Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Power Rack adalah salah satu peralatan fitness yang penting untuk semua kebutuhan serta tujuan Anda. Entah itu untuk membentuk otot, performance, strength ataupun fat loss. Dengan pengetahuan serta teknik yang mumpuni dalam memanfaatkan power rack, maka Anda bisa melakukan hampir semua latihan yang dibutuhkan hanya menggunakan alat yang bernama power rack tersebut.

“Percayalah, Power Rack jauh lebih berguna bila dibandingkan Treadmill, Cable Machine, dan lainnya.”

Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa compound movement seperti Squat, Bench, Press, Deadlift, Power Cleand dan Snath adalah latihan terbaik untuk membangun massa otot, meningkatkan strength serta kekerasan tulang, membangun koordiinasi dan keseimbangan tubuh dan lainnya.
Tetapi, ditempat Gym atau pusat kebugaran pada umumnya berlum ada power rack dan barbell yang mempunyai kualitas yang bagus. Dan jika ada, terkadang Anda kesulitan untuk melakukan compound movement tersebut, dikarnakan banyaknya "judgement" yang kita bisa saat melakukan latihan "aneh" tersebut.

Jenis Power Rack dan Squat Stand


Ada banyak sekali tipe power rack atau squat stand/half rack yang beredar di pasaran. Sehingga ini dapat menyulitkan dalam memilih produk yang mempunyai kualitas serta harga terbaik. Karna dengan memilih produk power rack yang bagus serta mengerti cara perawatan yang tepat, maka Anda dapat menggunakan alat power rack seumur hidup.

Nah inilah beberapa tipe/jenis power rack yang sering dijumpai di pasaran dan bagus digunakan di dunia strength training.

1. Fress Squat Stand

Mengenal Power Rack Alat Fitnes
Free Squat Stand

Alat #Free Squat Stand adalah alat yang paling sederhana dan simpel serta berguna untuk melakukan latihan squat, bench ataupun press.

Untuk harga free squat stand ini, mempunyai harga paling murah diantara jenis power rack/squat stand lainnya.

Kelebihan dan kekurangan alat free squat stand


  • Kelebihan peralatan free squat stand
  • Jenis paling murah
  • Tidak membutuhkan banyak tempat
  • Mudah untuk dipindahkan

Kekurangan alat free squat stand


  • Tidak memiliki safety. Sehingga berbahaya jika kita fail pada saat Squat maupun Bench Press
  • Weight Rating biasanya hanya berkisar antara 100-140kg
  • Tidak stabil sehingga mudah jatuh (tergantung dari tipe)
  • Tidak memiliki chin/pull up bar

2. Squat Stand atau Half Rack


Mengenal Power Rack Alat Fitnes
Squat Stand atau Half Rack

Alat #Squat Stand atau Half Rack adalah versi yang lebih premium jika dibandingkan dengan alat free squat stand.

Gambar

Kelebihan squat stand atau half rack yaitu:


  • Lebih murah dari Power Rack (tergantung tipe dan merk)
  • Weight Rating biasanya berkisar antara 200-300kg (tergantung tipe dan merk)
  • Tidak membutuhkan banyak tempat
  • Memiliki safety pin
  • Memiliki chin/pull up bar

Kekurangan squat stand atau half rack yaitu:


  • Safety pin tidak sekuat pada Power Rack, sehingga tidak direkomendasikan untuk membanting barbell, atau melakukan variasi latihan seperti Rack Deadlift maupun Pin Squat.
  • Hanya ada satu pilihan chin/pull up bar yaitu Straight Bar

3. Power Rack


Mengenal Power Rack Alat Fitnes
Power Rack

Alat #Power Rack adalah versi paling lengkap untuk yang ingin berlatih tentang strength training.

Kelebihan dari power rack ini adalah:


  • Weight Rating biasanya berkisar antara 200-400kg (tergantung tipe dan merk)
  • Memiliki safety pin yang kuat yang memiliki ketahanan berkisar 500-750kg (tergantung tipe dan merk)
  • Memiliki chin/pull up bar yang bervariasi (tergantung tipe dan merk)

Kekurangan dari power rack ini adalah:


  • Harga lebih mahal dari Squat Stand
  • Space yang lebih besar

Nah itulah 3 tipe power rack yang/squat stand yang Admin rekomendasikan.

