Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Manfaat senam irama - Senam irama merupakan senam dengan latar lagu, musik atau ketukan. Senam irama adalah salah satu jenis olahraga senam yang menggunakan irama atau lagu pada setiap gerakan senamnya. Pada tiap gerakan senam dalam senam irama sudah didesain dan dibuat sedemikian rupa sampai sehingga menghasilkan gerakan senam yang indah, serasi dan tertata rapi sesuai dengan irama tau lagu yang digunakan untuk mengiringinya.

Senam irama ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat ataupun tanpa alat. Yang pasti senam irama ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Manfaat Senam Irama untuk Kesehatan Mental, Fisik dan Sosial
Manfaat senam irama


Manfaat Senam Irama bagi Tubuh


Mengapa kita harus melakukan senam irama? Nah pada artikel ini Anda akan mengentahui jawaban dari pertanyaan tersebut.

Dimana Anda akan lebih paham tentang manfaat senam irama utuk kesehatan fisik mental dan sosial Anda.

1. Membakar lemak dan kalori dalam tubuh


Sama seperti pada senam lainnya, pada senam irama juga mempunyai manfaat untuk fisik, mental dan sosial juga. Jika senam irama Anda lakukan setiap hari.

Selain itu manfaat lain dari melakukan senam irama secara teratur adalah dapat membantu membakar kalori dan lemak yang berlebihan dalam fisik tubuh Anda. Dikarenakan gerakan-gerakan senam irama yang tidak putus-putus dari gerakan satu ke lainnya.


2. Membantu menurunkan berat badan Anda


Sebenarnya semua jenis senam sangat bagus untuk membantu menurunkan berat badan Anda, termasuk manfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial ini. Terlebih lagi manfaat senam irama ini membutuhkan gerakan-gerakan senam yang linca, lentur dan lembut. Sehingga dapat menurunkan berat badan para pesenamnya.

Pada gerakan-gerakan senam irama tersebut dapat memicu penurunan berat badan dan membuat badan lebih ideal.

3. Dapat memperbaiki bentuk fisik


Dikarenakan pada senam irama itu gerakan-gerakannya lincah dan luwes, maka orang yang melakukannya akan mendapatkan manfaat dari senam irama tersebut. Seperti mempunyai bentuk fisik yang langsing.

Ini bisa terjadi karena otot-otot fisik tubuh menjadi lebih kencang, terutama pada bagian perut, paha, lengan dan pinggang. Alhasil bentuk badan yang proporsional akan Anda dapatkan.

4. Meningkatkan kesehata jantung


Manfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial merupakan jenis olahraga senam dimaan pada setiap gerakan senamnya akan mengikuti irama lagu yang mengiringinya. Jadi gerakan-gerakan yang dilakukan mengikuti irama tersebut. Jika lagu nya cepat maka gerakannya juga cepat dan berernergi serta lincah, begitu juga jika lagunya pelan, maka gerakan senam nya pelan, meski tetap mengandalkan keluwesan fisik dan keseimbangan yang baik.

Dan hal tersebutlah yang membuat kesehatan jantung menjadi lebih baik.

5. Meningkatkan keseimbangan tubuh


Dengan melakukan senam irama secara konsisten, maka bagian organ yang kurang seimabng akan diperbaiki dengan sendirinya. Sehingga membuat badan akan mejadi lebih seimbang.

6. Menyehatkan mental Anda


Manfaat senam irama lainya adalah dapat meningkatkan dan menyehatkan mental anda.

7. Kesehatan dan kebugaran


Dengan melakukan senam irama secara teratur dan benar, maka sebenarnya Anda telah melatih komponen-komponen kebugaran jasmani Anda. Seperti kekuatan otot, kelincahan, kecepatan, flexibilitas, kordinasi mata kaki dan tangan.

Dan dengan gerakannya akan membuat denyut jantung meningkat dan ini bermanfaat buat kesehatan jantung Anda. Alhasil badan menjadi lebih sehat dan bugar.

8. Perkembangan otak


Dengan melakukan senam irama ini, Anda akan mejadi lebih rileks dan pikiran menjadi tenang, Sehingga bagus untuk perkembangan otak Anda.

9. Percaya diri dan harga diri


Andai Anda mempunyai masalah dengan kepercayaan diri dan harga diri, manfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial dapat membantu. Saat Anda menguasai teknik dan gerakan senam, dia pasti akan merasa bahagia dan percaya diri.

10. Menguatkan interaksi sosial dan dinamika kelompok


Dengan melakukan senam irama untuk fisik dan mental serta sosial adalah salah satu cara yang bagus untuk mengembangkan serta belajar bersosial dengan yang lain. Karena anda bisa melakukan senam irama dengan kelompok yanglain, sehingga akan memperbanyak interkasi sosial Anda dengan orang lain.

11. Membuat perasaan menjadi lebih bahagia


Manfaat lain dari senam irama selain kesehatan yaitu dapat membuat Anda menjadi lebih bahagia. Seperti pada Peneliti dari University of Vermont menemukan bahwa dengan bermanfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial hanya 20 menit dapat membuat suasana hati lebih baik selama 12 jam. Bermanfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial bisa mempengaruhi kondisi mental sobat ketika dalam suasana hati yang buruk.

Saat sedih, biasanya orang justru melakukan kegiatan yang tidak sehat, seperti merokok, makan berlebihan, atau minum alkohol. Orang yang aktif melakukan latihan fisik, merasa lebih bahagia dalam hidupnya. Mengapa? Karena bermanfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial mampu meningkatkan hormon endorfin atau yang dikenal dengan hormon kebahagiaan dan baik untuk otak Sobat. Kemudian, manfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial dapat mengurangi hormon kortisol yang memicu stres dan adrenalin dalam tubuh.

Dan manfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial ini terbukti sebagai obat mujarab untuk mengatasi depresi dan ras cemas yang berlebihan. Sehingga dapat membuat badan mejadi lebih sehat dan bugar.

Anda hanya perlu melakukan latihan senam irama ini selama 30-60 menit saja atau 3-5 kali dalam seminggu. Maka Anda akan memiliki kejiwaan yang sehat dan tubuh yang bugar.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat senam irama bagi kesehatan tubuh Anda.

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Manfaat Senam Irama untuk Kesehatan Mental, Fisik dan Sosial