Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Cara menjadi pelatih hebat - Sudah bnayka ahli di bidang kepelatihan telah memberikan pandangannya tentang kualifikasi yang wajib dikuasi, jika seorang pelatih ingin menjadikan dirinya menjadi seorang pelatih yang baik dan handal.

Tips Menjadi Pelatih yang Baik dan Handal
Sebuah blog refrensi untuk para pelatih

Cara Menjadi Pelatih yang Baik dan Handal


Untuk menjadi seorang pelatih yang baik dan handal serta disenangi para pemain/atletnya. Maka Anda harus memiliki Kreteria Seorang Pelatih Sukses. Dan di bawah ini Anda akan memperoleh penjelasannya, bagaimana cara menjadi pelatih yang baik dan handal serta sukses karir kepelatihannya.

Seperti yang Rice (1975) sebutkan, Ada 4 ciri-ciri pelatih yang baik yaitu:

1. Kemampuan profesional sebagai pelatih/guru, setelah itu Anda baru bisa menjadi seorang pelatih.


Pernyataan di atas mempunyai makna bahwa proses mengajar adalah proses penting, baik itu formal (di dalam kelas) maupun aktvitas di luar kelas (olahraga). Dan ini berarti bahwa pelatihan juga sama pentingnya dengan pengajaran di sekolah ataupun sebaliknya.

2. Mengetahui dan menguasi cara melatih


Ini berkaitan dengan pengalaman Anda sebagai seorang pemain bisa digunakan dalam hal melatih, meskipun tidak selamanya dibutuhkan guna mencapai keberhasilan pelatihan.

Sebagai contoh, Maradono ketika menjadi pemain dia sangat hebat. Namun ketika menjadi pelatih dia belum mampu mengangkat tim nya juara.

3. Mempunyai kepribadian yang baik


Seorang pelatih yang baik pasti memiliki kualitas kepribadian yang menarik. Sehingga para atlit/pemain yang dilatih atau dalam bimbingannya menjadi loyal dan bersemangat serta berusaha untuk melakukan perintahnya dengan suka rela.

Sehingga dalam proses latihan akan menjadi lebih menyenangkan dan bergairah. Alhasil pemain dan tim akan mampu mencapai tujuan dari sesi latihan ataupun target kejuaraan.

4. Karakter pelatih


Karakter pelatih merupakan salah satu kualitas dasar yang wajib dipenuhi untuk menjadi seorang pelatih yang baik dan handal. Supaya dapat menjalankan tugas dan peran seorang pelatih dengan benar.

Karakter pelatih ini sangat penting, sebab karakter dapat menunjukkan siapa kita? Bagaimana kita? Serta paa yagn akan orang pikirkan tentang kita?

Selain itu karena seorang pelatih/guru akan mempunyai pengaruh besar dalam menanamkan kehidupan yang baik kepada atlit/pemain atau orang lain.

Oleh sebab itu karakter pelatih merupakan salah satu tes untuk menentukan sesuai atau tidaknya seseorang menjabat dalam profesi pelatihan.

3 Kemampuan Utama Seorang Pelatih


Seorang pelatih akan mendapatkan keberhasilan dalam melatih dan membawa tim menjadi juara, wajib menguasi 3 kemampuan utama di bawah ini.

1. Pengetahuan atau ilmu kepelatihan sesuasi dengan pengkajian teoritis mengenai masalah yang berhubungan dengan bidang yang dilatihnya.

2. Seorang pelatih harus mempunyai ketrampilan yang memadai, sesuai dengan cabang atau bidang yang ditangnai atau cabang yang dilatihnya, seperti:

  • Keterampilan teknis
  • Keterampilan konseptual
  • Ketrampilan manajerial
  • Ketramplian antar personal

Baca juga: Cara membuat program latihan yang baik

3. Sikap hidup atau filsafat. Seorang pelatih wajib sadar di mana ia berada (melatih), sehingga sikap serta perilaku yang dibawakannya tidak berbeda dengan sistem yang telah dianut atlet/pemainnya dan masyarakat sekitar.

Nah itulah pembahasan mengenai cara menjadi seorang pelatih yang baik dan handal. Smeoga bermanfaat.

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Tips Menjadi Pelatih yang Baik dan Handal