Tips Cara Memilih Alat Power Rack atau Squat Stand


Dikarenakan saat ini telah banyak bermunculan merek power rack ataupun squat stand di pasaran. Maka Admin zona pelatih akan memberikan tips cara memilih power rack/squat stand yang benar.

1. Grade


Secara garis besarnya alat fitness dibagi menjadi dua, yakni alat fitness rumah dan commercial grade. Dan dari kedua grde tadi masih dibagi leagi menjadi beberapa segmen seperti, studio grade (private gym), light commercial (gym kecil dengan kapasitas dibawah 500 member) dan commercial grade (gym besar peserta diatas 500 member).

Dan yang paling mudah untuk mengetahui perbedaan alat tersebut adalah ketebalan besi.

Untuk home grade bisanya mempunyai ketebalan 2mm, dan untuk commercial grade mempunyai ketebalan besi 3mm keatas. Jadi untuk segi kekuatan dan ketahanan jika dilihat dari aspek penggunaan tidak ada perbedaan.

Alat power rack tersebut mempunyai kualitas sangat bagus, meski hanya mempunyai ketebalan besi 2mm saja, kareana weight rating sampai 400kg.

Ketahanannya sudah jauh leih dari cukup untuk menunjang latihan gym Anda. Kecuali jika Anda adalah seorang atlet angkat besi.

2. Point Penting untuk Memilih Power Rack


Untuk memilih power rack yang baik, Anda harus tahu point point pentingnya terlebih dahulu, seperti di bawah ini.

Tampilan dan Detail Spesifikasi


Tak jarang kami menemui Power Rack/Squat Stand buatan lokal. Namun sangat disayangkan detail finishing masih sangat kurang, jauh cukup signifikan bila dibandingkan dengan baran import yang dibuat di pabrik khusus. Kami pernah menjumpai Power Rack buatan lokal yang hanya memiliki lebar 70 cm saja.

Tentu hal ini sangat tidak nyaman digunakan untuk latihan. Contohnya, bila kita melepas plat beban hanya dari satu sisi barbell saja, maka barbell tersebut akan terguling ke samping. Sungguh tidak nyaman bila melakukan laithan Squat. Selain, kita hanya dapat melakukan grip karena sangat sempit, atau sangat lebar di pundak saat Squat.

Namun, bila dilihat dari sisi ketahanan saja, kami sangat yakin cukup kuat untuk digunakan, karena sering kita lihat banyak yang membuat Power Rack dengan bahan seadanya seperti kayu, batu, dan lainnya, namun masih kuat menahan beban sekitar 150kg.

Footer


Pilihlah yang memiliki footer yang tersambung rata dengan lantai antara footer depan dan belakang. Jika anda memilih Power Rack dengan footer yang terpisah satu sama lain, resikonya akan mudah terguling. Walaupun Power Rack anda dari brand ROGUE sekalipun, anda harus me-dianabol ke lantai demi keamanan anda.

Ketinggian Jhook


Pernahkah Anda berlatih di gym komersial dan merasa ketinggian J-Hhook di Power Rack tidak sesuai dengan bentuk badan? Misalnya, merasa bahwa J-Hook ini terlalu rendah dengan selera Anda, namun di saat kita menaikan ketinggian tersebut malah menjadi terlalu tinggi?

Ya, untuk menekan cost atau minimnya pengetahuan di lapangan (biasanya penjual bukanlah orang yang mengerti tentang fitness maupun strength training), biasanya manufaktur membuat lubang untuk Jhook seminim mungkin. Sehingga jarak antara Jhook satu dengan lainnya menjadi sangat jauh.

Pilihlah produk yang mempunyai jarak lubang Jhook yang pendek, jarak antara lubang setidaknya tidak melebihi 2 inch.

Nah itulah pembahasan mengenai power rack alat fintes yang baik dan bagus untuk Anda gunakan membentuk badan Anda.

Sumber: gymfitnessindo.com

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Mengenal Power Rack Alat Fitnes