Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Contoh menu diet makanan untuk penderita hipertensi - Penyakit darah tinggi jika tidak diterapi dengan baik dan jelas akan berakibat fatal.

Untuk mencegah serta menurunkan tensi darah tinggi, salah satu cara yaitu dengan mengkonsumsi jenis makanan yang rendah sodium. Dan itu salah satu cara yang baik untuk menghilangkan tekanan hipertensi.

Dan cara tersebut juga baik untuk diet hipertensi pada lansia.

Tetapi, selain rendah kandungan garam, ternyata masih banyak sekali jenis makanan yang mempunyai manfaat serupa. Dimana jenis makanan berikut ini dapat mengurangi darah tinggi.

Terapi Makanan Untuk Penderita Darah Tinggi


Terapi Diet Makanan Bagi Penderita Darah Tinggi


engan melakukan terapi diet makanan penurun darah tinggi ini. Maka Anda akan sampai pada tujuan diet hipertensi dan hasilnya adalah Anda dapat mengurangi tekanan darah Anda.

1. Susu tanpa lemak


Jenis susu tanpa lemak atau disebut dengan susu skim merupakan jenis susu bubuk tanpa lemak, yang dibuat dengan cara menghilangkan sebagian besar air serta lemak yang terkandung di dalamnya.

Oleh karena itu susu jenis ini, disebut dengan sebutan susu tanpa lemak atau susu skim.

Menurut Bauer, dengan minum susu skim segelas dapat memberikan tambahan kalsium dan vitamin D. Dimana nutrisi tersebut dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah mulai dari 3-10%.

Selain itu dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 15 persen.

Dari penelitian tesebut, dapat kita ketahui bahwa orang yang memiliki tingkat kalsium rendah mudah terserang penyakit hipertensi.

Baca juga: Bentuk latihan fisik untuk penderita darah tinggi

2. Telur


Menurut penelitian terbaru yang dipresentasikan pada pertemuan American Chemical Society telah mengungkap bahwa putih telur dapat menurunkan tekanan darah.

3. Brokoli


Sayuran brokoli merupakan sumber yang bagus untuk tekanan darah, karena pada brokoli terdapat kandungan mineral magnesium, kalsium dan kalium.

Ketiga jenis kandungan mineral tersebut sangat baik untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi Anda.

Selain itu dengan rutin mengkonsumsi sayuran brokoli dapat mengurangi tekanan darah, penyakit kardiovaskuler serta stroke.

Karena itu di dalam brokoli banyak terkandung banyak senyawa yang bisa mengurangi kerusakan arteri penyebab tekanan darah tinggi.

4. Kentang panggang


Menurut Ahli Nutrisi Joy Bauer, menu makanan yang memiliki banyak kandungan kalium dapat membantu tubuh menjadi lebih efisien membuang sodium berlebih. Sedangkan magnesium dapat membantu melancarkan alirah darah pada tubuh.

Dan taukah Anda, bahwa ternyata kentang panggang memiliki banyak kandungan magnesium dan potasium. Dua jenis nutrisium tersebut sangat baik dan pokok digunakan menjadi bagian dari program diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) dimana berfungsi dan bermanfaat untuk mengobati penyakit darah tinggi.

5. Minyak wijen dan dedak padi


Banyak orang percara dah sudah membuktikan bahwa memasak menggunakan minyak wijen dan dedak padi dapat menurunkan tekanan darah.

Baca juga: Jenis olahraga yang cocok untuk penderita hipertensi

6. Pisang


Buah oisang telah dikenal sejak dahulu kala. Dan tentunya dapat digunakan sebagai makanan penurun darah tinggi.

Pisang memiliki kandungan kalium di dalamnya. Sehingga baik digunakan sebagai menu terapi makanan penderita darah tinggi.

7. Cokelat hitam


Pada cokelat hitam sangat kaya akan antioksidan yang biasa disebut dengan flavanos.

Senyawa tersebut bisa membuat pembuluh darah lebih elastis. Demikian dikutip dari sumber Prevention.

8. Jus buah bit


Pada sebuah penelitian disebutkan, bahwa orang yang mempunyai penyakit hipertensi dapat mengalami penurunan tekanan darah sekitar 10 mmHg, setelah meminum 8 ons jus buah bit.

Ini bisa terjadi, karena pada buah bit terdapat kandungan nitrat. Dimana kandungan nitrat akan berubah menjadi oksida nitrat.

Oksida nitrat dapar melebarkan pembuluh darah serta membantu aliran darah menjadi lebih lancar.

Sehingga jika Anda menderita tekanan darah tinggi, Anda bisa mengkonsumsi jus buah bit setiap hari.

9. Kacang putih


Menurunkan tekanan darah membutuhkan lebih dari sekadar mengurangi sodium.

Kita juga perlu mengonsumsi dua dari tiga makanan yang tinggi, kalsium, magnesium, atau kalium. Nah, kacang putih mengandung tiga mineral tersebut.

Semangkuk kacang putih berisi 13 persen kalsium, 30 persen magnesium, dan 24 persen kalium yang dibutuhkan untuk porsi harian yang direkomendasikan.

10. Biji rami


Menaburkan biji rami di atas makanan dapat memberi dampak besar pada tekanan darah.

Pada sebuah penelitian tahun 2013 yang diterbitkan dalam jurnal Hypertension, dilakukan penelitian terhadap orang yang memiliki tekanan darah tinggi dan penyakit arteri perifer.

Setiap hari, mereka diberikan makan 30 gram (kira-kira 1 ons) biji rami yang digiling. Ternyata setelah enam bulan, tekanan darah sistolik mereka (angka teratas) turun rata-rata 15 mmHg, dan tekanan darah diastolik mereka (angka terbawah) turun 7 mmHg.

11. Delima


Pada sebuah penelitian di tahun 2012 mengungkapkan fakta, bahwa orang dewasa yang sehat meminum 330 mL jus buah delima setiap hari selama 4 pekan. Dan hasilnya tekanan darah sistolik dan diastolik menjadi turun.

12. Oatmeal


Oatmeal adalah sumber makanan yang mengandung serat makanan dan biji-bijian  yang bagus untuk menjaga tekanan darah normal.

Studi yang dulu telah membuktikan, dengan mengkonsumsi oatmeal secara rtuin dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Selain itu kandungan serat dapat menjaga berat badan ideal, sehingga dapat mencegah obesitas. Dimana obesitas juga termasuk salah satu faktor tekanan darah tinggi.

Nah dengan menjalankan terapi makanan untuk penderita darah tinggi ini, Anda telah melakukan cara jitu menurunkan darah tinggi.

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Terapi Makanan Untuk Penderita Darah Tinggi