Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Peralatan latihan olahraga judo - Dalam kegiatan olahraga apapun dibutuhkan sarana dan prasarana untuk mencapai sasaran yang diharapkan. Demikian juga dalam pelaksanaan latihan olahraga/beladiri judo, dibutuhkan beberapa sarana dan prasarana yang sekurang-kurangnya meliputi dua aspek, yaitu: tempat latihan (Dojo) dan pakaian judo (Judogi).

Alat dan Perlengkapan Atlet Judo


Perlengkapan dan Peralatan Beladiri Judo
Baju judo

Tempat Latihan Judo (Dojo)


Dalam latihan judo diperlukan suatu ruangan khusus yang disebut Dojo. Luasnya tidak boleh kurang dari luas ukuran tatami (matras), sebagai alas berlatih judo. Tentang hal ini Noors (2000:13) menyatakan sebagai berikut.

Ukuran untuk sebuah tatami minimal adalah 14 x 14 meter dan maksimal 16 x 16 meter persegi. Dan area pertandingan berukuran minimal 9 x 9 meter dan maksimal 10 x 10 meter. Tiap tatami berukuran 1 x 2 meter, sehingga jumlah tatami yang dibutuhkan oleh suatu Dojo sekurang-kurangnya adalah sebanyak

128 lembar, 18 lembar di antaranya berwarna merah, sebagai pembatas daerah pertandingan.


Pakaian Judo (Judogi)


Untuk berlatihan olahraga/beladiri judo memerlukan pakaian khusus berwarna putih yang terdiri dari celana dan baju. Sebagaimana Noors (2000:14) menyatakan bahwa:

Celana yang digunakan adalah celana panjang yang cukup longgar yang mempunyai ketinggian bagian bawah sekitar 5 cm di atas mata kaki, sedangkan baju harus tebal dan longgar. Bagian tangannya harus panjang, sekitar 5 cm dari persendian tangan dan lebarnya harus bisa dimasuki sampai batas siku, kira-kira selebar 10-15 cm.

Di samping itu para pejudo harus memakai ikat pinggang atau Obi yang warnanya sesuai dengan tingkatan yang dimiliki. Tingkatan tersebut dikenal dengan istilah Kyu serta Dan, yang berguna untuk menggambarkan kemampuan seorang pejudo yang rinciannya dimulai dari tingkatan yang terendah sampai yang tertinggi menurut Madjid (1985:8) adalah sebagai berikut:


Kyu 5 memakai sabuk biru, Kyu 4 memakai sabuk biru, Kyu 3 memakai sabuk coklat, Kyu 2 memakai sabuk coklat, Kyu 1 memakai sabuk coklat.

Untuk tingkatan Dan ada 10 yaitu: Dan 1 memakai sabuk hitam, Dan 2 memakai sabuk hitam, Dan 3 memakai sabuk hitam, Dan 4 memakai sabuk hitam, Dan 5 memakai sabuk hitam, Dan 6 memakai sabuk merah-putih, Dan 7 memakai sabuk merah-putih, Dan 8 memakai sabuk merah-putih, Dan 9 memakai sabuk merah, Dan 10 memakai sabuk merah. Tingkatan untuk pejudo wanita sama seperti pejudo pria.

Nah itulah penjelasan mengenai perlengkapan dan peralatan atlet judo yang diperlukan. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Perlengkapan dan Peralatan Beladiri Judo