta Tinggi Net Resmi + Penjelasan Dengan Gambar
Denah lapangan bola voli


Adapun beberapa penjelasan mengenai ukuran lapangan bola voli ada dibawah ini.

  • Ukuran panjang lapangan bola voli adalah 18 meter.
  • Ukuran lebar lapangan bola voli adalah 9 meter.
  • Lebar garis serang bola voli (front zone) berukuran 3 meter.
  • Daerah servis lapangan bola voli berukuran 3 mеtеr.
  • Daerah clearance (daerah menghalau bola) terdiri dari dua bagian, yaitu bagian belakang berukuran 3-6.5 meter, sedangkan bagian samping berukuran 3-5 meter.
  • Leber garis dalam lapangan voli yaitu 5 centimeter.
  • Luas lapangan bola voli yaitu 162 meter persegi atau 18x9 meter.


Lapangan bola voli yang digunakan dalam pertandingan kelas dunia memiliki karakteristik yang berbeda dari biasanya. Alas lapangan voli terbuat dari kayu atau bahan sintesis ataupun tanah, yang pada intinya tidak licin. Untuk garis-garis yang ada di lapangan harus menggunakan warna putih. Sedangkan, dalam permainan bola voli biasa, warna garis pada lapangan bebas.

Ukuran Net Bola Voli


Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa ciri utama permainan bola voli yaitu menggunakan kedua tangan (handball). Dimana para pemain voli akan memmainkan bola voli dengan cara dilambung-lambungkan diantara kedua sisi lapangan. Sehingga, ada satu komponen dari lapangan yang tidak kalah penting, yaitu ukuran net yang digunakan dalam permainan bola voli. Net dalam bola voli berfungsi sebagai pembatas atar lapangan, dimana pembatas itu diletakkan di tengah-tengah dengan membagi wilayah antara kedua tim yang sedang melakukan pertandingan.

Untuk ukuran net atau jaring tidak boleh dibuat sembarangan, sebab sudah ada standar ukuran yang telah disepakati secara nasional. Ukuran net permainan bola voli yang dimainkan oleh laki-laki dan wanita memiliki perbedaan sehingga keduanya perlu menggunakan aturan yang sudah ditentukan.

Dimana tinggi net untuk permainan voli bagi laki-laki adalah 2.43 meter. Sedangkan ukuran tinggi net bola voli yang dimainkan oleh tim perempuan adalah 2.24 meter.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar dan keterangannya dibawah ini.

Ukuran Lapangan Bola Voli Beserta Tinggi Net Resmi + Penjelasan Dengan Gambar
Denah dan ukuran lapangan bola voli
Ukuran Lapangan Bola Voli Beserta Tinggi Net Resmi + Penjelasan Dengan Gambar
Net Bola Voli


Ukuran Lapangan Bola Voli dan Tinggi Net Lapangan Bola Voli (Gambar)


  • Ukuran net bola voli ini memiliki perbedaan antara net bola voli yang digunakan tim putra dengan net bola voli yang digunakan oleh tim putri. dimana tinggi net bola voli bagi tim putra berukuran 2,43 meter, sedangkan tinggi net bola voli untuk tim putri adalah 2,24 meter.
  • Untuk panjang net bola voli sama dengan lebar lapangan bola voli, yaitu 9 meter.
  • Lebar pada net bola voli berukuran 1 meter.
  • Antena pada net bola voli tingginya mencapai 80 centimeter (cm), yang berada tepat diatas net.
  • Tinggi pada tiang net bola voli berukuran 2.55 meter.
  • Jarak antara tiang net bola voli dengan garis tepi pada lapangan bola voli yaitu sekitar 0.5 – 1 meter.
  • Pita tepian atas net bola voli berukuran 5 centimeter (cm) dengan panjangnya mencapai 1 meter.
  • Sedangkan untuk pita tepian yang ada di samping net bola voli adalah 5 centimeter (cm) dengan panjangnya 1 meter.
  • Ukuran mata jala net bola voli yaitu 10 centimeter (cm) dan disarankan pemakaiannya dibentuk menyerupai persegi.


Ukuran Bola Voli

ukuran bola voli resmi
Gambar bola voli

  • Bola voli juga memiliki ukuran tersendiri, berikut penjelasan ukuran bola voli yang sesuai dengan standar nasional maupun internasional:
  • Diameter bola = 18 - 20 cm
  • Keliling bola = 65 - 67 cm
  • Tekanan bola = 0.30 - 0.325 kg/cm² atau 294.3 - 318.82 mbar atau 4.26 - 4.61 hPa/psi
  • Berat bola = 260 - 280 gram


Semua ukuran / ketentuan yang sudah dijelaskan di atas adalah ukuran / ketentuan resmi sesuai standar nasional yang dipakai Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia / PBVSI dan sesuai standar internasional yang dipakai Federation Internationale De Volleyball / FIVB.

Demikianlah artikel mendetail tentang ukuran lapangan dan ukuran net bola voli lengkap disertai gambar. Yang perlu Anda tekankan dan perhatikan adalah permukaan lapangan bola voli harus dibuat datar atau horizontal dan tidak licin. Sehingga dapat memperkecil kemungkinan risiko para pemain terjatuh saat bertanding atau mengakibatkan cidera saat melakukan pertandingan bola voli yang sifatnya outdoor.

Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi Anda, baik dalam hal membantu Anda dalam mengerjakan tugas ataupun hanya sekedar menambah wawasan seputar ukuran lapangan voli dan gambarnya, ukuran net bola voli dan gambarnya. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Ukuran Lapangan Bola Voli Beserta Tinggi Net Resmi + Penjelasan Dengan Gambar