Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Olahraga futsal telah berkembang pesat di Indonesia. Ini terlihat telah banyak masyarakat di berbagai daerah Indonesia memainkan futsal dan banyak bermunculan lapangan baru.

Nah berbicara mengenai permainan futsal, tentunya kita harus mengenal beberapa macam posisi pemain futsal.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Admin zona pelatih akan membahas mengenai jumlah pemain futsal beserta tugas dan posisinya.

Posisi dan Jumlah Pemain Futsal Beserta Tugasnya
Sumber Bolalob

Seperti posisi kiper, bek atau penyerang. Pada artikel ini, kita akan bahas tuntas posisi-posisi pemain futsal tersebut.

Meski sebenarnya ada istilah sendiri untuk posisi-posisi pemain futsal dengan tugas dan  perannya masing-masing.

Dan bagi Anda yang ingin menjadi pemain futsal. Sudah seharunya Anda mengerti tugas serta posisinya ketika bertanding atau bermain futsal.

Jumlah dan Posisi Pemain Futsal beserta Tugasnya


Pada permainan futsal, jumlah pemain hanya ada 5 orang. Kelima pemain futsal tersebut terdiri dari seorang kiper, anchor, 2 flank dan pivot.

Dan setiap posisi tersebut mempunyai peran dan tugasnya masing-masing. Dimana tugas dan peran pemain tersebut akan mempengaruhi hasil dari pertandingan futsal.

1. Kiper atau Penjaga Gawang Futsal


Tugas dari seorang kiper futsal adalah menjaga gawangnya supaya tidak kebobolan.

Dengan kata lain tugas dan peran seorang penjaga gawang futsal yaitu mengamankan bola serta menjaga gawang dari musuh, supaya tidak kemasukan bola dari lawan.

Karena kiper futsal adala benteng terakhir dari sebuah tim supaya tidak kebobolan.

Oleh karena itu kiper futsal harus memiliki kemampuan yang mumpuni. Seperti gerakan reflek dan reaksi terhadap bola dan lawan.

Nah untuk berlatih menjadi seorang kiper futsal yang handal, Anda bisa baca pada artikel "Program latihan kiper futsal pro"

2. Anchor


Anchor adalah untuk posisi pemain yang berada di belakang (depan kiper). Seperti libero pada permainan sepakbola.

Seorang anchor harus mempunyai ketrampilan yang bagus. Dalam menjaga bola dan jangan sampai mudah dilewati oleh lawan. Selain itu anchor harus mempunyai fisik yang kuat dan akurasi passing yang baik pula.

Karena seorang anchor harus handal dalam bertahan dan sekaligus menjadi awal memulai penyerangan serta harus mampu mengatur tempo pertandingan.

Itulah tugas dan peran seorang anchor futsal. Apakah Anda ingin menjadi seorang anchor handal?

3. Flank


Flank adalah posisi pemain yang berada di sayap. Dan pemain yang menjadi flan ini biasanya menjadi pemain kunci permainan.

Karena pergerakan yang dapat merubah jalannya pertandingan. Seorang flank harus mampu menyerang melalui sayap dan memberikan umpan matang untuk seorang pivot.

Selain itu pemain flank, juga harus piawai dalam melakukan pertahanan.

Oleh karena itu untuk menjadi seorang flank yang handal, Anda harus mempunyai stamina serta skill yang baik.

Oleh karena itu Anda bisa mencoba program latihan berikut: Cara meningkatkan skill pemain futsal

4. Pivot


Posisi pemain pivot ini berada di lini depan, bisa juga dikatakan sebagai penyerang murni.

Seorang pivot mempunyai tugas untuk mencetak gol ke gawang lawan. Selain itu juga mempunyai peran untuk membuka peluang rekannya untuk turut mencetak gol.

Dan tahukah Anda? Pada era modern ini seorang pivot disebut juga sebagai pemain bertahan paling pertama dalam permainan futsal lho.

Karena pivot berperan sebagai pemutus serangan pertama pada musuh.

Untuk dapat menjadi seorang pivot handal, Anda harus mempunyai skill futsal yang mumpuni. Dan juga memiliki keseimbangan (balance) yang baik pula.

Nah itulah jumlah dan posisi futsal beserta tugasnya masing-masing. Sekarang, jika Anda ingin bermain futsal posisi apa yang Anda inginkan?

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Posisi dan Jumlah Pemain Futsal Beserta Tugasnya