Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Pengertian variasi latihan dan manfaatnya untuk pemain dan atlet - Menurut kamus besar Indonesia variasi adalah suatu tindakan atau hasil  perubahan darai keadaan semula (Depdikbud, 2002:1259).

Variasi latihan adalah suatu bentuk penyajian atau pelaksanaan kegiatan latihan dengan berbagai bentuk atau metode/model yang digunakan oleh pelatih untuk mencapai suatu tujuan dari program latihan tersebut.

Variasi Latihan Dan Manfaatnya
Contoh variasi latihan passing

Ini berarti untuk meraih suatu tujuan latihan, sebaiknya pelatih menggunakan beberapa cara. Hal ini dilakukan supaya dalam proses latihan tidak timbul kebosanan.

Karena jika seseorang merasakan kejenuhan atau bosan, maka seseorang/atlet/pemain akan kehilangan kepedulian terhadap pekerjaan/aktivitasnya.

Dan hasil atau produktivitasnya (latihannya) tidak maksimal. Alhasil tujuan dari proses latihan bagi atlet nihil dan tidak berarti.

Oleh karena itulah seorang pelatih wajib memiliki pengetahuan yang luas, supaya dapat membuat variasi latihan yang menarik dan menantang. Namun tetap mengikuti prinsip-prinsip program latihan. 

Manfaat dan Tujuan Variasi Latihan


  1. Menghilangkan rasa jenuh atau bosan yang dialami oleh pemain/atlet ketika latihan.
  2. Menghilangkan rasa malas-malasan.
  3. Menimbulkan rasa semangat dan antusias selama proses latihan.
  4. Variasi latihan dapat meningkatkan perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan.
  5. Memberikan kesempatan kepada para siswa untuk memperoleh cara menerima pelajaran yang disenangi.
  6. Bentuk dan metode variasi latihan olahraga dapat merangsang penyesuaian pada respon latihan, dapat menurunkan kemonotonan atau kebosanan  latihan dan dapat merangsang adaptasi fisiologi.


Contoh Bentuk Variasi Latihan


Artikel Terkait

0 Komentar untuk Variasi Latihan Dan Manfaatnya